by

Tips Memilih Rental Mobil yang Tidak Mengecewakan

Tidak boleh sembarangan memilih rental mobil untuk kepentingan wisata. Pastikan, rental tersebut memang berkualitas karena ini berhubungan dengan keselamatan di perjalanan.

Traveller jangan sampai tertipu dengan harga murah, karena dikhawatirkan kualitas armada juga murahan. Oleh sebab itu, traveller perlu mengetahui tips memilih rental mobil yang bagus supaya perjalanan lebih menyenangkan.

Sejatinya, berwisata dengan naik mobil pribadi lebih mengasyikkan daripada naik angkutan umum. Maka dari itu, daripada naik bis kota, tentu masih lebih bagus naik mobil pribadi sekalipun hanya mobil sewaan atau mobil rental. Namun, traveller tetap tidak boleh asal memilih karena tidak semua penyedia rental itu berkualitas.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang tips memilih rental mobil yang sekiranya bisa memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan berkendara. Jadi, silakan artikel ini disimak sampai selesai, lalu ikuti tahapan-tahapannya. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Pilih Rental yang Bertestimoni

Tips memilih rental mobil yang pertama ialah silakan pilih rental yang bertestimoni. Ini menandakan kalau rental tersebut mendapatkan apresiasi bagus dari pelanggan. Jika rental tidak bertestimoni, maka ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama, jasa layanan tidak memuaskan. Sedangkan yang kedua, rental tersebut masih baru berdiri.

Nah, tentunya perjalanan wisata akan sangat mengkhawatirkan jika mobil rental yang digunakan adalah kendaraan milik rental tidak bertestimoni. Jangan-jangan, rental tersebut memang tidak berkualitas dan telah kadung dicap negatif oleh pelanggan. Rental tidak berpengalaman pun tidak layak untuk dijadikan rujukan. Dikhawatirkan, sopir maupun armada masih belum layak untuk menemani pelanggan melakukan perjalanan wisata.

Testimoni rental sejatinya juga banyak yang dipalsukan. Untuk meminimalisir hal ini silakan bertanya langsung kepada pelanggan yang pernah menyewa jasa. Korek keterangan tersebut apakah memang sesuai dengan testimoni atau tidak.

Baca Juga  7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri
2. Pilih Rental dengan Harga Bersaing

Jangan pernah tertipu dengan harga sewa rental yang sangat murah. Sebab dikhawatirkan kualitas armada yang dipersiapkan juga murahan. Lebih baik pilih harga kendaraan yang bersaing. Maksud bersaing di sini ialah harga sewa tidak terlalu murah dan juga tidak kemahalan.

Harga sewa kendaraan “bersaing” adalah daftar harga yang diambil dari sampling survey. Maksudnya, sebelum harga tersebut di-net, pemilik rental melakukan survey terlebih dahulu ke penyedia rental yang lain. Setelah itu, dia mengambil harga yang sedikit lebih rendah untuk dijadikan banderol.

Jika memilih rental dengan konsep pengambilan harga semacam ini, tentu traveller akan mendapatkan harga yang pas. Apalagi kalau penyedia kendaraan juga merilis harga sewa promo, tentu pengeluaran traveller akan semakin ringan dan irit.

3. Pilih Rental dengan Armada Terbaru

Tips memilih rental mobil yang berikutnya ialah pilih rental dengan armada terbaru. Nantinya, kendaraan yang didapatkan bagus, spesifikasi mobil juga tinggi. Biasanya mobil dengan kondisi semacam ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai.

Untuk mendapatkan armada yang bagus, silakan datangi rental secara langsung. Tetapi kalau traveller percaya dengan rental, silakan lihat foto armada lengkap lalu jadikan rujukan. Jika mobil yang diperlihatkan memang terbaru dan masih gres, maka tidak mengapa traveller menjadikan rental tersebut sebagai pilihan.

Namun, jika stok armada merupakan stok lama, maka cukup riskan jika dijadikan pilihan. Sebab, dikhawatirkan proses maintenance atau perawatan tidak dilakukan dengan baik. Bisa jadi, keselamatan traveller di perjalanan akan menjadi taruhan dengan adanya masalah-masalah kerusakan yang berbahaya.

4. Pilih Rental dengan Stok Armada Lengkap

Rental yang bagus adalah rental yang memiliki stok armada cukup lengkap. Sehingga nantinya traveller memiliki banyak pilihan kendaraan. Tidak dimungkiri, ada orang yang suka dengan kendaraan tertentu dan tidak suka dengan kendaraan yang lain. Argumen ini tentu bisa dimanfaatkan oleh penyedia jasa rental untuk menyediakan stok yang memang sesuai keinginan pelanggan.

Baca Juga  Tips Memilih Formasi CPNS, Bagi Anda yang Bingung Wajib Mencoba Nih!

Stok lengkap juga membuktikan kalau usaha rental memang serius. Finansial juga sehat karena tidak mungkin bisa membeli banyak kendaraan kalau dananya tidak banyak. Ini juga menjadi ketenangan tersendiri bagi traveller karena rental yang dirujuk pasti berkualitas.

Stok armada lengkap akan lebih memuaskan jika armada tersebut terbaru dan berkualitas. Termasuk kendaraan dilakukan perawatan secara berkala untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berkendara. Kalau armada lengkap, tetapi tidak dirawat dengan baik, tentu sama saja bohong. Traveller pasti enggan untuk bekerjasama karena mungkin, nyawanya di perjalanan akan terancam.

5. Pilih Rental yang Resmi

Rental yang resmi adalah rental yang memiliki surat usaha seperti SIUP dan selainnya. Nah, jika menemukan rental semacam ini, silakan dipilih saja karena yang pasti sopir maupun kendaraan juga dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang legal. Ini penting, karena ketidaklengkapan berkas berpotensi membuat perjalanan menjadi terganggu.

Jasa rental resmi tidak akan mempekerjakan sopir yang kering pengalaman. Sebab, tukang setir mobil inilah yang menjadi penentu apakah traveller nyaman dan aman di perjalanan atau tidak. Traveller juga patut bertanya tentang legalitas ini karena memang sudah menjadi hak dari pelanggan.

Lebih baik hindari rental mobil yang ilegal sekalipun harga yang ditawarkan sangat murah. Jasa rental bukan main-main melainkan layanan yang memang membutuhkan kelengkapan administrasi dan legalitas hukum. Jika tidak, nyawa bisa melayang jika sopir yang dipakai belum lulus uji kelayakan berkendara.

Itulah tips memilih rental mobil yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Nah, jika tips ini sudah dipahami, dan ada rental sesuai ekspektasi di atas, maka silakan pilih layanan tersebut untuk perjalanan wisata Anda. Dijamin perjalanan pasti mengasyikkan dan menyenangkan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait