by

Masak Itu Mudah kok, Ikutin 11 Tips Belajar Memasak untuk Pemula Berikut Ini yuks

Memasak merupakan salah satu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan primer manusia. Bagi sebagian orang memang kegiatan memasak ini merupakan salah satu kegiatan yang sulit karena harus bisa ulet, cepat dan tepat waktu agar masakan yang dibuat bisa matang sempurna.

Buat kamu yang baru belajar memasak, kamu jangan takut untuk terus mencoba memasak ya sobat. Berikut ini tips belajar memasak untuk pemula.

1. Kenali Nama serta Fungsi dari Bumbu Dapur
berbagai rempah-rempah dan rempah-rempah india dalam sendok kayu. peletakan datar rempah-rempah bahan cabai, paprika, peppercorn, thyme kering, kayu manis, adas bintang dan bubuk kari pada kayu lusuh. - herbs potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Tips belajar memasak untuk pemula yang pertama ialah mengenal dahulu nama serta fungsi dari bumbu dapur. Bumbu dapur memegang peranan penting dalam masakan, sebab bumbu dapurlah yang memberikan cita rasa lezat. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengenali nama serta fungsi dari bumbu dapur ini.

Kamu harus bisa membedakan yang mana itu lengkuas, jahe, kunyit, gula, garam dan lain sebagainya. Kamu juga harus bisa membedakan fungsi dari setiap bumbu dapur tersebut, contohnya seperti gula yang digunakan untuk menimbulkan rasa manis, garam membuat makanan menjadi asin dan merica yang akan menimbulkan rasa pedas pada makanan.

2. Kenali Nama dan Fungsi Peralatan Memasak
peralatan dapur vintage thailand di rumah - cooking ware potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Setelah kamu paham mengenai nama dan fungsi dari bumbu dapur, kamu juga harus bisa mengenali nama serta fungsi dari peralatan memasak. Tanpa peralatan memasak kamu tidak akan bisa memasak.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengenalinya. Contohnya seperti, kamu harus bisa membedakan mana pisau untuk memotong bumbu, pisau untuk memotong daging, panci untuk mengukus, panci untuk merebus dan lain sebagainya.

3. Pilih Bahan-Bahan yang Segar dan Berkualitas
bumbu makanan dan bahan rempah-rempah di nampan kayu. - herbs potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Saat memasak kamu pasti akan membutuhkan bahan-bahan yang segar. Oleh karena itu, kamu harus bisa menguasai cara untuk memilih bahan masakan yang segar ini.

Baca Juga  Masih Muda Kok Udah Beruban? Yuk Simak Faktanya!

Contohnya, kamu harus bisa membedakan mana bumbu masak dan bahan-bahan masakan, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, terong, sawi dan lain sebagainya yang masih segar dan tidak busuk untuk diolah. Bahan yang segar ini bisa membuat makanan menjadi sedap dan tidak berbahaya ketika dikonsumsi.

4. Gunakan Peralatan Memasak yang Berkualitas
koki tossing sayuran menyala - wok potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Tak hanya menggunakan bahan masakan yang berkualitas, kamu juga harus menggunakan peralatan memasak yang berkualitas pula.

Apabila kamu baru akan membeli peralatan memasak ini, kamu bisa memilih peralatan masak yang memiliki bahan tebal, bisa meratakan panas agar membuat makanan bisa matang secara merata, dan pastinya masih baik-baik saja atau tidak karatan.

5. Pelajari Teknik Memasak yang Paling Dasar

Sebelum kamu mencoba memasak makanan yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, kamu sebaiknya mempelajari teknik memasak yang paling dasar terlebih dahulu.

Contoh teknik memasak paling dasar yang bisa mulai kamu pelajari ialah teknik mengupas, mengiris, menumis, memotong, sampai dengan teknik memanggang. Apabila kamu sudah bisa mempelajari teknik dasar ini, kamu akan dengan mudah untuk mengolah berbagai macam makanan.

