by

Penasaran Dengan Tips Mengatur Waktu Antara Pekerjaan Rumah dan Karir? Yuk Simak Ini!

Mengatur waktu antara pekerjaan rumah dan karir, memang bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena memiliki dua peran, bukanlah hal sepele yang harus dilakukan. Maka, apabila kamu dalam posisi tersebut, kamu perlu strategi yang tepat dalam menghadapinya.

Pasalnya, jika tidak menggunakan strategi yang tepat, bisa berakibat fatal nantinya. Bukannya semua urusan selesai, malah akan menambah pekerjaan. Strategi ini pun dilakukan secara konsisten, sehingga dapat membantumu lebih mudah mengelola waktu yang kamu miliki.

Tips Mengatur Waktu Antara Pekerjaan Rumah dan Karir

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, tentu mengelola waktu dengan baik merupakan sebuah keharusan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, keduanya dapat berjalan secara bersamaan. Lalu apa saja tips untuk menyeimbangkan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah maupun karir? Simak informasi berikut dengan seksama.

1. Mencatat Jadwal

penyelenggara kalender - jadwal potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cobalah untuk mencatat semua aktivitas yang akan kamu jalankan atau lakukan. Dari mulai urusan rumah hingga pekerjaan di kantor. Misalnya, kamu harus bangun pagi pukul 04.00, kemudian beres-beres dan memasak. Cobalah untuk mencatat setiap waktu dengan detail. Usahakan pula, kamu mengikuti jadwal yang dibuat. Meskipun terkesan mudah dan simpel, tetapi ketika dijalankan tentu tidak semudah itu.

Jika kamu mengalami kesulitan seperti ini, usahakan untuk tetap memaksakan diri melakukan semua itu. Seiring berjalannya, waktu kamu akan terbiasa. Selain mencatat apa yang menjadi tugasmu, kamu pun perlu mencatat hari liburmu, baik untuk pekerjaan rumah maupun kantor. Bicarakanlah secara baik-baik dengan suami. Dimana, pada hari tersebut kamu dapat menggunakan untuk me time, berkunjung ke keluarga atau yang lainnya.

2. Membuat To DO List

foto meja berbaring datar - jadwal potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Hal ini akan memudahkan untuk mengecek deadline atau agenda mana yang belum selesai dan telah selesai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyelesaikannya.

Baca Juga  4 Kreasi Olahan Daging Sapi, Variasi Olahan yang Enak dan Khas!

Selain itu, dengan cara seperti ini kamu dapat mengetahui, mana yang prioritas dan mana yang bukan. Maka, untuk mendapatkan data seperti itu, kamu perlu mencatat kegiatan atau deadline mendesak untuk menempati urutan nomor satu atau paling atas untuk diselesaikan pekerjaannya. Dengan begitu, pekerjaan pun tidak akan terlewat maupun melewati batas deadline yang diberikan.

3. Cobalah untuk Bangun Lebih Pagi

gambar tampilan belakang seorang wanita melakukan peregangan setelah bangun di kamar tidur - bangun pagi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Seperti pepatah, bahwa bangun pagi membawa rezeki. Meskipun di sini, konteks rezeki itu bukan pada uang atau materi. Namun, menyoroti waktu yang kamu miliki. Bukankah, waktu pun termasuk rezeki yang harus disyukuri? Maka dengan memiliki banyak waktu, memungkinakan kamu dapat membereskan rumah sesuai dengan jadwal yang telah tertera.

Selain itu, cobalah untuk bekerja sama dengan suami, sehingga pekerjaan rumah dapat diselesaikan dengan baik dan cepat. Kamu pun tidak akan ketinggalan sarapan, menggunakan pakaian terbaik, pikiran lebih terbuka, badan lebih fit dan lain sebagainya. Selain itu, kamu pun tidak perlu terburu-buru karena waktu bekerja semakin dekat.

4. Menyamakan Jadwal dengan Sang Buah Hati

ibu cina asia membawa bayi laki-lakinya dari tempat tidur di pagi hari bangun - bangun pagi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki buah hati, ada baiknya jadwal yang kamu miliki disesuaikan dengan sang buah hati. Dengan begitu, kamu memiliki waktu libur yang sama dengan sang buah hati. Tentu hal tersebut dapat membuat kamu bisa berkumpul dengan anak maupun suami.

Namun, apabila sang buah hati belum masuk sekolah. Kamu dapat menanyakan kegiatan besar sang buah hati, seperti jadwal cek pemeriksaan kesehatan, berlatih renang dan lain sebagai sebagainya. Dengan begitu, kamu dapat menemaninya tanpa harus mengganggu jadwal pekerjaan.

4.  Usahakan Tidak Gengsi Dalam Meminta Bantuan

keuangan bulanan - suami bantu istri potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Apabila kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan rumah, kamu dapat meminta bantuan kepada suami. Namun, pastikan kamu pun menanyai suami terlebih dahulu. Apakah dia memiliki pekerjaan mendesak atau tidak.

Baca Juga  Cara Membuat Pewangi Ruangan Alami: Gampang Dibuat dan Murah Meriah

Bahkan apabila kamu sedang merasa terjepit oleh waktu, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan mertua maupun orang tua untuk menjaga sang anak saat kamu bekerja. Hal ini umumnya dilakukan ketika belum menemukan atau tidak ada baby sister. 

5. Mengurangi Waktu untuk Nonton

streaming online dengan tablet pc - nonton potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Apakah kamu menyukai nonton film maupun drama? Memang tidak ada salahnya untuk menonton sebuah film maupun drama. Hal tersebut bahkan dapat menjadi obat penat kamu setelah seharian bekerja. Namun, yang perlu kamu garis bawahi adalah waktu yang kamu habiskan untuk menonton. Usahakan, waktu kamu menonton tidak lebih dari satu atau dua jam.

Dengan begitu, urusan rumah maupun kantor dapat kamu seimbangkan. Kecuali, jika memang kamu sedang libur dan kamu memang sedang me time. Hal tersebut boleh kamu lakukan melebihi dua jam. Namun, pastikan bahwa jadwal ini sudah kamu diskusikan dengan suami.

6. Mengurangi Durasi Bermain Sosial Media

kehidupan jejaring sosial di ponsel anda. tangan memegang mockup yang dapat diedit smartphone. tempatkan teks ke dalam ilustrasi. kehidupan kantor, bermain dengan telepon alih-alih bekerja. buang waktu dengan tergantung di platform sosial - main hp ilustrasi stok

Di Era yang serba canggih ini, hampir semua orang memiliki akun sosial media. Selain itu, banyak orang yang menghabiskan waktunya memainkan sosial media. Maka, jika kamu termasuk orang yang suka hanyut memainkan sosial media.

Mulailah untuk mengurangi waktu dalam mengakses sosial media. Misalnya, ketika memang butuh informasi atau membatasi waktu sampai 30 menit misalnya. Dengan begitu, waktu untuk yang kamu miliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain itu, usahakan untuk tidak memainkan sosial media ketika bekerja, baik di rumah maupun di kantor.

Tips mengatur waktu antara pekerjaan rumah dan karir memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun, bukan berarti tidak bisa diseimbangkan. Maka, untuk menyeimbangkan cobalah beberapa tips di atas. Lakukan secara perlahan ya sob.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya