by

Tips Merawat Rambut Rontok dan Kebiasaan yang Perlu Diterapkan Untuk Mengurangi Kerontokan

Setiap orang memiliki kekuatan akar rambut yang berbeda-beda. Beberapa orang mengalami rambut bercabang, adanya kutu rambut yang meresahkan dan sebagian lagi mengalami kerontokan. Untuk cara perawatannya pun berbeda-beda.

Bagi kamu yang mempunyai masalah rambut rontok, berikut ini penjelasan mengenai tips merawat rambut rontok dan kebiasaan yang dapat diterapkan untuk mengurangi kerontokan tersebut.

1. Yoghurt
pixabay.com/eliasSch

Kamu dapat menggunakan yoghurt untuk mengatasi kerontokan rambut. Yoghurt mengandung vitamin D, kalsium, protein dan kalium yang dapat menguatkan akar rambut dan menutrisi rambut.

Kamu dapat mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh bagian rambut, lalu memijatnya dengan lembut selama 5 menit. Lalu cuci rambut dengan shampoo dan air bersih.

2. Lidah Buaya
pixabay.com/difotolife

Manfaat lidah buaya sangat banyak. Kandungan vitamin A, D, protein dan zat besinya dapat mengatasi rambut rontok dan melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke rambut dan kulit kepala, kemudian membiarkannya selama 15 menit sebelum akhirnya membilas dengan air bersih.

3. Minyak Zaitun
pixabay.com/stevepb

Dalam mengatasi kerontokan, kamu dapat mengusapkan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala secara merata lalu pijat lembut dan diamkan selama setengah jam.

Setelah itu, keramas menggunakan shampoo seperti biasa. Minyak zaitun berperan dalam mengurangi kerontokan karena mengandung vitamin C, A, D, E, K, zat besi dan kalsium.

4. Daun Seledri
pixabay.com/mcjapid

Daun seledri berperan dalam mengatasi kerontokan dan dapat dipercaya dapat menumbuhkan rambut. Daun seledri mengandung vitamin A dan B serta senyawa antioksidan yang dapat menguatkan akar rambut.

Caranya adalah dengan menyeduh seledri, lalu mengoleskan air seduhan tersebut ke kepala.

5. Santan
pixabay.com/lisaredfern

Santan kelapa dapat menghaluskan rambut, sehingga dapat mudah diatur dan tidak rontok ketika disisir. Kamu cukup mengoleskan santan ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu membilasnya dengan shampoo dan air bersih.

Baca Juga  Perlu Diperhatikan! Inilah Dampak Broken Home Bagi Anak
6. Jus Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang, foto: lintashaba/ep

Kamu dapat menggunakan jus bawang merah dan bawang putih untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Aplikasikan ke rambut dua kali dalam seminggu.

Jus bawang terbukti dapat mengobati alopecia areata yang tidak merata pun dapat menumbuhkan rambut. Namun, kamu dapat tidak melakukannya jika tidak tahan dengan baunya.

7. Minyak Rosemary
pixabay.com/monfocus

Minyak ini terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Kandungan rosemary dapat digunakan untuk mengobati alopecia androgenetik dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Cara mengaplikasikannya pada rambut adalah mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary pada rambut dan kulit kepala. Melakukan pijatan lembut terhadap kepala sebelum dibilas.

Terapkan selama beberapa kali dalam seminggu untuk hasil maksimal. Minyak rosemary juga dapat dicampurkan ke dalam shampoo dan kondisioner.

8. Sari Lemon
pixabay.com/stevepb

Lemon dapat mengatasi rambut rontok dengan meningkatkan kualitas dan mendorong pertumbuhan rambut, juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Air perasan lemon ini dapat dioleskan ke kulit kepala dan rambut, kemudian didiamkan selama 15 menit. Lalu mengeramasi rambut seperti biasanya.

Minyak sari lemon juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Namun, jika sari lemon ini berdampak buruk terhadap rambut kamu karena efek sampingnya, maka kamu tidak perlu melanjutkan perawatan dengan sari lemon ini.

Dalam merawat rambut rontok, ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu terapkan, antara lain:

  • Jangan terlalu kencang saat mengikat rambut atau mengepangnya
  • Gunakan sisir yang bergigi jarang dan lakukan penyisiran secara perlahan
  • Hindari kebiasaan menarik dan memelintir rambut
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan pola yang tepat
  • Hindari menggosok rambut secara kencang saat berkeramas, dan hindari menggaruk kulit kepala menggunakan kuku.

Comment

Artikel Terkait