by

Tips Menghemat Uang dan Hidup Minimalis

Nilai suatu barang semakin naik, seiring canggihnya teknologi dan perkembangan zaman. Pengeluaran seseorang akan menjadi lebih besar, didorong dengan napsu untuk memenuhi keinginan yang sebenarnya tidak perlu.

Oleh karena itu, perlu adanya tips buat kamu yang ingin menghemat uang, untuk mempermudah dalam pengelolaan keuangan kamu nih. Seperti apa? Simak penjelasan berikut ini, yuk.

1. Mengatasi Overspending

Overspending adalah kegiatan membelanjakan anggaran secara berlebihan atau terlalu banyak.

Seseorang dapat menjadi sangat boros, ketika membeli barang-barang dengan diskon besar-besaran atau barang-barang yang sedang tren saat itu. Tanpa sadar, otak berpikir bahwa barang-barang tersebut menjadi salah satu keinginan yang harus dicapai, sehingga mendorong pengeluaran yang seharusnya tidak perlu.

Cara menghindari konsumsi barang berlebihan seperti itu, adalah dengan menahan diri untuk tidak tergoda dan mampu memilah mana kebutuhan dan keinginan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah pengeluaran tersebut dapat memberi pengaruh positif terhadap pengeluaran di masa mendatang? Jika tidak, jangan belanjakan uangmu.

2. Beli Barang-Barang Berkualitas

Kamu perlu berpikir, bahwa barang-barang yang kamu beli dapat bertahan untuk waktu yang lama, sehingga tidak membuat pengeluaran lagi dalam waktu dekat. Oleh karena itu, kamu perlu membeli barang-barang berkualitas yang awet, sehingga kamu tidak perlu memikirkan pengeluaran dalam jangka pendek.

Memang, barang berkualitas tersebut mahal harganya. Namun, secara tidak langsung, membeli barang berkualitas yang awet membuatmu dapat menyimpan uang untuk waktu yang lama, sehingga kamu dapat mencapai kebutuhan lain di jangka pendek. Selain itu, barang yang awet tidak akan membuatmu rugi atas kerusakan-kerusakan yang meresahkan.

3. Hindari Pengggunaan Kartu Kredit

Meskipun banyak kebutuhan yang perlu dicapai, kamu tidak perlu sampai menggunakan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit hanya akan membuatmu boros dan tidak mandiri. Hal ini dikarenakan kamu berhutang, sehingga kamu perlu bekerja lebih keras lagi untuk bisa menutup hutang tersebut.

Baca Juga  Girls, Yuk Intip Rekomendasi Bedak untuk Ke Sekolah Agar Wajah Nggak Kusam!

Cara menghindari penggunaan kartu kredit adalah dengan menabung hasil pendapatan meskipun sedikit. Tabungan ini dapat mengajarkanmu arti bersabar, mandiri, dan pandai dalam mengelola keuangan. Kamu dapat membeli barang-barang keperluanmu menggunakan tabungan tanpa terpikirkan beban hutang.

4. Terapkan Anggaran Belanja

Solusi yang tepat untuk mengelola keuangan secara detail adalah dengan menerapkan sistem anggaran belanja, yang tercatat pada buku maupun ponsel. Dengan menerapkan sistem ini, kamu dapat memilah daftar kebutuhan dan keinginanmu sehingga kamu dapat mengatur keuangan dengan baik.

Sistem anggaran belanja juga memberi pengajaran supaya kamu dapat bersikap lebih bijak, mandiri dan disiplin. Dari daftar anggaran belanja, kamu dapat mengetahui pada saat kapan dan bagaimana kamu mulai boros, sehingga kamu dapat meminimalisir pengeluaran pada kondisi tersebut.

5. Buat Alternatif Keinginan

Setiap orang memiliki napsu untuk memenuhi keinginan. Suatu keinginan tidak terbatas dan tidak akan pernah membuat seseorang merasa puas. Maka dari itu, keinginan tersebut haruslah menyesuaikan kondisi keuangan, sehingga dapat dikontrol dengan baik atau dengan memberlakukannya alternatif untuk memenuhi keinginan tersebut.

Seperti apa alternatif keinginan itu? Alternatif keinginan tersebut haruslah bersifat lebih murah, sehingga dapat mengurangi beban biaya. Dengan adanya alternatif keinginan ini, seseorang dituntut untuk lebih kreatif dalam menjalani hidup minimalis.

6. Manfaatkan Transportasi Umum

Semua orang memerlukan kendaraan untuk pergi dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Kendaraan pribadi memanglah mudah dan nyaman. Akan tetapi, kendaraan pribadi dapat membuat seseorang boros bahan bakar. Lagi pula penggunaan kendaraan pribadi juga dapat menambah polusi.

Cara menjalani hidup minimalis dan ramah yang dapat diterapkan, adalah dengan memanfaatkan transportasi umum yang menawarkan harga yang tentu lebih murah. Saat ini fasilitas transportasi umum juga sudah ditingkatkan untuk membuat masyarakat nyaman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir merasa tidak nyaman berada di transportasi umum.

Baca Juga  Simak Yuk! 10 Cara Melestarikan Lingkungan Alam Sekitar

Menghemat dan mengelola uang penting dalam kehidupan sehari-hari, untuk mencegah pemborosan dan hutang di masa depan. Belajar hidup minimalis juga membuat seseorang lebih terstruktur. Maka dari itu, tips menghemat uang perlu diterapkan banyak orang untuk meningkatkan kemampuan mengelola uang yang lebih baik.

Source Image: Pinterest.com

Comment

Artikel Terkait