by

Trik Ikut Lomba Agar Menang: Buat Kamu Para Calon Juara

Bagi sebagian orang, mengikuti perlombaan merupakan sesuatu yang mengasyikkan sekaligus menantang. Ada banyak pengalaman yang bisa didapatkan dari mengikuti lomba. Mulai dari pengalaman untuk mengasah mental hingga pengalaman mendapatkan teman baru.

Walaupun dalam perlombaan pasti ada yang menang dan kalah, tetapi pastinya kamu ingin menang kan? Nah, berikut ini trik ikut lomba agar menang yang bisa kamu lakukan:

1. Menguasai Materi Perlombaan dengan Baik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menguasai materi perlombaan dengan baik. Lomba ini sifatnya luas, ada lomba mengenai penalaran, seni, penulisan, hingga olahraga. Setiap perlombaan tersebut harus bisa kamu kuasai materinya.

Contohnya seperti saat kamu akan mengikuti perlombaan olimpiade, sebisa mungkin kamu harus bisa menguasai materi yang diujikan pada olimpiade tersebut, kemudian apabila kamu akan mengikuti perlombaan esai, sebisa mungkin kamu harus menguasai materi pada esai yang kamu tulis tersebut.

Kamu bisa mulai menguasai materi-materi kamu tersebut, dengan cara membaca kisi-kisi atau pokok-pokok materi yang akan diujikan. Sedangkan untuk perlombaan olahraga, kamu bisa membaca materi mengenai olahraga yang akan kamu lakukan dan coba untuk kamu terapkan nanti saat tengah latihan.

2. Tetapkan Jadwal atau Waktu Khusus untuk Latihan

Setelah kamu bisa menguasai materi perlombaan, kemudian kamu bisa mulai menyusun jadwal atau waktu khusus untuk latihan. Dengan menetapkan jadwal atau waktu khusus ini, kamu bisa berlatih untuk lomba secara teratur sampai semua persiapan kamu menjadi matang. Dengan latihan ini pula kamu akan menjadi tahu, mana kelebihan yang harus kamu pertahankan dan mana kekurangan yang harus kamu perbaiki.

3. Jangan Gunakan Sitem SKS atau Sistem Kebut Semalam

Alih-alih mendapatkan hasil yang bagus saat menggunakan sistem kebut semalam, biasanya cara ini kurang efektif dilakukan dibandingkan dengan melakukan persiapan lomba jauh-jauh hari, sehingga lebih efektif cara tersebut.

Baca Juga  Berikut Tugas-Tugas Kepala Sekolah yang Sangat Penting untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan

Dengan menghindari sistem kebut semalam dan lebih memilih mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari, kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktumu untuk mempersiapkan lomba tersebut. Kamu menjadi tahu mana yang kurang dari usaha yang telah kamu lakukan, sehingga kamu bisa melengkapi kekurangan tersebut.

4. Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dimiliki

Mental menjadi salah satu hal penting yang diperlukan saat perlombaan. Mental yang bagus berguna untuk membangun kepercayaan dan tidak meragukan kemampuan diri sendiri. Walaupun merasa ragu terhadap diri sendiri ini merupakan sesuatu yang manusiawi, tetapi jangan sampai meragukan diri sendiri menjadi penghambat kamu untuk maju.

5. Jangan Terlalu Takut pada Lawan dan Menganggapnya Menyeramkan

Bagi sebagian orang, saat menghadapi lawan pasti ada rasa takut atau rasa minder karena merasa lawan lebih hebat dari dirinya sendiri. Padahal lawan juga merupakan seseorang yang sama-sama berjuang dan sama-sama berusaha keras untuk memenangkan perlombaan tersebut. Mereka juga sama-sama melakukan persiapan seperti peserta lainnya, jadi sebenarnya hal itu tidak perlu untuk ditakutkan.

6. Tidak Malu Bertanya dan Meminta Pendapat pada Orang yang Lebih Berpengalaman

Bertanya dan berguru pada orang yang lebih berpengalaman memberikan banyak manfaat untuk kamu. Dengan bertanya dan meminta pendapat kepada orang yang lebih berpengalaman, kamu akan memiliki gambaran mengenai apa-apa saja, yang sekiranya akan kamu hadapi diperlombaan dan apa-apa saja yang bisa kamu persiapkan sebelum perlombaan dimulai. Sehingga, hal itu bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa takut atau insecure kamu mengenai perlombaan yang akan kamu ikuti.

7. Mengikuti Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Setelah mengetahui tema dan materi yang akan dilombakan, kamu juga harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku ini, kamu bisa menghindari hal-hal yang bisa membuatmu didiskualifikasi.

Baca Juga  Cerpen: Ketika Harus Bermimpi

Daripada kamu harus berhenti di tengah jalan karena kurangnya ketelitian dalam mengikuti syarat dan ketentuan lomba, sebaiknya segera pahami dan ikuti syarat dan ketentuan lomba tersebut.

8. Jangan Menyepelekan Perlombaan

Walaupun kamu mungkin sudah sering mengikuti perlombaan yang sama, tetapi kamu sebaiknya tidak gampang menyepelekan perlombaan-perlombaan yang akan kamu ikuti lagi. Hal ini untuk menghindari jika ternyata lawan yang kamu temui di perlombaan itu, merupakan lawan yang berat atau mungkin kamu menjadi tertinggal dengan lawan-lawanmu, yang lain karena kurangnya persiapan yang kamu lakukan.

9. Bersikap Baik dan Santun saat Sebelum, Selama, dan Sesudah Perlombaan

Hal ini mungkin tidak mempengaruhi penilaian juri pada kemampuan kamu dalam perlombaan, tetapi bersikap baik dalam keadaan apapun dan pada siapapun merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan. Dengan bersikap baik pada semua orang, nyatanya bisa meningkatkan perasaan respek pada orang lain bisa meningkatkan kepercayaan diri pada lomba.

10. Berdoa dengan Sungguh-Sungguh

Tips ikut lomba agar menang selanjutnya ialah dengan berdoa sungguh-sungguh kepada Allah. Doa dan usaha itu merupakan sesuatu yang saling melengkapi, seperti istilah do your best and let God do the rest.

Setelah kamu berusaha semaksimal mungkin, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Yakinkanlah dalam dirimu bahwa diri kamu bisa memenangkan perlombaan tersebut.

Itu tadi beberapa trik ikut lomba agar menang. Memang mengikuti perlombaan itu merupakan sesuatu hal yang sulit, tetapi bukan berarti kamu harus menyerah di tengah jalan saat merasakan kesulitan tersebut. Tetap semangat dan berjuanglah dengan keras agar kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Comment

Artikel Terkait