by

Simak Yuk! 10 Cara Melestarikan Lingkungan Alam Sekitar

Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Lingkungan dapat juga diartikan sebagai tempat makhluk hidup untuk tinggal dan melakukan kegiatan.

Namun, berharganya lingkungan ini tak membuat semua makhluk hidup, terutama manusia, menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan untuk keselamatan bersama. Oleh karena itu, simak cara melestarikan lingkungan agar lingkungan selalu terjaga.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya
Throw the garbage bag into the trash can Throw the garbage bag into the trash can throw garbage stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Sampah menjadi salah satu benda yang banyak merusak lingkungan. Pasalnya, sampah yang tidak dibuang di tempat seharusnya biasanya dibuang begitu saja di sungai, selokan, atau di laut.

Padahal apabila musim hujan datang, sampah-sampah yang menumpuk di tempat-tempat yang seharusnya digunakan air untuk mengalir ini, bisa menyebabkan aliran tersumbat hingga terjadi banjir.

2. Membuat Terasiring
Pemandangan alam (Foto: istockphoto.com)

Pernahkah kamu pergi ke gunung atau pegunungan dan melihat persawahan yang bentuknya bertingkat-tingkat? Itu tadi yang disebut dengan terasiring.

Dengan terasiring ini tadi, tanah-tanah yang ada di pegunungan atau daerah-daerah lain yang memiliki topografi yang miring dapat ditanami dengan pohon atau tumbuhan lainnya. sehingga, hal ini juga dapat mencegah terjadinya longsor.

3. Melakukan Sistem Tebang Pilih
Lumberjack at work Man using chainsaw while cutting tree in forest. tree cutting stock pictures, royalty-free photos & images
menebang pohon yang sudah tua (Foto: istockphoto.com)

Menjaga kelestarian hutan memang penting, tetapi di sisi lain terkadang pohon dari hutan sangat dibutuhkan untuk digunakan sesuatu, oleh karena itu sebaiknya gunakan sistem tebang pilih.

Sistem ini cara kerjanya ialah dengan memilih pohon yang sekiranya sudah cukup umur untuk ditebang, dan membiarkan pohon yang masih muda agar tetap tumbuh.

4. Melakukan Reboisasi
Kegiatan menanam pohon (Foto: istockphoto.com)

Reboisasi merupakan kegiatan menanam pohon kembali pohon yang telah ditebang. Reboisasi dilakukan untuk menumbuhkan kembali poho, yang sebelumnya telah ditebang agar lingkungan terus lestari, karena tumbuh-tumbuhan terutama pohon memberikan banyak dampak positif bagi lingkungan.

Baca Juga  5 Tips Memanjangkan Rambut Pria Secara Alami
5. Mencari Ikan Dengan Cara Yang Tradisional
Scoop net with the fresh Pacific herring ( Clupea pallasii ) catch. Fishing industry in the far East of Russia. Sea of Okhotsk, Khabarovsk region. fishing fish stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mencari ikan, mulai dari cara yang tradisional seperti menggunakan kail dan jala, hingga dengan cara yang sangat berbahaya seperti dengan menggunakan bom dan racun.

Cara menjaga lingkungan perairan yang sangat tidak dianjurkan ialah dengan mencari ikan menggunakan bom atau racun, sebab tidak hanya ikan saja yang mati, tetapi ekosistem yang ada di dalam laut, seperti terumbu karang, rumput laut, dan tumbuhan serta hewan lainnya ikut hancur dan mati.

6. Tidak Melakukan Perburuan Liar
Group of Hunters with Their Dogs Going for Hunting Action Group of Hunters with Their Dogs Going for Hunting Action Illegal hunting stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Di Indonesia sudah banyak tumbuhan dan hewan yang terancam kepunahannya dan ada yang sudah benar-benar punah. Penyebab dari kepunahan ini ialah salah satunya disebabkan karena perburuan liar.

Perburuan liar ini tak hanya menyebabkan kepunahan saja, tetapi juga menyebabkan beberapa kerugian besar lainnya, salah satunya ialah menyebabkan rusaknya ekosistem lingkungan.

7. Mengurangi Penggunaan Barang Sekali Pakai
Plastic waste floating in a canal in Amsterdam, The Netherlands Amsterdam: Plastic waste floating in a canal in Amsterdam, The Netherlands plastic stock pictures, royalty-free photos & images
salah satu contoh barang-barang sekali pakai (Foto: istockphoto.com)

Dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai kamu sudah dapat menerapkan cara menjaga lingkungan. Pasalnya dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai, sama dengan mengurangi pembuangan sampah.

8. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor
Back to school. asian child girl wearing face mask with backpack biking a bicycle and going to school .Covid-19 coronavirus pandemic.New normal lifestyle.Education concept. Back to school. asian child girl wearing face mask with backpack biking a bicycle and going to school .Covid-19 coronavirus pandemic.New normal lifestyle.Education concept. bycicle stock pictures, royalty-free photos & images
Bersepeda (Foto: istockphoto.com)

Gas buangan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon, hingga dapat menyebabkan munculnya gas rumah kaca.

Oleh karena itu, sebaiknya daripada menggunaan kendaraan motor secara terus menerus, sebaiknya juga menggunakan kendaraan alternatif lain, seperti sepeda atau kendaraan umum.

9. Mengubah Sampah Menjadi Pupuk Kompos
Trash bin for composting with leftover from kitchen on blue background. Top view. Recycling scarps concept. Sustainable and zero waste lifestyle Trash bin for composting with leftover from kitchen on blue background. Top view. Recycling scarps concept. Sustainable and zero waste lifestyle. fertilizer from garbage stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Kamu bingung mengolah sampah organik di rumahmu? Jika iya, sebaiknya ubah saja sampah organik yang ada di rumahmu seperti dedaunan itu diolah menjadi pupuk kompos.

Selain membantu membuat lingkunganmu menjadi bersih, pupuk kompos ini juga dapat kamu gunakan untuk diberikan pada tanaman yang kamu pelihara loh!

10. Menetapkan Peraturan dan Sanksi
Warning sign Please dont throw garbage fine-50 Warning sign Please dont throw garbage fine-50 on green natural background. Ecology concept. dont throw garbage stock pictures, royalty-free photos & images
Larangan buang sampah (Foto: istockphoto.com)

Tidak semua orang mengerti dan menyadari pentingnya lingkungan serta cara melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, untuk dapat menerapkan cara melestarikan lingkungan agar berjalan dengan semestinya, hendaknya ada peraturan serta sanksi tertulis untuk siapa saja yang melanggar peraturan tersebut.

Baca Juga  Gagal Liburan Bikin Badmood? Ini Ide Liburan di Rumah Saja yang Wajib Kamu Coba

Demikianlah beberapa cara melestarikan lingkungan yang harus kita sama-sama dilakukan. Lingkungan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Apabila lingkungan sudah rusak, maka kehidupan manusia juga akan ikut terancam. Oleh karena itu, mari sayangi dan rawat lingkungan mulai sekarang yuk!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait