by

Jarang Anda Ketahui, Daun Beluntas Ternyata Memiliki Banyak Manfaat yang Baik untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman beluntas yang berasal dari Indonesia ini? Jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman pagar ini, ternyata memiliki banyak sekali kandungan baik untuk kesehatan. Maka berikut ini, kita akan membahas tentang daun beluntas yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Daun beluntas merupakan salah satu tumbuhan semak, yang memiliki banyak cabang dan tingginya dapat mencapai 3 meter, apabila tanaman tersebut tidak di pangkas sama sekali. Oleh karena itu, tanaman beluntas atau Pluchea indica ini, sering dijadikan sebagai pagar pekarangan oleh masyarakat sejak zaman dahulu.

Tanaman ini sangat mudah tumbuh karena termasuk tanaman liar meski tidak memiliki banyak perawatan. Pemanfaatan daun beluntas banyak digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh. Maka berikut ini adalah manfaat baik daun beluntas untuk kesehatan yang jarang di ketahui oleh banyak orang.

Pertama, Daun beluntas dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Bau badan tentu menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama bagi kehidupan sosial baik para wanita maupun pria.

Maka mulai sekarang Anda jangan khawatir karena daun beluntas bisa menjadi solusi masalah tersebut. Minum air rebusan daun beluntas secara rutin, lalu bau badan yang kebetulan jadi teratasi.

Cara untuk menghilangkan bau badan yaitu rebus kurang lebih 15 gram daun beluntas, 5 gram pinang dan ¼ sendok teh garam dapur lalu campur dengan 3 gelas air, hingga hanya menjadi kurang lebih 1 gelas saja kemudian ssetelah dingin, saring dan minum airnya setiap 2 kali sehari.

Kedua, Membantu untuk mengatasi demam. Apakah Anda mengalami demam dan belum sempat untuk pergi ke dokter? Maka lakukan beberapa langkah ini untuk segera mengatasinya.

Baca Juga  Tak Disadari, Ternyata Kegiatan Rutin Ini Merupakan Rahasia Cantik Alami

Cara untuk membantu mengatasi demam yaitu, dengan mendiamkan 15 gram daun beluntas segar, ke dalam gelas yang berisi air panas, tunggu selama kurang lebih 5 menit lalu minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 gram daun segar, hingga matang, lalu diberi makan nasi pagi dan sore.

Ketiga, Dapat mengatasi keputihan. Daun beluntas yang biasa dikenal sebagai tumbuhan liar, banyak digunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh wanita. Daun beluntas dapat membuat keputihan ini berhenti total, dalam waktu yang cukup singkat.

Cara untuk mengatasi keputihan dapat dibagi menjadi dua yaitu.

Cara 1: Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 ruas jari kunyit,  4 helai jahe kering dan 1 jari kencur. Kemudian tambahkan 2 gelas air serta tunggu hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya, lalu setelah dingin saring ampasnya lalu diminum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing ½ gelas.

Cara 2: Siapkan sekitar 20 lembar daun beluntas, 1 akar tapak liman, rebus menggunakan segelas air hingga air tersisa setengahnya lalu minum ramuan ini sekali sehari.

Keempat, Daun ini dapat membantu untuk mengatasi nyeri karena haid pada wanita. Ketahui bahwa beberapa wanita merasakan sakit di perut saat haid, meski hal tersebut adalah wajar tapi rasa sakitnya cukup mengganggu, bahkan akan membuat penderitanya sulit bergerak.

Maka berikut ini adalah cara membuatnya, siapkan sekitar 20 lembar daun beluntas, kemudian cuci hingga bersih dan remas- remas hingga lumat dan terdapat aroma pahit. Lalu, seduh dengan menggunakan segelas air panas, dan tambahkan asam serta garam secukupnya. Setelah itu, saring ampasnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari selagi hangat.

Kelima, Dapat mengatasi hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi daun beluntas secara teratur.

Baca Juga  Tampil Cantik Dengan Tips Mix Match Baju Lebaran Berikut Ini

Cara untuk membuatnya yaitu rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya hingga mendidih, kemudian campuran tersebut diminum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Keenam, Meredakan sakit pada pinggang dan pinggul. Cara membuatnya dengan menyiapkan 1 ruas akar beluntas, 1 ruas ibu jari kencur, 1 ruas ibu jari temulawak dan 1 ruas ibu jari kunyit. Semua bahan tersebut kemudian direbus dengan menambahkan 1 gelas air, sampai airnya hanya tersisa setengah dan minum ramuan ini sekali sehari.

Ketujuh, Untuk mengatasi sakit perut. Jika Anda memiliki masalah pada perut,  maka Anda dapat mengonsumsi daun beluntas ini untuk mengatasinya.

Berikut adalah cara membuatnya, siapkan kurang lebih 20 lembar daun beluntas lalu cuci hingga bersih dan peras. Kemudian seduh menggunakan segelas air pana,  dan tambahkan asam serta garam secukupnya lalu saring, dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari selagi hangat.

Daun beluntas berwarna hijau cerah dan mengeluarkan aroma khas saat diremas dan daun ini memiliki rasa yang pahit. Daun beluntas mengandung cukup banyak senyawa aktif seperti flavonoid, alkanoid, minyak atsiri, tanin, asam klorogenat, kalium, natrium, aluminium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Oleh karena itu, daun beluntas memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan meskipun Anda jarang mengetahui maka setelah membacanya, Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Comment

Artikel Terkait