by

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan, Salah Satu Hal yang Mengganggu Saat Perjalanan

Mabuk perjalanan menjadi salah satu hal yang paling mengganggu kala sedang berada di tengah perjalanan jauh atau dekat. Beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi mabuk saat di perjalanan, di antaranya karena faktor posisi duduk yang kurang tepat, yaitu posisinya yang berada di area yang sering terkena guncangan, tidak cocok dengan aroma pewangi kendaraan, atau karena aktivitas yang sebelumnya sudah dilakukan sebelum dan selama perjalanan.

Nah, buat kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Sebelum Melakukan Perjalanan Sebaiknya Jangan Sampai Kekenyangan

Sebelum kamu melakukan perjalanan ada baiknya kamu harus mengerti bagimana kondisi perut kamu. Memang kamu perlu mengisi perut sebelum melakukan perjalanan, tetapi bukan berarti kamu harus makan sampai kekenyangan, sebab guncangan yang disebabkan oleh kendaraan bisa membuat kamu menjadi merasa mual dan pusing, sehingga mabuk perjalanan bisa kamu alami dan perjalanan kamu menjadi tidak menyenangkan.

2. Minum Obat Anti Mual/Obat Anti Mabuk Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, pastinya kamu sudah mengenali dirimu sendiri kira-kira apakah kamu sering mengalami mabuk saat perjalanan atau tidak. Oleh karena itu, cara yang bisa kamu atasi jika kamu kerap mengalami mabuk perjalanan ialah sebelum berangkat kamu bisa mengonsumsi obat anti mual atau anti mabuk perjalanan. Dengan cara seperti itu saat kamu tengah berada di perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasa mabuk. Sedangkan buat kamu yang jarang mengalami mabuk perjalanan, kamu bisa menyiapkan obat anti mabuk untuk berjaga-jaga.

3. Memejamkan Mata atau Tidur

Salah satu tips mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya ialah dengan cara memejamkan mata atau tidur. Cara ini bisa kamu lakukan apabila di tengah-tengah perjalanan kamu sudah mulai merasa pusing atau mual. Perlu kamu ingat juga untuk memperhatikan posisi kepala agar stabil, sehingga membuat kamu agar tidak semakin merasa pusing.

Baca Juga  Tips Membersihkan dan Memasak Udang Agar Tak Bau Amis dan Kualitas Rasa Tetap Oke!
4. Minum Air Mineral yang Cukup

Apabila saat tengah melakukan perjalanan kamu terlanjur mual dan muntah, maka sebaiknya kamu mengonsumsi air mineral yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang agar tidak dehidrasi. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan ringan untuk membantu perut kamu agar tidak kosong dan tidak memancing rasa mual ataupun muntah kembali.

5. Makan Permen Selama Perjalanan

Permen menjadi salah satu makanan yang bisa kamu makan selama perjalanan. Hal ini disebabkan karena permen bisa membantu dalam menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk saat perjalanan. Kamu bisa memilih permen dengan jenis rasa mint atau rasa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk atau lemon. Nah, cara makan permen selama perjalanan ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi mabuk di perjalanan.

6. Bawa dan Sediakan Minyak Angin

Menyediakan minyak angin atau minyak aromaterapi merupakan salah satu keharusan saat melakukan perjalanan. Sebab, dengan mencium bau minyak angin atau mengoleskannya pada tubuh, terutama perut atau kepala dapat membantu meredakan rasa pusing atau mual yang memicu mabuk. Selain itu, rasa panas pada minyak angin juga bisa membantu memberikan kehangatan untuk mencegah masuk angin, apalagi buat kamu yang tidak terbiasa dengan AC atau aroma pada mobil.

7. Lakukan Berbagai Macam Aktivitas

Buat kamu yang lebih nyaman tidak tidur atau berdiam diri saat melakukan perjalanan, kamu mungkin bisa melakukan hal ini untuk mencegah mabuk, tetapi buat kamu yang hanya bisa tidur atau diam saat perjalanan, kamu tidak dianjurkan untuk melakukan tips yang satu ini. Saat melakukan perjalanan kamu bisa melakukan hal-hal yang membuat kamu merasaa rileks, sebaiknya jangan bermain gadget atau ponsel terlalu lama karena itu bisa membuat kamu merasa pusing. Kamu bisa mengganti aktivitas tersebut dengan melihat pemandangan dari jendela, mengobrol dengan orang yang ada di samping kamu, atau mendengarkan musik kesukaan kamu.

Baca Juga  7 Tips Mendidik Anak Agar Lebih Suka Menolong
8. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Posisi duduk juga mempengaruhi rasa pusing, mual atau muntah kamu, loh! Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah tempat duduk yang strategis, seperti tidak sering terkena guncangan. Biasanya tempat duduk ini bisa kamu temukan di belakang sopir. Jangan sampai kamu mendapatkan tempat duduk yang berada paling belakang, sebab guncangan akan semakin terasa karena pas dengan roda dari kendaraan. Kemudian apabila kamu melakukan perjalanan dengan menaiki kereta, kamu bisa memilih tempat duduk yang menghadap ke depan, sebab apabila kamu memilih tempat duduk yang menghadap ke arah sebaliknya hal itu bisa memicu rasa pusing dan mual semakin besar.

9. Mempersiapkan Kondisi Psikologis

Tak hanya harus mempersiapkan kondisi fisik saja, saat melakukan perjalanan sebaiknya kamu juga harus memperhatikan kondisi psikologis diri kamu. Sebaiknya ketika kamu melakukan perjalanan, tubuh kamu hendaknya dalam kondisi yang rileks agar tidak mabuk. Untuk bisa dalam kondisi yang rileks, kamu perlu mengatur mindset dengan meyakinkan diri kamu sendiri, bahwa tidak akan merasa mual dan perjalanan yang akan kamu lakukan pasti menyenangkan.

10. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet menjadi salah satu tips buat kamu untuk mengatasi mabuk perjalanan, sebab permen karet mempunyai efektivitas yang begitu luar biasa untuk bisa mengurangi mabuk saat perjalanan. Aktivitas mengunyah ini bisa mengurangi efek buruk dari konflik antara penglihatan dan keseimbangan.

Itu tadi beberapa tips mengatasi mabuk perjalanan yang bisa kamu coba. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk kamu.

Comment

Artikel Terkait