by

Kamu Overthinking? Ikuti Tips Bersikap Bodo Amat Ini Yuk!

Salah satu kondisi yang seringkali menjadi permasalahan bagi kaum remaja adalah overthinking. Saat ini, istilah tersebut tengah populer dan seringkali bertebaran di media sosial. Banyak kaum remaja yang mengalami overthinking setiap malam. Itulah mengapa, para remaja sebaiknya mengetahui tips bersikap bodo amat untuk diterapkan dalam kehidupan.

Karena overthinking yang dibiarkan terus menerus pun pada akhirnya tidak baik untuk kesehatan mental. Bisanya, overthinking disebabkan karena perasaan khawatir terlalu berlebihan terhadap sesuatu. Padahal, banyak hal yang memang sebaiknya diberikan sikap bodo amat. Karena beberapa hal akan terlalu berbahaya apabila dipikirkan terlalu mendalam.

Tips Bersikap Bodo Amat agar Tidak Mudah untuk Overthinking

Bersikap bodo amat yang dimaksud bukanlah bersikap acuh tak acuh terhadap segala hal di sekitar kamu. Melainkan, sikap bodo amat yang dimaksud adalah bersikap sederhana dan fokus terhadap diri sendiri. Tidak dapat dimungkiri bahwa overthinking pun seringkali disebabkan karena terlalu memikirkan omongan orang lain. Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Tidak Bersikap Khawatir untuk Sesuatu yang Tidak Dapat Diubah

I'm overthinking again Shot of a young woman sitting on the couch at home overthinking stock pictures, royalty-free photos & images

Tips pertama agar mampu bersikap bodo amat adalah dengan berusaha tidak khawatir, pada hal-hal yang berada di luar kendali kamu dan tidak dapat diubah. Sikap overthinking biasanya disebabkan pula karena manusia terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang tidak dapat diubah. Contoh kondisinya adalah ketika kamu tengah mengikuti sebuah lomba atau kompetisi tertentu.

Hal yang perlu dilakukan adalah berjuang serta berdoa. Apabila sudah melakukan hal itu, maka berikanlah yang terbaik untuk lomba tersebut. Terkait hasilnya sebaiknya diserahkan kepada Tuhan. Jangan terlalu overthinking terhadap hasil yang akan didapatkan, karena dipikirkan terlalu mendalam pun tidak akan pernah mengubah hasil yang sudah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga  Takut Boros Saat Menjelang Lebaran? Yuk Intip Tipsnya Agar Lebih Berhemat
2. Mulai dan Belajar Mencintai Diri Sendiri

Happy woman hugging herself Happy woman hugging herself. Positive lady expressing self love and care. Vector illustration for love yourself, body positive, confidence concept love your self stock illustrations

Tips berikutnya untuk bersikap bodo amat adalah mulai mencintai diri sendiri. Banyak pepatah yang mengatakan bahwa, cintailah diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena mencintai diri sendiri merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan agar tidak sering mengalami overthinking.

Karena rasa cinta terhadap diri sendiri akan memengaruhi pula tingkat tolerir pada diri sendiri. Apabila tingkat mencintai diri sendiri sudah tinggi, maka tingkat tolerir terhadap diri sendiri pun akan turut meningkat. Apabila sudah memiliki tingkat tolerir tinggi pada diri sendiri, maka akan lebih menghargai diri sendiri dan mampu bersikap bodo amat pada hal-hal menyakitkan.

3. Fokus Pada Tujuan dan Target yang Akan Dicapai

Little girl holding colorful balloons, jumping from one mountain top to the other; success/achievement concept, fantasy background with copy space Little girl holding colorful balloons, jumping from one mountain top to the other; success/achievement concept, fantasy background with copy space goals stock pictures, royalty-free photos & images

Setiap orang tentunya memiliki tujuan, target, serta cita-cita yang akan dicapai dalam kehidupannya. Untuk bersikap bodo amat dan menghindari overthinking, sebaiknya cobalah fokus terhadap pada tujuan tersebut. Apabila kamu fokus terhadap tujuan dan target yang sudah direncanakan, maka akan cenderung bodo amat serta tidak terlalu terpengaruh terhadap apapun.

Maka, mulai dari sekarang pastikan bahwa kamu hanya fokus terhadap tujuan serta target yang akan digapai. Jangan terlalu memikirkan hal yang sudah terjadi. Sebaiknya, jadikan saja pelajaran untuk di masa depan. Jangan pula terlalu memikirkan omongan orang lain. Karena satu-satunya orang yang paling mengetahui dan memahamimu adalah diri sendiri.

4. Selalu Berpegang Pada Prinsip yang Dimiliki

Motivated happy person and tired lazy colleague on goal accomplishment Motivated ambitious happy person reach goal, tired lazy distressed colleague lose hope stay behind. People aim or purpose achievement ways. Weakness and strength. Flat vector illustration. goals stock illustrations

Tips bersikap bodo amat selanjutnya adalah berpegang teguh terhadap prinsip. Setiap orang biasanya cenderung memiliki prinsipnya masing-masing dalam menjalankan kehidupan. Itulah mengapa setiap orang memiliki perjalanan hidup yang berbeda. Karena memang prinsip yang dipegang pun biasanya akan memengaruhi cara manusia melihat atau memandang dunia.

Baca Juga  Hai Bunda, Simak Berikut Ini Cara Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Tanpa adanya prinsip hidup, maka manusia akan terombang-ambing dalam kehidupannya. Karena prinsip pun dapat dikatakan sebagai pegangan manusia dalam menjalankan kehidupan. Dengan adanya prinsip yang teguh, manusia pun akan fokus terhadap dirinya sendiri dan bersikap bodo amat. Terlebih pada hal-hal yang tidak berpengaruh penting untuk hidupnya.

5. Menerima Kegagalan dalam Menjalankan Kehidupan

Unhappy girl sitting at bench Thoughtful woman in the park fail stock pictures, royalty-free photos & images

Dalam menjalankan kehidupan, kegagalan merupakan sebuah hal lumrah yang akan terjadi. Karena hidup tidak hanya tentang keberhasilan atau pencapaian. Namun, beberapa kali manusia pun akan dihadapkan dengan kegagalan sebagai pembelajaran dalam hidup. Apabila tidak mengetahui kegagalan, maka cenderung sulit untuk menikmati keberhasilan.

Oleh sebab itu, cobalah menerima dan memaklumi diri sendiri apabila mendapatkan sebuah kegagalan. Usahakan jangan menyalahkan diri sendiri terhadap yang sudah terjadi. Dengan begitu, perlahan kamu akan memiliki sikap bodo amat terhadap sesuatu yang sudah terjadi. Karena sesuatu yang sudah terjadi tidak dapat diulang dan hanya dapat dijadikan pembelajaran.

6. Tidak Ikut Menggosip dengan Siapapun

Mindfulness Vibrant Illustration With Hand Drawn Elements Vibrant hand drawn illustration depicting mindfulness concept. slowly life stock illustrations

Tips terakhir agar bersikap bodo amat adalah dengan tidak ikut menggosip dengan siapapun. Karena dengan menggosip, maka kamu akan cenderung selalu kepo dengan urusan orang lain. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu penghalang terbesar untuk bersikap bodo amat. Sehingga mungkin nantinya kamu akan merasa kesulitan untuk fokus terhadap diri sendiri.

Jangan terlalu kepo terhadap urusan atau kehidupan orang lain, agar orang lain pun tidak terlalu ikut campur terhadap urusan dan kehidupanmu. Fokuslah pada diri sendiri, lakukanlah yang terbaik dan jadilah versi terbaik untuk diri sendiri. Apabila terdapat teman-temanmu yang menggosipkan orang lain, sebaiknya jangan ikut bergabung dan jauhi saja hal tersebut.

Baca Juga  Punya Masalah Kulit Komedo? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Komedo

Tips bersikap bodo amat sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja, diperlukan adanya komitmen dengan diri sendiri. Apabila sudah mampu bersikap bodo amat, maka akan menjadi keuntungan pula untuk diri sendiri. Karena kamu tidak akan lagi mengalami overthinking yang berlebihan dan dapat hidup lebih tenang serta tentram.

Comment

Artikel Terkait