oleh

Tips Keluar Rumah Malam Hari Bagi Perempuan agar Aman

Tips keluar rumah malam hari harus diketahui oleh masyarakat terutama dari kalangan perempuan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kasus kejahatan maupun hal-hal yang tidak diinginkan yang lainnya. Sedangkan untuk menghindari keluar rumah tentu tidak mungkin, apalagi kalau ada kebutuhan-kebutuhan yang mendesak.

Untuk itu, penting kiranya tips keluar rumah bagi perempuan untuk dijabarkan secara mendetail. Namun tentunya tips ini harus dilaksanakan dengan rutin dan disiplin demi keamanan dan kenyamanan di perjalanan. Nah, untuk mengetahui tips yang dimaksud, silakan baca artikel ini sampai selesai dan ini ulasannya:

1. Tidak Bepergian Sendirian

Kalau ingin bepergian saat malam hari, usahakan tidak sendirian atau minimal mengajak satu atau dua orang teman. Hal ini untuk mencegah hadirnya peluang bagi orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan. Selain itu dengan adanya teman, Anda juga tidak akan kesepian dan tidak akan khawatir di tengah perjalanan.

Makanya kalau sendirian, lebih baik menunda perjalanan tidak dilakukan di malam hari. Karena risikonya begitu besar apalagi di saat ini ketika kasus kejahatan semakin merajalela. Tips ini tidak hanya berlaku bagi kaum perempuan tetapi juga kaum laki laki, karena korban kejahatan dari kaum ini juga cukup besar.

2. Hindari Melewati Jalur yang Sepi

Jika tidak ada kebutuhan yang mendesak lebih baik tidak bepergian keluar rumah di malam hari. Akan tetapi, jika ada kepentingan mendesak, maka silakan namun pastikan tidak melewati jalur yang sepi. Karena biasanya lokasi semacam ini yang rentan terjadi tindakan kejahatan seperti perampokan hingga pemalakan.

Tentunya Anda harus tahun jalur mana yang sepi yang berpotensi terjadi peristiwa kejahatan. Sehingga bisa mencegahnya dan lebih memilih jalur lain yang lebih aman. Akan tetapi, kalau memang tidak ada jalur lain, maka tetaplah awas dan waspada serta pacu kendaraan dengan tenang.

Baca Juga  4 Tips Mempertahankan Gaya Hidup Sehat
3. Hindari Bepergian Saat Larut Malam

Jika sudah larut malam biasanya potensi terjadi kejahatan bagi pengendara sangat besar. Pasalnya, di waktu tersebut suasana jalanan sedang sepi sehingga memungkinkan para pelaku kejahatan bisa melakukan operasi dengan leluasa. Logika sederhananya adalah, jika di tempat ramai saja terjadi kejahatan apalagi di tempat yang sepi dan gelap.

Sebagian besar kejahatan memang terjadi di waktu-waktu larut semacam itu. Terkadang, si pelaku tidak memiliki rencana untuk melakukan tindak kejahatan akan tetapi si korban lah yang terkadang memberi peluang tersebut. Seperti sosok perempuan yang keluar larut malam seorang diri dengan memakai perhiasan yang mencolok.

4. Tidak Keluar Rumah kecuali Urgen

Tips keluar rumah malam hari yang berikutnya ialah mencegahnya atau tidak keluar rumah di waktu tersebut kecuali urgen. Jika masih bisa dilakukan di siang hari, lebih baik memilih waktu itu saja untuk bepergian. Memang, kejahatan di siang hari juga acap terjadi, tetapi volumenya tidak terlalu tinggi.

Seharusnya malam hari dijadikan waktu beristirahat bukan justru bepergian ke luar rumah. Apalagi bagi perempuan yang rawan menjadi korban kejahatan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari waktu tersebut untuk bepergian kemanapun, kecuali demi kepentingan-kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan.

5. Kendaraan dalam Keadaan Sehat

Risiko bepergian di malam hari bukan pasal kejahatan saja tetapi juga kecelakaan berlalu lintas. Biasanya, di waktu tersebut suasana jalan cukup gelap hingga rambu-rambu lalu lintas pun tidak terlihat. Alangkah baiknya kalau ingin bepergian di malam hari, pastikan kendaraan dalam keadaan sehat seperti rem, ban, lampu dan lain sebagainya.

Selain itu, silakan pacu kendaraan dengan ideal artinya tidak kebut-kebutan. Pastikan juga tidak tertipu dengan jalanan yang sepi karena bisa jadi ada kendaraan lain yang muncul secara tiba-tiba. Makanya, kalau ingin perjalanan lebih aman lebih baik berkendara siang hari kecuali ada yang penting.

Baca Juga  8 Tips Trekking yang Aman untuk Pemula
6. Membawa Ponsel yang Aktif

Pastikan kalau ingin bepergian malam hari, membawa ponsel yang aktif dengan daya baterai masih penuh. Pasalnya perangkat ini dibutuhkan jika Anda mengalami sesuatu di tengah perjalanan. Paling tidak ada masyarakat yang bisa dihubungi untuk meminta bantuan terutama kalau terjadi masalah di tempat yang sepi.

Akan tetapi pakailah hp tersebut jika benar-benar dibutuhkan saja. Pasalnya, banyak kasus kejahatan penjambretan yang disebabkan oleh si korban bermain hp sambil berkendara. Tentunya, ini juga menjadi peluang bagi pelaku untuk melancarkan aksinya. Jadi berhati-hatilah dan lebih baik tahan diri dari memegang hp saat berkendara kecuali memang penting.

7. Tidak Bepergian ke Tempat yang Jauh

Silakan bepergian di malam hari asalkan lokasi yang dituju tidak terlalu jauh. Yang mana, sekiranya Anda bisa tiba di tempat tersebut sebelum terlalu larut. Namun, jika lokasi yang dituju cukup jauh lebih baik mengendarai mobil jangan sepeda motor. Pasalnya, kendaraan semacam ini jarang menjadi korban kejahatan kecuali lokasi yang dituju benar-benar rawan.

Nah sekadar untuk berjaga-jaga tentunya lebih bagus menunda perjalanan saja menunggu esok hari yang lebih aman. Kecuali ada sesuatu yang ingin diselesaikan namun tetap menjaga keamanan dengan tidak pergi sendirian. Jadi demi mencegah tindakan kejahatan di malam hari, lebih baik Anda berdiam di rumah saja.

Tips keluar rumah di malam hari merupakan motivasi yang harus dimiliki oleh pembaca. Paling tidak dengan adanya kiat ini, perjalanan akan lebih nyaman dan aman. Selain terbebas dari kecelakaan, Anda juga bakal terbebas dari pelaku-pelaku kejahatan. Maka dari itu, bijaklah saat bepergian dan tidak keluar malam kecuali ada yang penting dan mendesak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya