by

Kamu Harus Tahu 8 Tips Menjadi MC Pemula untuk Performa yang Bagus

Master of Ceremony atau yang biasa disebut dengan MC atau pembawa acara, merupakan salah satu pekerjaan yang beberapa orang dalami. Menjadi seorang MC tidaklah selalu mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa menjadi seorang MC yang handal.

Buat kamu yang tertarik untuk menekuni bidang yang satu ini, kamu harus tahu beberapa tips menjadi MC pemula seperti kamu.

1. Harus Percaya Diri

Yang pasti menjadi seorang MC haruslah bisa tampil di depan banyak orang. Oleh karena itu, dibutuhkan rasa percaya diri saat menjadi MC. Entah itu tadi acara resmi, tidak resmi, off air, on air, sedikit, atau banyak hadirin yang datang, seorang MC haruslah memiliki rasa percaya diri tersebut.

Dengan memiliki rasa percaya diri ini tadi bisa membantu kamu untuk menguasai panggung dan hadirin atau audiens, sehingga kamu bisa dengan mudah berinteraksi dan mengatur jalannya acara.

2. Skill Management yang Bagus

Seorang MC yang baik, selain memiliki kemampuan untuk memandu dan membawakan suatu acara, juga haruslah mengetahui secara mendetail mengenai acara, lokasi tempat berlangsungnya acara, siapa yang diundang saat acara tersebut, tokoh atau pejabat yang akan hadir, audiens yang datang dan seperti apa rundown acara dari penyelenggara acara.

Seorang MC ini juga harus bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti briefing dari penyelenggara acara, untuk memudahkan MC dalam mengatur managemen acara.

MC yang baik juga sebaiknya bisa melakukan riset sederhana ,mengenai topik yang akan dibahas saat acara berlangsung, tokoh, produk dan lain sebagainya. MC juga harus bisa mengatur waktu acara sesuai dengan rundown yang telah ditetapkan oleh panitia.

3. Bisa Beradaptasi dengan Lingkungan Sekitar

Maksud dari beradaptasi di sini ialah mengarah pada seorang MC harus bisa menyesuaikan diri dengan acara yang sedang dipandunya. Contohnya seorang MC harus bisa santai dan beberapa kali mungkin melemparkan candaan, saat berada di acara yang tidak formal dan santai.

Baca Juga  Sering Terkena Debu dan Polusi? Begini Cara Cerahkan Kulit Kusam Dengan Ampuh

Kemudian seorang MC juga harus bisa serius dan berbicara dengan sopan dan formal saat harus memandu acara formal. Kemudian walaupun MC yang mengatur dan memandu acara, tetapi bukan berarti ia tidak bekerja sama dengan panitia. Seorang MC juga harus tetap bekerja sama dan saling berkomunikasi dengan panitia penyelenggara.

4. Bersikap Baik

MC merupakan seseorang yang memandu suatu acara, oleh karena itu, seorang MC harus bisa menjaga perilakunya untuk tetap sopan santun entah dalam berbicara maupun dalam berperilaku.

Dengan terus bersikap baik, MC akan disenangi oleh pembicara, tamu undangan, dan audiens yang ada di sana, serta MC juga tidak menimbulkan kesan kurang mengenakkan pada seluruh hadirin yang ada di acara tersebut.

5. Bisa Mengolah Vokal

Saat sedang melaksanakan tugas menjadi MC, pastinya kamu nantinya berbicara dengan nada yang tidak seperti biasanya. Sebaiknya seorang MC memiliki suara yang baik, handal dalam mengolah nada kalimat, sehingga nada kalimatnya menjadi berirama dan tidak datar-datar saja.

Kemudian MC juga harus memiliki artikulasi atau pengucapan kata dan kalimat yang baik, harus bisa mengatur tempo atau kecepatannya dalam mengatakan suatu kata atau kalimat, memiliki kemampuan untuk mengatur nafas dengan baik, mampu mengeluarkan kekuatan suara tanpa harus berteriak, pandai memilih dan melakukan penekanan pada kata atau kalimat yang penting, mengeluarkan suara yang bisa mempengaruhi audiens, mengatur jeda saat berbicara, dan pastinya bisa menunjukkan perubahan nada suara tergantung dengan kalimat yang diucapkan.

6. Bisa Mengolah Bahasa dengan Bagus

Buat kamu yang memiliki keinginan kuat untuk berkecimpung di dunia per-MC-an, kamu sebaiknya harus bisa mengolah dan mengucapkan kata dan kalimat dari bahasa manapun dengan baik, entah itu bahasa Indonesia, bahasa inggris, atau bahasa asing lainnya.

Baca Juga  Cara Menyimpan Tomat Agar Tetap Fresh dan Tahan Lama

Seorang MC juga dituntut untuk bisa mengucapkan bahasa-bahasa daerah beserta artinya dengan baik, saat tengah memandu acara seperti pernikahan atau resepsi ketika memakai adat daerah tertentu.

Hal inilah yang menjadi alasan seorang MC dianjurkan untuk riset kecil-kecilan mengenai job yang ia terima, apalagi job tersebut saat diharuskan untuk mengisi acara-acara yang berkaitan dengan adat suatu daerah.

Kemudian tidak harus bahasa saja, MC juga harus bisa mengolah kata atau kalimat yang formal maupun non-formal. Dengan pandai mengolah bahasa ini MC bisa membuat audiens menjadi memahami apa yang tengah ia sampaikan.

7. Memiliki Wawasan yang Luas

Seperti seorang presenter atau jurnalis yang tahu banyak hal di berbagai macam bidang, MC sebaiknya bisa juga seperti mereka. Tidak harus mendalami semua hal secara mendalam, setidaknya seorang MC tahu dasar-dasarnya saja. Hal ini disarankan untuk dilakukan oleh MC, karena nantinya seorang MC akan ditawari untuk memandu banyak acara yang mengangkat tema dari berbagai hal, bisa mengenai kesehatan, ekonomi, bisnis, pendidikan dan lain sebagainya.

8. Bisa Menjaga Gestur Tubuh

Karena nantinya akan dilihat oleh banyak orang, otomatis kamu harus bisa menjaga gestur tubuh kamu ketika sedang memandu acara. Seorang MC harus bisa mengondisikan tubuhnya dengan tetap baik dan fleksibel sesuai dengan situasi saat acara berlangsung. Selain itu, dalam menyampaikan acara MC juga harus berbicara dengan baik dan tidak over acting.

Itu tadi beberapa tips menjadi MC pemula yang harus kamu ketahui. Beberapa tips tersebut menjadi tips dasar untuk membantu kamu dalam menjadi sosok MC yang baik dan profesional.

Comment

Artikel Terkait