by

Sering Terkena Debu dan Polusi? Begini Cara Cerahkan Kulit Kusam Dengan Ampuh

Banyak terjadi masalah terhadap kulit yang sulit teratasi, seperti jerawat, komedo hingga kulit kusam dan belang. Berbagai permasalahan tersebut terkadang malah mendapat perawatan yang salah, sehingga malah memperparah masalah tersebut.

Untuk mengatasi kulit kusam, kamu harus melakukan beberapa langkah perawatan. Seperti apa? Berikut ini cara cerahkan kulit kusam yang ampuh dan kebiasaan-kebiasaan untuk mencegah kulit kusam kembali lagi.

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah
Ilustasi cuci muka dengan sabun muka (Foto: istockphoto.com)

Membersihkan wajah dengan sering mencucinya menggunakan sabun, dapat mencerahkan kulit atau membersihkan noda hitam. Mencuci wajah dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran, yang berfungsi mencegah bakteri yang membuat wajah menjadi kusam.

2. Melakukan Eksfoliasi
Ilustrasi eksfoliasi (Foto: merdeka.com)

Untuk membersihkan wajah secara maksimal, kamu dapat melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan garis-garis kerutan pada wajah.

Pada kulit normal cenderung kering, direkomendasikan untuk melakukan ekfoliasi satu sampai dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk tipe kulit kombinasi dan berminyak, dapat melakukan ekfoliasi tiga sampai empat kali dalam seminggu.

3. Gunakan Masker Alami
Ilustrasi Masker Alami (Foto: wowkeren.com)
1. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C untuk mencerahkan kulit, tanpa merubah keseimbangan pH. Buah ini lebih aman dipakai dibanding produk dengan campuran bahan kimia. Lemon berfungsi meratakan pigmentasi kulit, sehingga dapat mencerahkan kulit kusam.

Untuk menjadikan lemon sebagai masker alami, perlu menggunakan campuran seperti susu, putih telur, dan madu karena sifat lemon kurang baik, jika diaplikasikan secara langsung ke kulit wajah.

2. Cuka Apel

Kandungan cuka apel ini membantu meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga berfungsi mencerahkan kulit kusam.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai masker, adalah dengan mencampurkannya dengan masker-masker kemasan yang cocok dengan kulit wajahmu.

Baca Juga  Be Creative! Berikut Ini Panduan Lengkap untuk Membuka Coffe Shop Impianmu
3. Lidah Buaya

Tanaman ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk mencerahkan kulit yang kusam. Lidah buaya mengandung antioksidan untuk mencegah dan mencerahkan kulit kusam.

Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit wajah, sebagai masker sekitar 10-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Bengkoang

Buah yang satu ini merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan produk-produk kecantikan, karena memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin B dan C pada bengkoang, dipercaya dapat mencerahkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersinar.

Cara menggunakan bengkoang sebagai masker adalah dengan memarut bengkoang lalu memerasnya, menggunakan air tersebut sebagai masker alami. Atau kamu juga bisa menggunakan parutan bengkoang, sebagai scrub yang bisa kamu gunakan secara rutin.

5. Kunyit

Sebagai pencerah kulit, kamu dapat menggunakan kunyit. Bumbu dapur yang satu ini mampu menghilangkan flek hitam pada wajah dan meratakan pigmentasi kulit, sehingga dapat berfungsi pada kulit kusam dan belang.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan bubuk kunyit dengan tambahan susu atau perasan jeruk lemon. Campuran ini kemudian dioleskan pada kulit yang kusam, diamkan selama beberapa menit sebelum membasuh muka.

6. Susu

Susu dapat mencerahkan kulit sekaligus melembapkannya lho! Bagaimana cara membuat masker dengan susu? Kamu dapat mencampur dua sendok makan susu bubuk dengan satu sendok makan madu.

Campuran tersebut lalu dilarutkan dengan dua sendok makan air hangat. Masker ini dapat dioleskan ke seluruh wajah untuk menghindari kulit kusam dengan aman tanpa efek samping.

Cara-cara di atas dapat kamu gunakan untuk mencerahkan kulit kusam secara alami. Cara yang sederhana tersebut dapat kamu terapkan secara rutin, untuk hasil yang maksimal dan mencegah kulit kusam kembali lagi.

Comment

Artikel Terkait