by

8 Tips Hemat Bahan Bakar ketika Harga BBM Tinggi

Sekarang waktunya untuk menerapkan tips hemat bahan bakar kendaraan. Pasalnya, harga BBM melambung sangat tinggi. Tentunya ini berpotensi membuat keuangan membengkak. Sebuah kondisi yang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, terutama bagi pemilik kendaraan yang berstatus menengah ke bawah.

Irit tidaknya BBM ditentukan oleh cara penggunaan kendaraan. Jika asal-asalan tentu bahan bakar akan boros. Jika sudah demikian, tentu harus mempersiapkan budget yang besar. Bagi kalangan menengah ke atas tentu tidak akan menjadi soal, tetapi bagi rakyat kecil tentu ini bermasalah. Untuk itu yuk terapkan tips berikut ini:

1. Atur Batas Kecepatan Kendaraan

Setiap pengendara harus memiliki pedoman batas kecepatan kendaraan. Tujuannya supaya kecepatan tidak naik turun. Jika  laju tidak stabil semacam ini dibiarkan tentu bahan bakar yang akan mendapatkan efeknya. Begitu juga dengan speed yang terlalu rendah, BBM pasti lebih boros daripada kendaraan yang dikendarai dengan stabil.

Kecepatan kendaraan tidak stabil terjadi saat terjebak macet. Maka dari itu, pengendara harus menghindari kondisi ini atau siap mengisi bahan bakar berulang-ulang. Lebih baik cari jalan lain sekalipun jaraknya agak jauh ke lokasi yang dituju. Pada saat macet, laju kendaraan kadang cepat tetapi kadang juga pelan. Akhirnya kebutuhan mesin terhadap bahan bakar juga lebih banyak.

2. Perhitungkan Saat Akan Menambah Kecepatan

Pengendara harus membuat perhitungan pada saat akan menambah kecepatan kendaraan, termasuk yang sekiranya tidak akan melakukan pengereman mendadak. Ingat, kondisi ini juga membuat bahan bakar boros. Maka dari itu, silakan tambah kecepatan di jalanan yang lurus. Dengan kondisi jalan yang minim halangan di depan.

Silakan atur juga jarak kendaraan sendiri dengan kendaraan lain di depannya. Ini untuk mencegah melakukan pengereman mendadak. Selain untuk mengirit bahan bakar, juga untuk menghindar bahaya yang mengintai, yaitu kecelakaan jika kendaraan di depan berhenti secara tiba-tiba. Akhirnya kendaraan sendiri tidak bisa lagi dikendalikan.

Baca Juga  Penasaran Dengan Tips Supaya Rajin Minum Air Putih? Simak Ini Yuk!
3. Matikan Kendaraan Saat Berhenti Lama

Lebih baik matikan kendaraan pada saat berhenti agak lama. Ini untuk mencegah konsumsi mesin terhadap bahan bakar yang sia-sia. Karena kendaraan masih belum dijalankan. Belum lagi pasal pencurian yang masih sering terjadi. Penyebabnya karena pengendara lalai meninggalkan kendaraan dalam posisi mesin masih hidup.

Jangan karena alasan AC lalu pengendara tetap menghidupkan mesin mobil saat parkir, karena sejatinya masih ada tempat yang teduh dan tidak panas. Silakan parkir kendaraan di sana, dan pengendara bisa bersantai di dalamnya tanpa kepanasan. Namun, semuanya tergantung si pemilik kendaraan itu sendiri. Apakah lebih memilih bahan bakar boros atau hemat.

4. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Gigi Rendah

Tips hemat bahan bakar berikutnya ialah tidak terlalu sering menggunakan gigi rendah. Gunakan di kondisi-kondisi tertentu saja. Seperti ketika kendaraan melaju di jalur tanjakan. Kalau di sini menggunakan gigi tinggi, tentu kendaraan tidak akan kuat, bahkan bisa menimbulkan bahaya karena kendaraan akan mundur dengan cepat.

