by

Tips Merawat Perhiasan Imitasi Agar Tidak Mudah Berkarat

Bagi wanita, perhiasan merupakan salah satu aksesoris penting untuk mempercantik diri di depan banyak orang. Selain itu, aksesoris seperti perhiasan emas, berlian dan lain sebagainya memiliki harga yang cenderung mahal, jadi tidak heran jika perhiasan-perhiasan tersebut kerap dijadikan sebagai koleksi.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa ada juga perhiasan yang imitasi. Nah, perhiasan imitasi ini tak kalah bagusnya dengan perhiasan asli, tetapi sayangnya begitu rawan terkena karat atau warnanya berubah menjadi hitam. Nah, kira-kira gimana tips merawat perhiasan imitasi agar tidak mudah berkarat? Berikut ulasannya.

1. Cuci Perhiasan Imitasi Secara Teratur

Tips merawat perhiasan imitasi agar tidak mudah berkarat yang pertama ialah cuci perhiasan imitasi secara teratur. Kamu bisa mencuci perhiasan imitasi ini menggunakan beberapa bahan dan cara, di antaranya ialah:

1. Buah Lemon

Cara mencuci perhiasan imitasi menggunakan buah ini, ialah pertama-tama peras terlebih dahulu buah lemon dan masukkan airnya ke dalam mangkuk. Celupkan sabun goso ke dalam air buah lemon dan gosok perhiasan dengan keras, kemudian seka menggunakan lap mikrofiber.

2. Cuka Putih

Pertama-tama ambil sikat gigi dan basahi menggunakan cuka putih lalu gosok perhiasan sampai bersih.

3. Sabun Cuci Piring

Tak hanya berguna untuk membersihkan peralatan makan, sabun cuci piring ini juga berfungsi untuk membersihkan perhiasan imitasi. Caranya ialah pertama-tama tuang tiga tetes sabun cuci piring dan air hangat dalam mangkuk berukuran kecil dan aduk sampai merata. Celupkan lap halus ke dalam larutan dan gosok pada perhiasan secara perlahan. Setelah itu, bilas menggunakan air dan keringkan.

Dengan menggunakan cara yang serupa, kamu bisa mengganti sabun cuci piring menggunakan sampo bayi atau sabun cuci tangan.

Baca Juga  5 Tips Menjadi Dropshipper Agar Awet dan Menguntungkan
4. Pasta Gigi

Pertama-tama campurkan pasta gigi dengan air hangat, kemudian gosok-gosok bagian perhiasan secara menyeluruh menggunakan sikat gigi. Setelah itu, bilas menggunakan air dan keringkan.

5. Soda Kue

Cara membersihkan perhiasan imitasi dengan soda kue ini, ialah dengan pertama-tama tuangkan tiga sendok teh soda kue ke dalam mangkuk kecil yang berisi air hangat. Aduk-aduk campuran ke dua bahan tersebut sampai membentuk seperti pasta. Lumuri permukaan perhiasan menggunakan campuran tadi dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas perhiasan menggunakan air dan keringkan.

6. Saus Tomat

Saus yang digunakan untuk menambah cita rasa sedap pada makanan ini juga berguna untuk membersihkan perhiasan mitasi. Caranya ialah pertama-tama kamu bisa melumuri perhiasan tersebut menggunakan saus tomat, diamkan selama 5 hingga 10 menit dan bilas menggunakan air dan keringkan.

Sekadar tips untuk kamu, saus tomat ini cocok untuk kamu gunakan dalam mencuci emas imitasi yang warnanya perak.

2. Lapisi Perhiasan dengan Cat Kuku Warna Bening Agar Tahan Lama

Salah satu kekurangan menggunakan perhiasan imitasi, ialah perhiasan tersebut lama kelamaan warnanya akan berubah menjadi hitam apabila terlalu lama disimpan, ditambah tidak rutin untuk dibersihkan. Nah, untuk mencegah perubahan warna pada perhiasan ini kamu bisa menyiasatinya dengan melapisinya menggunakan cat kuku yang berwarna bening.

Dengan menggunakan cat kuku berwarna bening ini kamu bisa melindungi perhiasan imitasi kamu dari oksidasi. Selain itu, bahan asli dari perhiasan juga bisa terlindungi dari udara bebas dan sentuhan kulit. Jadi, warna perhiasan menjadi tidak cepat menghitam.

3. Simpan dalam Wadah Khusus

Tak sama seperti emas dan perak, perhiasan imitasi ini lebih mudah terkena goresan, sehingga kamu harus ekstra hati-hati saat menggunakan maupun saat menyimpannya.

Baca Juga  Yuk Kurangi Konsumsi Garam Agar Kualitas Dietmu Semakin Meningkat!

Jika perlu, sebaiknya gunakan bungkus untuk perhiasan imitasimu, seperti menggunakan tissue atau kapas. Kemudian untuk menjaga kelembaban tempat penyimpanan perhiasan, kamu bisa memakai silica gel di dalamnya, sehingga perhiasan tetap kering dan tidak mudah untuk teroksidasi.

4. Jauhkan Alkohol dan Keringat dari Perhiasan

Menjauhkan perhiasan dari alkohol dan keringat ini bukanlah tanpa sebab, karena kandungan yang ada di alkohol bisa menyebabkan lapisan perhiasan menjadi rusak. Belum lagi jika sering terkena alkohol, perhiasan ini akan menjadi lebih cepat mengelupas dan berkarat. Oleh sebab itu, untuk menghidari hal tersebut, sebaiknya gunakan parfum terlebih dahulu sebelum memakai perhiasan.

Tak hanya menghindarkan perhiasan dari alkohol, sebaiknya hindarkan pula perhiasan dari keringat. Cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindarkan perhiasan dari keringat ini, ialah sebaiknya lepas perhiasan saat kamu tengah mandi atau berolahraga, sebab selain keringat, sabun mandi juga bisa memberikan efek cepat berkarat.

5. Bersihkan Kotoran yang Menumpuk di Perhiasan dengan Benda Tajam dan Runcing

Saat kamu sudah lama menggunakan perhiasan, mungkin di salah satu sudut bagian perhiasan kamu terdapat kotoran yang menumpuk, seperti ada di lubang-lubang pada kalung atau anting, di bagian dalam lingkaran cincin, dan lain sebagainya.

Nah, untuk menghilangkan kotoran-kotoran ini kamu bisa menggunakan benda yang tajam serta runcing, seperti tusuk gigi, lidi, silet dan lainnya sebagainya. Dengan menggunakan benda yang runcing dan tajam ini bisa membantu kamu untuk menjangkau membersihkan celah-celah pada perhiasan.

6. Kulit Pisang untuk Membersihkan Perhiasan

Kulit pisang menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan perhiasan imitasi serta membuat perhiasan menjadi berkilau. Cara yang dapat kamu lakukan ialah pertama-tama keruk pada bagian dalam kulit pisang, campurkan dengan air sedikit saja sampai campurannya menjadi seperti pasta. Setelah itu, gunakan pasta ini untuk menyikat atau mengelap perhiasan.

Baca Juga  Langkah-langkah Dalam Membuat Puisi, Sebuah Karya Sastra yang Indah

Demikian tips merawat perhiasan imitasi agar tidak mudah berkarat. Selamat mencoba, Sobat!

Comment

Artikel Terkait