by

Tips dan Trik Menulis Artikel Dalam Waktu Singkat, Bahkan Jika Anda Bukan Orang Kreatif

Jika Anda berpikir bahwa bakat menulis dimiliki oleh semua orang kreatif, maka Anda termasuk orang yang kurang beruntung. Bakat menulis bisa dikembangkan bahkan jika kamu bukan orang yang kreatif.

Di era digitalisasi ini, penulis artikel yang dapat menghasilkan konten yang bagus dalam waktu singkat akan semakin diminati. Efisiensi dalam proses menulis adalah sesuatu yang harus Anda upayakan.

Setiap keterampilan dapat ditingkatkan dan dikuasai jika melalui latihan dasar secara teratur. Sehingga Anda perlu pemahaman yang tepat tentang sisi teknis artikel dan cara menyusunnya.

Secara teknis menulis itu sederhana. Mengapa Anda kesulitan ketika menulis artikel daripada menulis tweet? Alasanya, karena Anda tidak memiliki cukup informasi dan daya pikiran yang kritis.

Menulis akan sangat mudah, jika Anda memiliki banyak informasi dan pengetahuan tentang konten yang Anda tulis. Berikut adalah tips dan trik menulis artikel dalam waktu singkat, bahkan jika Anda bukan orang kreatif dan tanpa inspirasi sekalipun.

1. Lakukan Research Dengan Benar

Suatu tema menulis tidak akan datang dengan sendirinya, tetapi Anda bisa melakukan penelitian melalui media informasi seperti internet, jurnal dan sebagainya. Kemudian buat list pertanyaan, yang dapat membantu Anda menentukan tema yang Anda ambil.

Dengan cara tersebut Anda akan memiliki teknik untuk memecahkan masalah, sehingga Anda dapat menulis artikel dengan teknik detailing yang sangat efektif ketika menulis artikel dengan cepat.

Selain itu, untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Anda harus menganalisis dan meneliti artikel sebelumnya dari penulis lain.

2. Susun Judul Dengan Tepat

Judul adalah suatu main point dari suatu tulisan. Judul yang membosankan tentu tidak akan sesuai dengan artikel yang telah Anda tulis dengan baik. Namun, dengan semakin banyak informasi yang Anda miliki, maka semakin banyak pula peluang yang Anda miliki untuk menghasilkan judul yang berkualitas.

Baca Juga  Cara Memperoleh IPK Tinggi: Simak Buat Kamu Para Mahasiswa

Anda harus mengetahui dan memahami jika google adalah “mesin pencari” yang baik. Bahwa tajuk artikel merupakan pengulangan pertanyaan yang ingin dijawab orang-orang. Jadi inti dari setiap tajuk adalah pertanyaan yang diajukan memiliki aturan yang praktis dan strategis.

3. Tetap Sederhana

Rentang perhatian pembaca umumnya memiliki jangka waktu pendek, jadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai seorang penulis adalah, dengan menjaga kelangsungan artikel Anda tetap ringkas dan jelas.

Mengetahui tujuan jumlah batas minimal kata akan sangat membantu Anda, untuk dapat menyelesaikan artikel dalam waktu singkat. Selain itu, juga akan menghasilkan artikel yang efisien dan berfokus pada poin-poin utama, yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Setelah mengetahui tips menulis artikel, selanjutnya adalah trik menulis artikel. Menulis akan jauh mudah jika Anda memiliki referensi visual dan fisik. Berikut adalah trik yang dapat Anda gunakan ketika menulis artikel dalam waktu singkat.

1. Gunakan Teknik Piramida
teknik piramida
Teknik Piramida (Foto: pinterest.com)

Ketika menulis artikel, bayangkan sebuah piramida yang berasal dari pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda susun sebelumnya. Pada piramida, puncak adalah titik tertinggi dan titik terendah adalah pondasi.

Sistem menulis artikel dari suatu piramida dimulai dari pondasi hingga menaiki puncak. Artinya Anda akan memberikan semua detail pada awal penulisan hingga mencapai puncak dan mengungkapkan ide utama.

Saat Anda masuk lebih jauh ke dalam artikel, Anda dapat fokus pada konsep dan informasi-informasi yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Beri pembaca pandangan mengenai apa yang menjadi fokus artikel Anda, sehingga pembaca dapat menyelesaikannya secara aktif.

2. Gunakan Teknik Feynman
Teknik Fenyman (Foto: Freepik.com)

Teknik ini menggunakan teknik pemecah konsep dari yang kompleks, menjadi bentuk yang paling sederhana dan diuraikan selangkah demi selangkah, sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang menyeluruh dari suatu topik yang dibahas.

Baca Juga  Gimana Sih Cara Aplikasikan Make Up Natural? Ini 9 Langkah Mudah Merias Wajah

Cara tersebut sangat efektif bagi penulis untuk menyerap lebih banyak informasi, yang berguna dan relevan tentang sejumlah topik untuk dipahami oleh penulis dan pembaca.

Dengan hal ini, akan menciptakan pola pikir yang mendorong penulis untuk belajar menjadi penulis yang mengajar. Atau dari penulis pemula menjadi penulis ahli. Teknik fenyman juga sering disebut dengan mind mapping.

Sudah paham tentang tips dan trik menulis artikel? Seperti apa proses menulis Anda selanjutnya? Dan teknik apa yang Anda gunakan untuk menghemat waktu? Selamat mencoba!

Nah, Buat Anda yang udah nyoba tips dan trik ini, atau udah punya artikel tapi nggak tahu mau posting kemana? Nggak ada salahnya nih buat submit artikel kamu ke lintashaba.com dengan menjadi bagian dari LH Community.

Dengan begitu kamu akan tahu sampai dimana kualitas artikelmu, karena sebelum dipublikasikan editor akan terlebih dahulu mengkurasi hasil karyamu lho.

Comment

Artikel Terkait