Perpindahan gigi yang ideal juga berpengaruh pada kehematan BBM, karena konsumsi mesin terhadap bahan bakar lebih sedikit. Artinya kadar serap bensin juga lebih seimbang. Sebaliknya, jika terlalu sering menggunakan gigi rendah, penyaluran bensin lebih cepat. Kebutuhan pasokan bahan bakar juga lebih besar.

5. Tekanan Ban harus Ideal

Jangan asal memilih tekanan ban mobil. Pastikan ukurannya harus ideal. Paling tidak, yang sekiranya ban bisa menapaki jalanan dengan sempurna. Perlu juga diingat kalau ban juga berfungsi sebagai penahan beban kendaraan. Kalau tekanannya tidak bagus, beban mobil akan terasa lebih berat.

Tekanan ban mobil terlalu rendah paling berpotensi memboroskan bahan bakar. Apalagi kalau suara kendaraan sudah meraung-raung saat dikendarai. Untuk itu, silakan cek tekanan ban kendaraan secara berkala. Jika ukurannya di bawah standar, segera lakukan penambahan. Dan usahakan menggunakan gas nitrogen bukan oksigen biasa.

Baca Juga  Apa Saja Barang Wajib Saat Musim Hujan Ketika Berpergian?
6. Hidupkan AC dengan Efektif

Kesalahan saat menghidupkan AC juga penyebab bahan bakar boros. Untuk itu, pemilik kendaraan harus cerdas dan memastikan pendingin digunakan dengan efektif. Apalagi sekarang biaya bensin mahal. Lebih baik mematikannya kalau tidak digunakan, serta harus menghindari menghidupkan AC saat kendaraan melaju di tanjakan.

Lebih baik nyalakan AC saat kabin kendaraan dingin. Jika tidak, komponen di dalamnya juga bakal mengalami pemanasan berlebihan. Ini bukan persoalan bahan bakar yang boros, tetapi juga keamanan berkendara. Banyak kasus kabin meledak karena masalah AC yang overhate. Makanya waspadalah ketika menghidupkan fitur ini.

7. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Jangan asal memilih bahan bakar kalau tidak ingin mendapatkan yang boros. Kalau perlu silakan bertanya kepada teknisi dealer. Nantinya akan ditunjukkan jenis apa yang cocok dengan kendaraan. Untuk masalah biaya tidak perlu dipusingkan, yang terpenting budget untuk membeli BBM bisa ditekan.

Bahan bakar yang bagus tentu memiliki sistem pembakaran yang juga bagus. Implikasinya, BBM juga bakalan lebih irit. Sedangkan keunggulan berikutnya, laju kendaraan lebih stabil. Termasuk kuat dan mampu melaju di jalur menanjak. Ini tidak melihat apakah kendaraan keluaran baru atau sudah lama sekalipun.

8. Kurangi Beban Kendaraan

Mesin tidak hanya berfungsi untuk melajukan kendaraan saja, tetapi juga menjadi penopang beban. Semakin berat bobot kendaraan, daya serap mesin terhadap bahan bakar juga semakin tinggi. Akhirnya wajar kalau BBM menjadi boros. Nah, untuk mencegahnya silakan atur berat kendaraan seideal mungkin.

Berat mobil yang ideal akan mampu meningkatkan akselerasi, termasuk laju kendaraan akan stabil yang membuat supir lebih awas menyetir. Dan perlu diingat, kecelakaan kadang juga disebabkan oleh kelebihan berat kendaraan. Sebab di kondisi ini, terkadang kendaraan melaju dengan oleng hingga lepas kendali.

Baca Juga  Simak Yuk! 6 Tips Berbisnis Bagi Pemula

Itulah beberapa tips hemat bahan bakar kendaraan. Silakan dicoba jika ingin memiliki kendaraan yang terhindar dari bensin boros. Harga BBM yang mahal harus dijadikan rujukan. Toh nantinya sisa uang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain tidak untuk bersin semata.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya