by

8 Tips Mengatasi Penurunan Semangat Kerja agar Terus Berprestasi

Sejatinya penurunan semangat bukan hal yang aneh dan tidak biasa, karena bisa dipastikan semua orang pasti pernah mengalaminya. Akan tetapi, Anda tetap harus belajar tips mengatasi penurunan semangat kerja. Ini demi kelancaran dan kesuksesan dari aktivitas yang dilakukan.

Seorang pekerja yang cakap berpotensi mendulang prestasi kerja sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, jika orang ini selalu mengalami penurunan semangat, tentu hasilnya tidak demikian. Yang ada hanya kegagalan yang terus mendera, bahkan hasil akhirnya akan mendapatkan teguran hingga pemecatan dari atasan.

Untuk itu, mari tingkatkan semangat kerja mulai sekarang. Sedangkan tekniknya, ada di artikel ini yang bisa dibaca sampai tuntas. Jangan lupa tanamkan di dalam diri kalau memang ingin berubah. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Pastikan Pekerjaan Sudah Dikuasai Secara Menyeluruh

Penurunan semangat kerja kadang disebabkan penguasaan terhadap bidang pekerjaan yang kurang, sehingga pekerjaan terasa sukar serta membuat yang bersangkutan malas untuk berpikir. Jika ini yang dialami tentu wajar kalau motivasi menjadi rendah. Dan ini sulit diatasi kecuali memaksakan diri dan terus belajar.

Setiap pekerja tentunya memiliki target yang harus dicapai. Namun, jika mengalami penurunan semangat hendaknya selesaikan yang mudah terlebih dahulu. Setelah itu baru melanjutkan ke sasaran berikutnya yang lebih kompleks. Ini penting demi menjaga hati dan pikiran tetap nyaman.

2. Baca Kembali Buku Motivasi Koleksi Anda

Untuk mengembalikan semangat kerja, bisa membaca buku-buku genre motivasi. Ini cukup manjur untuk meningkatkan semangat diri agar terus bekerja dengan baik. Biasanya buku semacam ini berisi tutorial menjaga pikiran dan hati. Selain itu, juga ada pengalaman sukses orang-orang dulu yang awalnya mengalami patah semangat.

Baca Juga  7 Penyebab Hubungan Menantu dengan Mertua Tidak Harmonis

Ada keuntungan lain jika para pekerja rajin membaca buku-buku motivasi. Di antaranya wawasan dan paradigma berpikir akan semakin luas, karena membaca sama dengan belajar. Dan ini bagus untuk pengembangan diri, etos serta prestasi kerja di masa yang akan datang.

3. Maksimalkan Kerja di Kantor Saja

Penyebab penurunan semangat kerja dikarenakan pandangan kalau pekerjaan bisa dibawa pulang. Padahal pandangan ini salah dan bisa menurunkan semangat di kantor. Mereka malas karena pikirannya diarahkan pada penyelesaian nanti di rumah. Padahal kalau mau dipaksa, pekerjaan pasti bisa dikerjakan tanpa menunggu pulang.

Jika sudah merasa lelah di kantor, jangan kembali bekerja di rumah. Tidak juga membawa pekerjaan yang tidak selesai ke sana. Terkadang ini juga penyebab penurunan semangat. Artinya jangan sampai menunda-nunda pekerjaan yang bisa diselesaikan saat ini.

4. Jangan Lupakan Self Reward

Tips mengatasi penurunan semangat kerja yang berikutnya ialah, jangan lupakan self reward. Ini merupakan sebentuk penghargaan terhadap diri karena sudah bekerja dengan baik. Bentuknya bermacam-macam, bisa rekreasi, memancing atau sekadar makan-makan bersama keluarga. Aktivitas ini yang akan mengembalikan semangat kerja.

Seorang atasan juga harus memperhatikan reward bagi bawahannya. Jika mereka memang bekerja dengan baik maka segera beri hadiah yang menyenangkan. Kalau tidak, tentu bawahan akan mengalami penurunan semangat kerja, sehingga di momen berikutnya prestasi tidak akan bisa diraih kembali.

5. Syukuri Sekecil Apapun Pencapaian

Terkadang penurunan semangat kerja terjadi akibat ketidakpuasan yang berlebihan. Sehingga prestasi yang kecil menjadi kasat mata karena target prestisius masih belum tercapai. Semakin lama tidak terlaksana tentu motivasi akan menurun dengan cepat, bahkan akan mulai timbul rasa malas untuk bekerja.

Baca Juga  Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Depresi yang Harus Disadari Sejak Dini

Solusinya ialah cobalah perbanyak bersyukur atas prestasi yang diterima. Sekalipun kadarnya kecil dan tidak sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan. Jika ini yang dipilih tentu semangat kerja tidak akan menurun, karena diri tidak merasa gagal dan selalu puas dengan pencapaian.

6. Cuti Dulu Jika Pikiran Terlalu Mumet

Kalau pikiran sedang mumet jangan dulu dipaksa untuk berpikir yang keras, karena hasilnya hanya kegagalan hingga penurunan semangat kerja. Cobalah ambil cuti beberapa hari untuk digunakan beristirahat. Biasanya, atasan mengizinkan apalagi ini demi kesuksesan pekerjaan.

Manfaatkan cuti untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah. Ini merupakan area untuk mengembalikan pikiran yang ruwet menjadi rileks. Jangan lupa, liburannya bersama keluarga supaya mendapatkan pengalaman yang lebih seru. Setelah pulang silakan rencanakan kembali prospek kerja ke depan.

7. Kenali Penyebab Penurunan Semangat Kerja

Cara terbaik mengatasi penurunan semangat kerja ialah mengenali penyebabnya. Dan analisis ini harus dilakukan menyeluruh serta melibatkan banyak variabel. Apakah karena masalah di pikiran, kondisi emosi, konflik keluarga, tekanan atasan atau yang lain. Hal ini penting karena tanpa diketahui, motivasi akan sulit dibangkitkan kembali.

Kalau masalah penurunan semangat sudah ditemukan, maka langkah berikutnya ialah cari solusi. Jika ini disebabkan oleh diri baik yang berupa mental atau emosi, maka ubahlah. Sedangkan kalau terkait pikiran dan wawasan, maka tambah lagi porsi belajar. Apapun solusi yang ada harus diterapkan untuk menilai mana yang terbaik.

8. Desain Ruang Kerja yang Bersahabat

Desain ruang kerja juga menjadi pemicu menurunnya semangat kerja. Untuk itu, pekerja harus benar-benar pintar mengelola interior dan eksterior ruang. Kalau perlu gunakan jasa desain yang profesional. Biaya mahal pun tidak mengapa asalkan aktivitas tetap maksimal.

Baca Juga  Serunya Menjadi Content Writer Setelah Kuasai 3 Strategi Ini

Keindahan atau estetika ruang juga penting. Semakin estetis desain ruang kerja, tentu pekerja betah di dalamnya. Begitu juga dengan pencahayaan yang juga harus ideal. Usahakan tidak terlalu silau tetapi juga tidak terlalu suram. Cobalah juga manfaatkan ventilasi udara dengan ukuran yang seimbang.

Tips mengatasi penurunan semangat kerja di atas hanya solusi bagi Anda yang ingin menjadi pekerja berprestasi. Namun, ini sangat sulit kecuali Anda sendiri memiliki tekad yang bulat untuk berubah. Untuk itu, silakan laksanakan semuanya lalu mulailah bekerja dengan nyaman tetapi serius.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya