by

Tips Mulai Usaha Kuliner: Simak Buat Kamu yang Ingin Menjadi Pengusaha Kuliner yang Sukses!

Saat ini bisnis-bisnis mulai bermunculan, entah bisnis yang berada di bidang barang atau jasa. Salah satu bisnis yang kini begitu menjamur ialah bisnis di bidang kuliner. Menjamurnya bisnis di bidang kuliner tak jarang tak bisa berumur panjang.

Hal ini disebabkan karena masih banyak orang-orang yang tidak memulai bisnisnya dengan benar dan terkesan asal-asalan. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin menjadi sosok pengusaha kuliner yang sukses, berikut ini tips mulai usaha kuliner buat kamu!

1. Pastikan dan Tetapkan Bisnis yang Ingin Kamu Buat

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan sebelum memulai usaha kuliner, ialah dengan memastikan dan menetapkan bisnis yang ingin kamu buat. Sebaiknya jangan mendirikan suatu bisnis hanya karena mengikuti trend saja, sebab perlu kamu ketahui bahwa sebuah trend lama kelamaan bisa hilang.

Apabila kamu mendirikan bisnis hanya karena untuk trend saja, maka di waktu selanjutnya kamu harus siap jika bisnis kamu mengalami kegagalan.

Sebaiknya dalam menetapkan bisnis ini kamu bisa memulai bisnis kuliner kamu, dengan ketertarikan dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga harus memupuk rasa niat dan juga komitmen kamu untuk bisa mendirikan bisnis dan terus menjalankan bisnis kamu, sehingga nantinya kamu tidak akan berpikiran untuk berhenti di tengah jalan.

2. Lihat dan Pahami Bisnis Kuliner yang Kamu Punya

Setelah kamu sudah memastikan ide bisnis kuliner apa yang akan kamu buat, selanjutnya sebaiknya ide kamu jangan sampai hanya berhenti di situ saja, tetapi cobalah untuk mencari tahu kira-kira bisnis kuliner kamu tadi memiliki keunikan yang bagaimana.

Hal ini perlu kamu ulik sebab tanpa keunikan suatu bisnis, bisnis yang kamu miliki bisa saja kalah dengan saingan-saingan kamu yang lain. Selain itu, dengan keunikan ini pula kamu bisa menggaet konsumen untuk membeli dan mencoba produk kamu.

Baca Juga  7 Cara Mudah Menjadi Reseller yang Sukses

Untuk bisa menemukan nilai jual yang unik pada bisnis kuliner kamu, kamu bisa melakukan beberapa langkah seperti menuliskan fitur dan kelebihan bisnis usaha yang kamu miliki, menuliskan kelebihan produk yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan, dan menuliskan hal-hal mengenai produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

3. Pahami Target Pasar yang Akan Kamu Tuju

Tips memulai bisnis kuliner yang selanjutnya ialah cobalah untuk memahami target pasar yang akan kamu tuju. Tujuan memahami target pasar yang akan dituju ini ialah agar kamu bisa benar-benar memahami, apa yang seharusnya kamu lakukan agar bisnis kamu bisa ramai.

Agar kamu bisa memahami target pasar dengan tepat, kamu bisa melakukan hal-hal seperti membuat perkiraan mengenai siapa yang paling membutuhkan produk kamu, menyurvei bisnis milik kompetitor, memperhatikan review pelanggan dari bisnis kompetitor, berkomunikasi dengan calon pelanggan dan membuat buyer persona.

4. Membuat Konsep Bisnis

Setelah kamu menemukan ide kuliner yang akan kamu jadikan bisnis, jangan lupa kamu juga harus membuat konsep ide bisnis kamu untuk membuat ide kuliner tersebut menjadi lebih konkret. Caranya ialah dengan menuangkannya dalam konsep bisnis atau business plan. Meskipun artinya ialah masih rencana, bukan berarti business plan ini bisa dibuat secara asal-asalan.

Sebaiknya kamu membuat business plan tersebut dengan bersungguh-sungguh, sebab nantinya konsep bisnis itulah yang akan kamu pakai untuk menjalankan bisnis kamu.

5. Pikir Matang-Matang Desain Produk Kamu

Desain produk merupakan salah satu langkah dalam memulai usaha kuliner, yang tidak boleh kamu lupakan dan harus kamu pikir secara matang. Mulai dari pemilihan bahan baku yang akan dipakai, harga pokok penjualan, rasa dan kualitas kuliner, kemasan kuliner dan lain sebagainya.

Baca Juga  Inilah Tips Menabung untuk Anak kuliah, Kamu Sudah Coba?

Beberapa tips yang bisa kamu jadikan pegangan untuk membuat desain produk ini, ialah kamu bisa mencatat semua bahan dan proporsi yang akan dipakai untuk membuat produk, membuat beberapa jenis sampel produk untuk satu varian produk yang ingin dijual, memikirkan banyaknya porsi untuk tiap produk yang ingin dijual, memikirkan opsi kemasan yang paling baik, dan memikirkan desain kemasan agar tampak menarik dan menjual.

6. Tentukan Lokasi Usaha Kuliner Kamu

Lokasi menjadi salah satu hal yang penting untuk berbisnis, untuk bisnis kuliner yang akan kamu dirikan, kamu bisa memilih beberapa lokasi, entah itu restoran atau berbentuk drive thru, hal ini tetap penting untuk berlangsungnya bisnis kamu.

Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih lokasi ialah kamu bisa memilih tempat yang mudah terlihat, pertimbangkan luas tempat yang akan kamu gunakan, sediakan area untuk parkir, pastikan bahwa lokasi yang akan kamu gunakan untuk usaha sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas dasar, amati lingkungan sekitar lokasi yang kamu incar, komunikasikan semua hal teknis dengan pemilih lokasi, dan bayarlah sewa sedikit demi sedikit lokasimu tersebut apabila lokasi itu bukan milik kamu sendiri.

7. Buat Anggaran Bisnis

Sebelum memulai bisnis pastinya harus membuat anggaran bisnis untuk menghindari kerugian atau tidak baliknya modal usaha. Dalam membuat anggaran bisnis ini kamu bisa mencatat beberapa hal yang masuk dalam kategori pengeluaran, seperti untuk tagihan dan sewa, bahan baku, sumber daya manusia, serta promosi dan iklan.

Namun, perlu kamu ingat bahwa dalam membuat anggaran bisnis ini, satu pebisnis dengan pebisnis lainnya pasti berbeda-beda karena menyesuaikan kebutuhan pebisnis masing-masing.

Itu tadi beberapa tips mulai usaha kuliner untuk kamu. Beberapa tips di atas merupakan sedikit dari banyaknya tips-tips lainnya. Semoga dengan tips di atas bisa membantu kamu dalam mendirikan usaha kuliner yang kamu impikan.

Comment

Artikel Terkait