by

Yuk Ikuti Tips Bekerja di Rumah Agar Lebih Produktif dan Anti Stres!

Bagi sebagian besar orang, wabah Covid-19 telah membawa perubahan besar dalam hidup kita semua. Hal ini pun termasuk dengan cara menyesuaikan diri terhadap cara bekerja yang baru.

Akan tetapi, untuk sementara waktu telah ada sebagian orang dari kita yang berhasil kembali ke tempat kerja secara normal. Dan masih banyak juga yang harus bekerja di rumah atau work from home. Nah, dalam artikel ini akan ada tips bekerja di rumah agar kamu dapat bekerja lebih produktif dan anti stres!

Sebenarnya, bekerja dari rumah memang akan ada keuntungan tersediri yang bisa kita nikmati. Tetapi, bagi sebagian orang cara bekerja yang baru ini merupakan perubahan yang cukup menantang.

Merasa stres, kurang motivasi, cemas dan ketidakpastian adalah hal yang normal untuk saat ini. Bersamaan dengan ini, banyak dari kita yang mungkin khawatir tentang prospek pekerjaan di masa depan atau cara terbaik untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kehidupan pribadi dan keluarga kita.

Jadi, berikut ini adalah tips sederhana yang dapat membantu Kamu merasa lebih produktif dan termotivasi, serta menjaga kesehatan mental kamu saat bekerja dari rumah.

1. Cobalah untuk Menetapkan dan Mematuhi Rutinitas Harian!

Sobat LintasHaba ketahui ya, jika tanpa jadwal yang tetap maka batas antara pekerjaan dan waktu pribadi bisa menjadi kabur. So, alhasil dapat membuat kamu stres karena ingin segera memperbaikinya. Cara mudah mengatasinya, kamu harus mengikuti pola tidur dan kerja normal kamu dan jaga agar tetap konsisten.

Misalnya saja, bangun pada waktu yang sama, makan sarapan dan keluar dari kamar kamu. Coba jadwalkan waktu istirahat yang kamu habiskan untuk berolahraga, membaca, atau mendengarkan musik sebelum masuk. Yang terpenting, ketika hari kerja kamu berhenti maka berhentilah bekerja juga.

2. Saat Bekerja di Rumah Cobalah Membuat Ruang Kerja Khusus

Usahakan kamu bisa menemukan tempat yang tenang serta jauh dari orang-orang dan gangguan. Seperti TV hingga dapur yang memudahkan kamu untuk mengemil sesekali.

Selain itu, dapatkan semua yang kamu butuhkan di satu tempat saat sebelum kamu mulai bekerja. Mulailah dari benda paling penting seperti pengisi daya, pena, kertas dan lainnya. Terakhir, dapatkan kenyamanan yang paling nyaman ya!

Ingat ya, meskipun kamu akan tergoda untuk duduk di sofa, janganlah kamu lakukan ya. Karena hal ini bisa berlalu-lalu dan kamu akan menjadi lebih malas lagi.

Jika ingin memiliki tempat duduk yang nyaman cobalah menggunakan kursi yang dapat disesuaikan. Atau jika tidak memiliki coba gunakan benda-benda seperti bantal, untuk menopang kamu di kursi serta kotak sebagai pijakan kaki kamu.

3. Ingat yang Paling Penting Selalu Beri Diri Kamu Waktu untuk Istirahat

Ini nih alasan Sobat LintasHaba harus meluangkan waktu untuk istirahat, yaitu untuk membantu mengelola perasaan stres kamu. Cobalah untuk makan siang dan istirahat layar secara teratur dan beri diri kamu waktu, untuk berkonsentrasi pada hal lain.

Hasilnya, kamu akan merasa lebih fokus lagi ketika kamu kembali. Oya, waktu istirahatnya nggak harus sampai satu jam atau lebih kok, cukup 5 hingga 10 menit istirahat pendek setiap jamnya. Sehingga, kamu dapat jadi lebih produktif lagi dan lagi.

Tak hanya itu, jika memungkinkan habiskan waktu di luar ruangan sebisa yang kamu lakukan.  Dengan memiliki waktu teratur di ruang hijau maka akan sangat bagus untuk kesehatan mental kamu juga.

4. Tetap Terhubung dengan Haha Hihi Bersama Teman  Ataupun Rekan Kerja Ya!

Meskipun bekerja dari rumah memiliki beberapa manfaat, tetapi semuanya tetaplah terasa terisolasi. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk tetap berhubungan dengan teman ataupun rekan kerja kamu. Karena dengan haha hihi bersama mereka dapat meningkatkan kesejahteraan mental diri kamu.

Ketahui bahwa di dalam dan di luar pekerjaan, segala bentuk interaksi manusia adalah hal yang penting. Yang harus kamu lakukan cobalah untuk menetapkan jadwal panggilan video dan angkat telepon alih-alih mengirim email.

Tanyakan bagaimana kabar mereka dan apakah ada cara untuk saling mendukung tentang kegiatan yang mereka lakukan. Luangkan waktu untuk bersosialisasi secara virtual atau jadwalkan kegiatan rehat kopi digital dan kumpul-kumpul di online pada hari Jumat.

5. Ingatlah Untuk Menetapkan Batasan Agar Tak Stres!

Saat di rumah, menetapkan batasan dengan anggota rumah tangga yang lain adalah kunci kesejahteraan mental saat bekerja di rumah.

Ketahui bahwa meski bekerja di rumah kamu masih lebih fleksibel kok, jadi nikmatilah. Selain itu, berhati-hatilah dengan anak-anak dirumah karena mereka mungkin mengira kamu sedang berlibur dan ingin menghabiskan waktu bersama-sama.

Selain itu, katakan kepada mereka bahwa kamu masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan membutuhkan waktu tenang untuk melakukannya. Demikian pula, tetapkan batasan dengan pekerjaan kamu, sehingga  saat hari kerja selesai kamu dapat menikmati waktu bersama keluarga di rumah.

6. Tetap Rendah Hati dan Berbaik Hatilah Pada Diri Sendiri Ya!

Kamu mungkin akan terus bekerja dari rumah untuk sementara waktu, jadi pikirkan tentang cara apa yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan cara bekerja saat di rumah. Ingatlah bahwa ini adalah situasi yang tidak biasa dan hal-hal tidak akan terasa normal lebih dari biasanya.

Sehingga, tetaplah rendah hati dan berbaik hatilah pada diri sendiri. Akui saja dengan pelan bahwa kamu mungkin tidak seproduktif biasanya. Cobalah untuk bersikaplah realistis tentang apa yang dapat Kamu capai mengingat keadaan yang seperti ini, lalu santailah ketika pekerjaan kamu telah selesai.

Para Sobat LintasHaba, itulah tips bekerja di rumah agar lebih produktif dan anti stres! Saat ini, cobalah untuk mempraktikkannya dan lakukan secara konsisten ya! Tetap Semangat!

Baca Juga  Manfaat Berpuasa Sosmed: Cocok Buat Kamu yang Ketergantungan dengan Sosmed nih

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait