by

Kenali 5 Jenis Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasi Dengan Mudah

Kerusakan rambut menjadi kekhawatiran tersendiri yang dirasakan banyak orang, karena bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri dan kurang maksimalnya penampilan. Sayangnya, kerusakan rambut bisa terjadi secara alami melalui paparan sinar matahari, faktor biologis, hingga stres yang timbul dari diri sendiri.

Jenis-jenis kerusakan rambut pun berbeda-beda berdasarkan penyebabnya. Cara mengatasi setiap jenis kerusakan rambut juga berbeda, sehingga harus mendapatkan perawatan yang tepat agar hasilnya maksimal. Nah, berikut ini penjelasan dari jenis kerusakan rambut dan cara mengatasi yang tepat.

1. Rambut Rontok
Rambut rontok (Foto: istockphoto.com)

Masalah ini sering dialami oleh beberapa wanita yang cenderung disebabkan karena akar rambut yang tidak kuat. Penyebab rambut rontok yang menjadi faktor utama adalah, stres secara fisik maupun emosional, dan penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan rambut.

Bahan alam untuk rambut rontok yang bisa digunakan antara lain santan, lidah buaya, alpukat, teh hijau dan putih telur. Bahan-bahan tersebut, mampu mencegah kerontokan rambut dan menumbuhkan rambut kembali menjadi lebat seperti semula.

2. Rambut Bercabang
Close up of curly long hair with split ends Brunette, hair care, health, hand, woman, young, section split ends stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Ujung rambut bisa menambah cabang atau menjadi terbelah, karena disebabkan oleh penggunaan produk rambut tertentu, paparan sinar matahari dan kebiasaan styling rambut. Rambut bercabang ini jika dipegang seperti bertekstur kasar.

Cara mengatasi rambut bercabang adalah menggunakan kondisioner, memakai masker rambut, memanfaatkan gel lidah buaya, membilasnya dengan air lemon dan bisa juga mengoleskan minyak kelapa. Yang lebih sederhana adalah dengan memotong saja bagian ujung rambut.

3. Rambut Rusak Akibat Pewarnaan
Girl holding her hair in her hand. Hair care concept. Shampoo. Haircut needed. Girl holding her hair in her hand. Hair care concept. Shampoo. Haircut needed. damaged hair stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Pewarna rambut menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, sebelum pewarnaan dan setelah pewarnaan, biasanya diberlakukan perawatan agar rambut tidak rusak.

Baca Juga  Menderita Insomnia? Ini 5 Makanan Yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Untuk mengatasi rambut yang rusak akibat pewarnaan, kamu bisa menggunakan produk pelembap rambut, menggunakan kondisioner dan usahakan untuk tidak mewarnai rambut terlalu sering.

Perhatikan peringatan yang ada pada kemasan pewarna rambut, yang memberitahukan bahwa setidaknya butuh dua bulan, setelah pewarnaan untuk melakukan pewarnaan rambut lagi.

4. Rambut Rusak Akibat Pemanasan
Close up portrait of frustrated young brunette woman with messed hair on white background Close up portrait of frustrated young brunette woman with messed hair on white background damaged hair stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Rambut yang sering terkena paparan sinar matahari lebih rentan, mengalami kerontokan dan rambut bercabang yang berujung pada perusakan. Selain pemanasan yang alami, pemanasan akibat smoothing menggunakan catok atau alat pelurus rambut juga membuat rambut rusak.

Untuk mengatasi rambut rusak ini, kamu perlu melakukan perawatan antara lain menggunakan shampo khusus, memakai kondisioner dan mengoleskan vitamin rambut. Perawatan ini berfungsi untuk menutrisi rambut dan mengatasi rambut agar lebih kuat dan sehat.

5. Rambut Kering dan Tipis

 

The girl grabbed her head and screams for problems with dandruff and hair loss. Scalp fungus, stress and baldness, skin itching. Banner copy space for text, itchy head Dandruff in a woman dry and thin hair stock pictures, royalty-free photos & images
Foto: istockphoto.com

Ketika memegang rambut yang kasar dan tipis pasti rasanya tidak nyaman sehingga tidak bisa tampil percaya diri juga. Dilihat pun, rambut tidak memiliki daya tarik karena kering dan terlihat lebih rapuh. Rambut yang seperti ini mudah mengalami patah.

Terdapat bahan alam yang bisa mengatasi rambut kering dan tipis hingga kerapuhan, yaitu minyak kelapa, campuran dari telur, madu dan cuka apel, serta campuran minyak kelapa, gula, minyak esensial dan yoghurt.

Minyak kelapa cenderung memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, menutrisi dan mencegahnya dari kerusakan. Maka dari itu, minyak kelapa menjadi bahan alam yang paling aman untuk digunakan merawat rambut.

Minyak kelapa ini juga dijadikan bahan produk-produk kesehatan rambut. Jika bahan alam ini dicampurkan dengan yoghurt, madu dan sebagainya, maka kamu dapat memperoleh hasil yang maksimal hingga dapat mencegah kerusakan rambut lainnya (komplikasi).

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait