by

Self Healing Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Setiap orang pastinya memiliki masa beratnya masing-masing. Pastinya mereka juga ingin melakukan self healing, untuk mengurangi rasa tertekan yang ada di dalam pikiran mereka masing-masing.

Self healing sendiri biasa disebut sebagai proses yang dilakukan oleh seseorang, untuk bisa memulihkan luka batin menggunakan kekuatannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Nah, buat kamu yang ingin self healing dengan cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri, kamu bisa melakukan self healing seperti di bawah ini:

1. Coba Berdialog dengan Diri Sendiri untuk Bisa Mengenali dan Menerima Luka Batin

Salah satu tujuan utama dari self healing ialah untuk bisa mengenal lebih jauh luka yang kamu alami. Kamu harus bisa jujur dengan diri kamu sendiri dengan fakta-fakta yang ada. Cobalah untuk berdialog dengan hatimu sendiri, dengan keadaan yang tenang untuk mencari akar permasalahan yang kamu alami.

Kamu harus tahu bahwa tidak ada yang lebih mengenalimu kecuali diri kamu sendiri. Hal ini juga berlaku untuk kamu agar bisa mulai mengenal luka batin tersebut. Pelan-pelan terimalah kondisi luka yang tengah kamu alami dengan rasa ikhlas dan lapang dada.

2. Mencoba Berdamai dengan Keadaan yang Tidak Sesuai dengan Keinginanmu

Pastinya kamu menginginkan segala sesatu berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah kamu rencanakan. Namun, kamu juga harus tahu bahwa manusia hanya bisa merencakan dan di tangan Tuhan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Oleh sebab itu, apabila kamu mengalami suatu kejadian yang membuat kamu merasa marah karena hal ini bukanlah sesuatu yang kamu rencanakan, sebaiknya kamu jangan terus berlarut-larut dalam perasaan marah dan kesal tersebut.

Dengan kamu yang menyalahkan keadaan hal itu tidak akan mengubah hal-hal yang sudah terjadi. Cobalah untuk menerima dan mendamaikan hati kamu dalam keadaan yang kacau, agar kamu bisa mengambil hikmah dari kejadian yang sudah menimpa dirimu, untuk kamu jadikan bekal pribadi di kemudian hari.

Baca Juga  Cermati Apa Itu Multitasking dan Cobalah untuk Menghindarinya
3. Ubah Kesalahan dan Penyesalan Menjadi Sebuah Motivasi

Dalam hidup kamu pastinya memiliki kesalahan yang tak sengaja atau sengaja kamu perbuat, serta rasa penyesalan yang biasanya timbul setelah kesalahan tersebut kamu lakukan. Kedua perasaan yang timbul tersebut memang begitu mengesalkan, tetapi kamu sebaiknya tidak terus terpaku pada dua perasaan tersebut, sebab hal itu nantinya malah akan menjadi penyakit hati.

Sebaiknya kamu jadikan kesalahan dan penyesalan kamu sebagai motivasi besar, untuk bisa merubah dirimu ke arah yang lebih baik. Jadikan kesalahan dan penyesalan kamu sebagai ajang pembuktikan untuk diri kamu sendiri, bahwa kamu tidak bisa dikalahkan hanya karena kesalahan yang pernah kamu perbuat.

4. Jadikan Masa Lalu Sebagai Pelajaran Berharga

Masa lalu yang kamu miliki mungkin membuat kamu merasa kecewa dan enggan untuk mengingatnya, tetapi sebaiknya hal itu malah jadikan sebagai pelajaran yang berharga. Sebab, menyimpan rasa penyesalan yang panjang hanya akan membuat hidupmu tidak tenang. Oleh karena itu, biarlah masa lalu burukmu sebagai dokumen usang yang ada di pikiran kita.

5. Lakukan Me Time

Menurut penelitian, me time terbukti mampu memberikan dukungan untuk diri sendiri entah secara mental maupun emosional. Dengan me time itulah berikan kesempatan otak kamu, untuk bisa menjernihkan pikiran sekaligus untuk menenangkan tubuhmu.

Cobalah untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bisa membuat dirimu produktif. Kamu bisa me time dengan bermain gitar, mendengarkan musik atau mengakses media sosial untuk melihat konten-konten yang menghibur. Gunakanlah waktu me time-mu untuk merubah dirimu agar menjadi lebih baik.

6. Cobalah untuk Menikmati Alam Sendirian

Cobalah untuk berhenti memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya kamu khawatirkan. Cobalah untuk keluar dari rumah dan nikmati alam yang indah. Alam ini bisa membantu kamu untuk merefleksikan diri, sehingga kamu bisa mensyukuri kehidupanmu yang begitu berharga.

Baca Juga  Bingung Bagaimana Cara Menghadapi Teman yang Bossy? Simak Ini!

Jangan pernah menyianyiakan kehidupanmu untuk meratapi keadaan. Cobalah untuk membuang jauh-jauh pikiran negatif kamu dengan mengalihkan fokus kamu pada alam yang indah itu.

7. Lakukan Kegiatan Menulis

Self healing sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah kamu bisa melakukan kegiatan menulis. Cobalah untuk menulis segala sesuatu yang kamu risaukan dalam bentuk menjadi sebuah karya. Kamu tidak perlu berpikir apakah tulisan kamu berkualitas atau tidak, sebab hal itu akan secara otomatis meningkat apabila kamu rutin menulis.

Manfaat menulis ini kamu bisa menjadi seseorang yang bisa mencari solusi dari permasalahan yang kamu miliki, sebab pemikiran yang inovatif bisa saja muncul secara tidak terduga saat kamu tengah menulis. Sehingga, hal inilah yang bisa membantu kamu dalam menemukan benang merah dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

8. Jauhi Orang-Orang yang Toxic

Banyak orang yang bilang, bahwa sebaiknya kamu menjauhi orang yang tidak menyukaimu atau orang yang memiliki watak yang buruk. Hal itu bukanlah sesuatu yang salah, tetapi malah sesuatu yang benar sebab dengan menjauhkan dirimu dari orang-orang yang toxic, bisa membantu kamu untuk tidak mengalami hal-hal yang tidak kamu inginkan. Kamu juga tidak harus merasa sakit hati atau makan hati jika harus melihat, mendengar, atau melakukan suatu hal yang tidak kamu sukai.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan self healing yang sederhana. Kamu memerlukan self healing untuk bisa berdamai dengan kehidupan kamu, yang mungkin kamu rasa permasalahan yang kamu miliki sudah begitu penuh.

Namun, walaupun self healing itu penting, tetapi kamu juga harus tahu kapan kamu harus memulai self healing dan kapan kamu harus berhenti.

Comment

Artikel Terkait