by

Tidak Hanya Selalu Jaga Kebersihan, Ini Tips Biar Tetap Fit di Musim Hujan

Saat musim hujan tiba, apa saja yang kamu persiapkan? Atap rumah agar tidak bocor atau payung dan jas hujan yang selalu dipersiapkan matang?

Tapi yang terpenting sebenarnya adalah menjaga kesehatanmu agar tidak terserang penyakit seperti flu, masuk angin dan sejenisnya. Untuk itu, kamu harus tahu tips biar tetap fit di musim hujan yang harus kamu terapkan.

Sebenarnya tidak ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tetap fit saat musim hujan tiba. Namun, tetap saja kamu harus memerhatikan ini dan tidak menganggapnya sepele.

Beberapa hal di antaranya juga dapat kamu lakukan di hari-hari biasa lho! Simak penjelasan berikut.

1. Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Perkembangbiakan nyamuk kian meningkat di tempat yang tergenang air. Oleh karena itu bersihkan bak mandi atau beri obat yang dapat mematikan jentik-jentik nyamuk pada bak mandi.

Dengan bak mandi yang sering dibersihkan dan bebas dari jentik-jentik nyamuk, maka kamu juga dapat mandi dengan air yang bersih pula.

Jangan lupa juga untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun dan bersihkan bagian rumah lain, yang kotor dan sering tergenangi air. Hal ini membuat nyamuk mudah berkembang biak.

2. Banyak Mengonsumsi Air
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/stokpic)

Saat musim penghujan, kamu perlu menjaga tubuhmu agar selalu terhidrasi. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak air akan membuatmu terbantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Banyak air yang kamu konsumsi juga baik bagi sistem pencernaanmu dan hal ini juga banyak disarankan oleh dokter.

3. Konsumsi Makanan Bergizi dan Berserat Tinggi
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/sspiehs3)

Makan makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin, dapat menutrisi tubuh dan mampu menjaga kekebalan tubuh dengan lebih baik. Bukan hanya itu, makanan berserat dapat membantumu meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga  10 Cara Merekam Suara di Laptop dengan Aplikasi! Beserta Tipsnya!

Ada sejumlah buah-buahan berserat tinggi, yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat musim penghujan, misalnya alpukat dan pisang. Buah ini juga mengandung vitamin, sehingga kamu mendapatkan khasiat yang berlipat setelah mengonsumsinya.

4. Membawa Payung
Ilustrasi (Foto: pixabay.com/

Sedia payung sebelum hujan bukanlah kiasan belaka, melainkan pernyataan yang harus dilakukan secara nyata. Sebaiknya kamu tetap membawa payung untuk berjaga-jaga, karena hujan sering turun bahkan saat langit terlihat cerah.

Dengan membawa payung, kamu terhindari dari kehujanan dan flu yang dapat menyerang. Selain payung, kamu dapat menggunakan jas hujan untuk persediaan, ketika berkendara menggunakan motor atau sekadar berjaga-jaga saat melakukan perjalanan jauh.

Dengan membawa persediaan payung ataupun jas hujan, kamu dapat terhindar dari hujan yang mendadak turun, jadi tidak selalu merasa was-was.

5. Gunakan Pakaian Hangat atau Berbahan Tebal
ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Ketika musim penghujan, biasanya suhu akan menurun. Angin yang kencang dan dingin juga biasanya akan menghembus lebih kencang. Maka dari itu kamu mungkin akan membutuhkan pakaian tebal, yang dapat menghangatkan tubuhmu. Dengan demikian, kamu tidak mudah terserang flu ataupun masuk angin.

Musim hujan biasanya identik dengan kilat dan petir. Karenanya, mungkin kamu harus mematikan ponsel atau membuatnya menjadi mode terbang.

Memangnya ada apa dengan kilat dan petir? Karena antena di luar televisi dapat dengan mudah disambar petir.

Kamu juga harus berusaha untuk menghindari menyalakan ponsel, jika berada di luar rumah atau suatu tempat, yang tidak dapat melindungimu dengan baik.

Meski sebenarnya ponsel tetap dapat dimainkan dengan aman di dalam rumah, kamu tidak dapat melakukannya di luar rumah ketika tidak ada sesuatu yang melindungimu di atasnya.

Nah, itulah tips biar tetap fit di musim hujan. Selalu jaga kesehatan saat musim hujan dan berolahrga di dalam rumah, jika sempat dan memungkinkan ya, sobat.

Comment

Artikel Terkait