oleh

Tips Membeli Helm yang Aman, Silakan Dicoba Ya!

Setiap pengendara harus menggunakan helm yang aman saat mengendarai sepeda motor di jalan raya. Alasannya, ketika terjadi kecelakaan maka cedera di bagian kepala tidak akan terlalu parah. Sebaliknya, helm yang tidak berkualitas tentunya kurang layak untuk digunakan karena resikonya begitu besar.

Oleh karena alasan di atas, maka pengendara perlu mengetahui kiat atau tips untuk memilih helm yang bagus. Produk helm yang aman digunakan serta bisa menjamin kelancaran perjalanan. Nah, untuk mengetahui tips yang lebih lengkap silakan dibaca ulasan berikut ini:

1. Pilih Helm yang Pas dengan Ukuran Kepala

Tips pertama ketika pengendara membeli hélm ialah memilih helm yang pas dengan ukuran kepala. Maksudnya, ukuran helm tidak terlalu besar dan juga tidak kekecilan. Usahakan ketika produk tersebut digunakan, pengendara masih bisa mengendarai sepeda motor dengan nyaman. Sekaligus terhindar dari helm yang terlepas saat tubrukan.

Karena alasan ini, lebih baik pengendara mencoba terlebih dahulu sebelum mulai membeli helm. Kalau dirasa helm kurang pas dengan ukuran kepala lebih baik mengganti dengan helm yang lain. Harga yang sedikit lebih mahal mungkin tidak terlalu menjadi masalah selama bisa menjamin keselamatan.

Jangan juga membeli helm yang sudah bekas pakai. Karena dikhawatirkan kain di dalamnya sudah melar sehingga ukuran helm menjadi berubah. Kalau sudah seperti ini, tentunya produk tersebut akan kebesaran dan kurang nyaman lagi kalau digunakan untuk kepala.

2.  Hindari Bobot Helm yang Terlalu Berat

Ada cara memilih helm yang sejatinya sebuah kesalahan kalau dilakukan. Yaitu, memilih helm yang eksotis tanpa memikirkan bobot beratnya. Banyak helm yang dibuat dengan berbagai corak, bentuk dan warna. Pengendara juga boleh memilih helm jenis semacam ini. Namun yang paling utama, silakan memilih yang bobotnya ringan.

Baca Juga  Tips Menjadi Script Writer: Buat Kamu yang Bermimpi Menjadi Penulis Naskah

Kalau helm memiliki bobot yang berat, kepala akan menjadi pusing karena leher harus menopang beban yang ekstrim. Dan dijamin, helm semacam ini justru akan membuat pengendara tidak akan nyaman ketika mengendarai sepeda motornya. Apalagi kalau berkendaranya ke tempat yang agak jauh.

3. Gunakan Helm dengan Dua Lapis Pelindung Wajah

Helm merupakan sebuah produk yang terus berkembang setiap waktu. Bahkan, untuk helm kekinian sudah disematkan teknologi yang cukup canggih. Salah satunya telah dipasangkan dua lapis pelindung wajah. Pelindung yang pertama adalah kaca transparan, sedangkan pelindung kedua berupa kaca mata lekat berwarna hitam.

Silakan pengendara memilih helm semacam ini yang memiliki dua fungsi sekaligus. Fungsi yang pertama ialah melindungi wajah sedangkan fungsi kedua melindungi mata dari benda-benda asing. Memang hélm semacam ini dijual dengan harga yang mahal. Akan tetapi nominal tersebut memang sebanding dengan manfaat yang bakalan diperoleh.

4. Pakai Helm yang Terbuat dari Bahan yang Kuat

Tips menggunakan helm yang aman berikutnya ialah menggunakan helm yang terbuat dari bahan yang kuat. Sehingga, helm tersebut tidak mudah pecah kalau bersentuhan keras dengan aspal. Tentunya akan sia-sia, jika pengendara justru menggunakan helm yang berbahan tidak berkualitas.

Bahan helm yang berkualitas tidak harus yang tebal. Karena justru helm yang dibuat dari bahan semacam ini akan menimbulkan efek kaku pada leher disebabkan oleh bobotnya yang terlalu berat. Untuk itu, silakan memilih helm yang bahannya tepat sekalipun harganya sedikit agar mahal.

5. Pilih Helm dengan Pelindung Mulut Lebih Dianjurkan

Terdapat dua jenis helm yang dijual di pasaran. Yang pertama ialah, helm standar dan yang kedua helm jenis topong atau helm yang menggunakan pelindung di bagian mulut. Helm yang kedua ini biasanya digunakan untuk ajang balapan karena lebih aman pada saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga  Kegiatan Literasi untuk Sekolah yang Paling Tepat Sasaran

Nah, pengendara bisa memilih helm dengan pelindung mulut atau helm topong. Sekalipun sepeda motor tidak akan dikendarai seperti saat berlomba, tetapi manfaat keamanan itulah yang coba untuk dimunculkan. Karena bisa jadi, potensi kecelakaan berlalu lintas lebih besar daripada sekadar berlomba balap di arena.

6. Beli Helm dengan Klep yang Erat

Semua helm standar pasti dilengkapi dengan tali yang dihubungkan oleh sebuah fitur bernama klep. Biasanya, fitur ini dilengkapi dengan pengunci supaya tali tidak mudah terlepas. Jika tali terlepas, maka jangankan saat kecelakaan, saat terkena hembusan angin saja helm bisa terpental.

Maka dari itu, silakan membeli helm yang klep-nya masih bagus. Dan usahakan pengendara membeli helm yang masih original bukan helm bekas pakai. Karena dikhawatirkan fitur tersebut sudah rusak sehingga akan membahayakan si pengendara saat berkendara. Lain daripada itu, silakan memeriksa terlebih dahulu sebelum mulai memutuskan pembelian.

7. Gunakan Helm yang Tidak Mencengkeram Leher

Yang perlu dijaga pada saat menggunakan helm ialah wajah, kepala dan juga leher. Itu artinya, pengendara harus membeli helm yang bisa menghadirkan perlindungan kepada ketiganya. Termasuk membeli helm yang tidak membuat leher merasa tercengkram. Jadi, jangan asal membeli helm melainkan kroscek dengan matang terlebih dahulu produk tersebut.

Helm yang membuat leher tidak nyaman resikonya juga sangat besar. Bahkan pengendara akan kesulitan untuk bernafas dan ini tentu akan sangat berbahaya. Apalagi jika si pengendara mengendarai sepeda motornya dengan sangat laju. Jadi, kalau membeli helm silakan dicoba terlebih dahulu apakah helm tersebut sudah nyaman di leher atau tidak.

Tips memakai helm yang aman di atas sejatinya informasi yang sangat penting untuk dipahami. Pasalnya, kegiatan berkendara merupakan kegiatan lumrah namun di dalamnya terkadang ada bahaya yang salah satunya kecelakaan. Nah, helm adalah produk yang akan mengamankan kepala dari cedera akibat kecelakaan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya