by

Tips Menjadi Script Writer: Buat Kamu yang Bermimpi Menjadi Penulis Naskah

Tak hanya ingin menjadi sosok penulis novel, pasti di luar sana banyak juga yang ingin menjadi seorang script writer atau penulis naskah. Umumnya, pekerjaan yang satu ini tugasnya ialah untuk menulis naskah atau cerita dalam proses pembuatan video bercerita.

Dalam proses penulisan naskah ini pasti penting untuk menggambarkan Gerakan, Tindakan, ekspresi, hingga dialog tokoh dalam tulisan dengan format screenplay. Nah, buat kamu yang tertarik untuk menggeluti pekerjaan ini, berikut tips menjadi script writer yang bisa kamu simak.

1. Kenali Tanggung Jawab Script Writer

Tips menjadi script writer yang pertama ialah kenali dahulu apa saja tanggung jawab dari script writer. Perlu kamu ketahui, script writer ini tugasnya tidak hanya menulis naskah saja, tetapi ada tanggung jawab lain yang harus dilakukan oleh sosok script writer ini.

Di antaranya ialah mengembangkan serta meriset ide-ide unik untuk membuat scenario film, membuat kerangka kerja atau yang biasanya disebut sebagai treatment awal scenario, menulis atau mengadaptasi suatu cerita untuk dijadikan sebuah naskah, bertemu eksekutif film untuk dapat keperluan mengajikan scenario serta gagasan, menggabungkan elemen-elemen visual ke dalam adegan dengan alur serta dialog, dan bekerja dengan produser serta sutradara untuk mengedit serta menyesuaikan script agar sesuai dengan kebutuhan.

2. Ketahui Syarat serta Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Script Writer

Kamu tidak perlu memiliki pendidikan, pelatihan atau sertifikat khusus untuk menjadi seorang script writer, tetapi walaupun begitu seorang calon penulis naskah tentunya bisa mengambil manfaat serta ilmu, yang bisa diterapkan melalui kelas atau pendidikan dalam penulisan kreatif dan film. Berikut ini syarat serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang script writer:

  • Keterampilan Dalam Menulis
Baca Juga  5 Cara Memilih Tempat Terbaik untuk Berjualan yang Tepat

Untuk keterampilan yang pertama ini sudah jelas bahwa semua script writer harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Kamu harus bisa menulis serta berbahasa Indonesia yang baik dan benar, untuk dapat membangun cerita yang baik pula, kamu harus memahami mengenai penulisan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan kamu juga harus bisa menguasai bermacam-maccam kosa kata untuk membangun dialog yang kaya, tapi tetap relevan serta gampang untuk dipahami.

  • Kemampuan untuk Observasi dan Mengamati Sekitar

Rata-rata karakter, alur, serta dialog yang diciptakan oleh script writer ini hasil inspirasi atau berdasarkan kejadian yang terjadi di sebuah lokasi yang nyata. Dengan kata lain, script writer ini dapat mendapatkan ide untuk menulis cerita atau scenario saat berhasil mengamati lingkungan sekitarnya dengan baik.

Cerita atau naskah yang asalnya dari lingkungan yang dekat, biasanya dapat membuat kedekatan pula dengan siapapun yang nantinya akan menikmati cerita tersebut.

  • Harus Memiliki Ide-Ide yang Kreatif

Seorang script writer harus bisa memberikan ide-ide yang baru serta fresh untuk memberikan kesegaran dalam industry film, TV, serta video digital. Untuk menjadi seorang script writer yang sukses, harus bisa membawa sebuah kreativitas menjadi sebuah dobrakan baru bagi industri. Sebab dengan ini diharapkan para penikmat nantinya akan terus tertarik dan tidak merasa bosan.

  • Keterampilan serta Keahlian Interpersonal untuk Bisa Bekerja sama dengan Pihak Lain

Saat mengerjakan sebuah proyek, entah itu film, TV/Web Series, vlog dan lain sebagainya pastinya script writer, tak akan jarang harus bisa berkerja sama dengan pihak lainnya.

Pada umumnya script writer nantinya akan bekerja sama dengan produser, sutradara dan tim-tim lainnya, untuk menyesuaikan naskah yang sudah ditulis untuk kebutuhan produksi. Oleh sebab itu script writer harus memiliki keterampilan serta keahlian interpersonal, untuk bisa memasarkan dan menampilkan scenario yang telah dibuatnya secara efektif.

Baca Juga  Berkesan dan Menginspirasi, Manisnya 5 Ucapan Selamat Hari Ibu Ini Bisa Jadi Referensi
3. Belajarlah Melalui Buku atau Kursus

Buat kamu yang ingin meniti karir menjadi script writer, kamu bisa terus berlatih dengan membaca buku, mengikuti kursus, atau mengikuti workshop yang berhubungan dengan script writer untuk membuat suatu scenario yang lebih segar dan inovatif.

4. Lihat Karya-Karya dari Screenwriting TOP

Tak hanya dengan belajar melalui buku atau kursus, kamu juga bisa menonton film yang merupakan karya-karya dari para screenwriters top dunia.

Dengan menonton film-film tersebut kamu bisa ikut meresapi alur serta penulisan naskah yang asyik dan seru. Tak hanya menggunakan waktu menonton ini sebagai hiburan, kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk menonton ini sebagai waktu untuk observasi serta riset.

5. Sebelum Menjadi Script Writer Sungguhan, Awali Karirmu Dahulu dengan Menjadi Asisten Penulis Skenario

Untuk mengumpulkan pengalaman, menurut Jujur Prananto, kamu dapat menekuni dunia kepenulisan skenario dengan memulainya menjadi seorang asisten penulis skenario. Hal ini diharapkan semakin banyak jam terbang, biasanya seorang produser akan memberikan kepercayaan pada asisten penulis scenario untuk menulis sebuah cerita.

6. Harus Bisa Memiliki Jaringan ke Industri Perfilman dan Pertelevisian

Jujur Pranato mengatakan bahwa selain dapat menguasai teknik menulis skenario, kamu juga harus bisa menjalin kerja sama yang baik dengan orang-orang yang ada di industry perfilman dan pertelevisian. Hal ini dikarenakan script writer harus mempunyai kuasa untuk menjadikan naskah film, drama atau video untuk diubah ke dalam visual atau tidak.

Itu tadi tips menjadi script writer yang bisa kamu lakukan. Buat kamu yang benar-benar tertarik dengan dunia script writer ini, sebaiknya kamu jangan ragu untuk mencoba dan menerapkan semua tips-tips di atas, agar kamu dapat dilancarkan dalam proses menuju karir yang sudah kamu idam-idamkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya