by

Kesal Banyak Tikus di Rumah? Berikut Ini 10 Cara Mengusir Tikus yang Bisa Kamu Coba

Adanya tikus di dalam rumah menjadi salah satu permasalahan yang memang sangatlah dirasa mengesalkan. Hewan pengerat yang memiliki tubuh kecil dan pemakan segala jenis makanan ini, kerap diburu karena dirasa merugikan manusia, karena suka merusak dan memakan barang-barang perabot rumah.

Permasalahan inilah yang membuat orang merasa kesal dan mencoba berbagai cara untuk mengusir tikus tersebut. Buat kamu yang juga ingin menghalau tikus, simak yuk caranya berikut ini.

1. Menggunakan Lada Hitam

lada hitam - lada hitam potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara mengusir tikus yang pertama ialah kamu bisa menggunakan lada hitam. Alasannya ialah lada hitam ini mengandung bahan kimia bernama piperin yang beracun untuk tikus. Dengan menaburkan lada hitam ini, dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus dan membuatnya tidak nyaman.

Kamu bisa menaburkan lada di beberapa tempat yang berpotensi menjadi rumah tikus, contohnya seperti di belakang lemari es, mesin cuci, di sekitar dinding, di dekat sampah dan di celah-celah bagian rumah.

2. Gunakan Bawang Bombay

bawang emas pada latar belakang kayu pedesaan - bawang bombay potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu bisa mengusir tikus dengan menggunakan bawang bombay, karena tikus tidak bisa mentolerir bau dari bawang bombay. Kamu dapat menggunakan bawang bombay dengan cara mengupas dan mencicangnya, kemudian letakkan bawang bombay di tempat yang ditinggali tikus, kemudian jangan lupa untuk menggantinya apabila sudah membusuk.

3. Gunakan Bola Kapas untuk Diolesi Peppermint

ekstrak mint dalam stoples kecil. fokus selektif. - peppermint potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara Mengusir Tikus selanjutnya ialah kamu bisa menggunakan minyak peppermint, minyak ini diketahui memiliki bau yang tidak disukai tikus dan bisa membuat tikus pergi. Untuk mengusir tikus ini, kamu bisa mengoleskan sebanyak 25 sampai dengan 30 tetes minyak peppermint ke bola kapas, dan menaruhnya di tempat-tempat di mana tikus kerap ditemukan.

4. Semprot Tikus Menggunakan Minyak Kayu Putih

esensi pinus di atas meja dalam botol kaca yang indah - minyak kayu putih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Minyak kayu putih memiliki arom yang kuat, tidak hanya tikus, kamu sendiri pasti juga mengakui jika minyak kayu putih memiliki aroma tersebut. Aroma kuat dari minyak kayu putih inilah yang bisa membantu kamu untuk mengusir hewan pengerat ini.

Baca Juga  Tampil Cantik Dengan Tips Mix Match Baju Lebaran Berikut Ini

Menurut penelitian dalam “The Scientific World Journal” pada tahun 2014 lalu, kamu bisa menggunakan larutan minyak kayu putih dengan konsentrasi 5% untuk mengusir tikus. Cara menggunakan minyak ini untuk mengusir tikus sangatlah gampang, kamu tinggal menyemprotkannya di tempat-tempat yang biasa dikunjungi hewan pengerat ini.

5. Letakkan Adonan Amonia di Tempat yang Sering Tikus Kunjungi

fokus selektif larutan amonia atau amonium hidroksida dalam botol amber kaca di dalam laboratorium kimia dengan ruang copy. - amonia potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Amonia memiliki aroma yang hampir sama dengan aroma yang biasanya dikeluarkan oleh hewan predator seperti kucing. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bahan ini untuk mengusir tikus, caranya ialah kamu bisa mencampurkan dua cangkir amonis dengan 6,5 ons air dan dua sendok detergen, kemudian masukkan larutan tadi ke dalam mangkok dan letakkan di arena yang kerap dilewati tikus. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mengolah adonan tadi.

6. Semprotkan Cairan Pemutih di Area yang Kerap Dilalui Tikus

botol cairan pencuci piring, pembersih kaca dan ubin dan spons di latar belakang hijau. - pemutih potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cairan pemutih atau yang biasa disebut dengan bleach, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembersih rumah bisa juga kamu gunakan untuk mengusir tikus. Cara penggunaannya ialah kamu bisa mengencerkan cairan pemutih tersebut menggunakan air, agar baunya tidak terlalu menyengat kemudian semprot-semprotkan larutan di area yang kerap dilewati tikus. Tak hanya bisa mengusir tikus, cairan pemutih ini juga bisa mendesinfeksi area yang tak sengaja kena kotoran, darah dan urin tikus.

7. Gunakan Perangkap Tikus

perangkap tikus - mousetrap  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Perangkap tikus menjadi salah satu benda yang efektif bisa kamu gunakan untuk mengusir tikus. Perangkap tikus ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa kamu temukan di pasaran, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, lebih baik kamu gunakan perangkap tikus yang bisa menangkap tikus tanpa membunuhnya. Untuk menarik tikus agar masuk ke dalam perangkap, kamu bisa menaruh umpan makanan di dalam perangkap, kemudian secara otomatis tikus akan masuk ke dalam perangkap tersebut. Setelah itu baru kamu bisa melepaskan tikus ke luar rumah.

Baca Juga  6 Poin Penyebab Zoom Tidak Keluar Suara Beserta Cara Mengatasinya
8. Rajin Bersih-Bersih Rumah

wanita muda asia membersihkan lantai dengan pel di ruang cuci. - menyapu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tikus merupakan hewan yang menyukai tempat-tempat yang gelap dan sempit untuk bersembunyi, sehingga salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengusirnya, ialah dengan menghilangkan tempat persembunyiannya.

Kamu bisa membersihkan rumahmu secara menyeluruh dan berikan perhatian khusus untuk bagian rumah yang penuh dengan barang-barang, buanglah sampah pada tempat yang tertutup, dan kamu bisa melakukan pemeliharaan kebersihan pipa dan saluran pembuangan secara berkala.

9. Gunakan Alumunium Foil yang Dibentuk Bola-Bola

bungkus aluminium foil mengkilap putih pada latar belakang putih. - alumunium foil potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara mengusir tikus selanjutnya ialah degan menggunakan alumunium foil. Tikus merupakan hewan yang tidak tahan dengan suara dan rasa dari alumunium foil. Oleh sebab itu, kamu bisa membasmi tikus menggunakan benda tersebut. Caranya ialah kamu bisa membuat bola-bola alumunium foil, kemudian letakkan di tempat-tempat yang kerap tikus lalui.

10. Tutup Semua Lubang yang Ada di Rumah

kunci pas blok hitam di latar belakang putih. alat untuk teknisi. - tutup lubang potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tikus kerap masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang hasil dari retakan dinding atau lantai. Oleh sebab itu, dengan menutup semua akses lubang yang ada di rumah, kamu bisa menghalangi kesempatan tikus untuk bisa memasuki rumah kamu. Kamu bisa menggunakan kayu, wol, batu, atau menutupnya dengan campuran semen agar tertutup secara permanen, atau menggunakan benda-benda yang lain.

Itu tadi 10 cara mengusir tikus dari rumah. Memang mengusir tikus dari rumah itu merupakan salah satu pekerjaan yang gampang-gampang susah, oleh karena itu, kamu harus sabar dan terus berusaha untuk mencoba berbagai cara agar tikus bisa keluar dari rumah kamu. Selamat mencoba, kawan!

Comment

Artikel Terkait