6. Cari Resep yang Gampang Dulu dan Ikuti Langkah-Langkahnya dengan Baik
memasak makanan menggunakan resep di tablet digital - recipe potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Buat kamu yang baru belajar memasak, pastinya kamu akan mencari terlebih dahulu resep makanan di internet atau bertanya pada orang yang lebih tau.

Oleh karena itu, kamu bisa mencari resep makanan yang mudah terlebih dahulu kemudian kamu ikuti langkah-langkahnya dengan baik. Salah satu resep makanan yang bisa dengan gampang kamu ikuti ialah resep membuat nasi goreng, tempe goreng, tahu goreng dan lain sebagainya.

7. Belajarlah untuk Mengetahui serta Menentukan Tingkat Kematangan Bahan
masak
istockphoto

Salah satu tanda suatu masakan layak untuk dikonsumsi ialah bisa dilihat dari kematangannya. Apakah makanan tersebut belum matang, setengah matang, matang, atau terlalu matang.

Baca Juga  Manfaat Jahe dan Cara Mengolahnya, Bagus Untuk Kesehatan Lho!

Yang paling pas, sebaiknya kamu jangan memasak makanan terlalu lembek, keras, apalagi sampai tidak matang. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghitung dan memperkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai tingkat kematangan makanan tersebut.

8. Mulailah dengan Makanan untuk Sarapan
close-up masakan tumis asia dalam wajan - fried rice potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Bukannya makan itu harusnya tiga kali dalam sehari ya? Kok cuma disuruh masak buat sarapan? Mungkin kamu akan bertanya-tanya seperti ini di tips belajar memasak untuk pemula pada poin yang kedelapan ini.

Dan jawabannya ialah kamu memang boleh-boleh saja memasak untuk hidangan makan siang atau makan malam, tetapi karena kamu masih belajar memasak, sebaiknya kamu buat masakan untuk sarapan dahulu, sebab makanan untuk sarapan ini cenderung lebih gampang dan tidak serumit memasak makanan yang akan dimakan saat siang atau malam hari.

9. Biarkan Orang Lain Mengomentari Masakan Kamu
pasangan muda mencicipi makanan setelah memasak bersama di rumah - tasting food potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Untuk merasakan apakah masakan kamu enak atau tidak kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk menilainya. Biarkan orang tersebut mengomentari masakan kamu secara jujur, apakah terlalu manis, terlalu asin, atau malah kurang manis atau kurang asin. Jika perlu, kamu sekalian meminta tips kepadanya untuk memperbaiki masakan kamu.

10. Berlatih Memasak Secara Teratur
pria memotong seledri dan memasak salad segar vegan dengan sayuran. ponsel pintar layar kosong dan notebook untuk perencanaan diet harian. diet vegetarian dan vegan. gaya hidup berkelanjutan, makanan nabati. - daily cooking potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Namanya belajar kamu mungkin sesekali mengalami kegagalan saat memasak, oleh karena itu, jangan merasa puas terlebih dahulu dengan masakan kamu. Sembari memperbanyak referensi kamu dalam memasak, dengan berlatih memasak secara teratur ini juga bisa membuat kamu lancar serta paham dalam memasak.

11. Bereskan dan Bersihkan Peralatan Memasak Setelah Digunakan
latar belakang peralatan dapur - clean cooking utensils potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Menjaga kebersihan di manapun kamu berada, termasuk di dapur, merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, kamu harus mau membereskan serta membersihkan peralatan memasak dan mengembalikan kembali, bahan-bahan yang tidak digunakan ke tempat yang seharusnya.

Baca Juga  Gampang Stres? Awali Harimu Dengan 6 Rekomendasi Sarapan Bergizi Ini

Hal ini untuk menjaga agar dapur kamu tetap bersih dan buat kamu yang memiliki anak bayi atau anak kecil, benda-benda tajam seperti pisau dapur tidak akan mengenai anak kamu.

Itu tadi tips belajar memasak untuk pemula. Saat kamu pertama kali belajar memasak mungkin kamu masih mengalami kegagalan. Namun, kamu sebaiknya jangan menyerah begitu saja, sebab apabila kamu ulet, pasti kamu akan jago memasak.

Comment

Artikel Terkait