by

Jangan Sampai Salah Urutan, Begini Urutan Skincare yang Benar

Dalam melakukan perawatan wajah, kamu perlu menggunakan produk-produk kecantikan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, ada berbagai jenis produk yang ada di luar sana yang bisa dipakai dan perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Jenis-jenis produk itu sendiri memiliki peran masing-masing serta dilakukan secara berurutan. Jangan sampai salah urutan, sehingga skincare tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk menerapkan urutan skincare yang benar, lakukan seperti tahap berikut ini.

1. Cleansing Oil

Penggunaan cleansing oil di awal penggunaan urutan skincare bertujuan untuk memudarkan make up dan membersihkan wajah dari debu jalanan selama seharian. Hal ini juga membantu membersihkan kulit wajah yang berminyak.

2. Face Wash

Tujuan menggunakan face wash setelah mengaplikasikan cleansing oil adalah untuk membersihkan minyak berlebih pada wajah dan membuat wajah jauh lebih segar. Jenis face wash sendiri sangat banyak.

Pertama, face wash untuk kulit berjerawat dan berminyak. Kedua, face wash untuk mencerahkan kulit wajah. Dan ketiga, face wash untuk jenis kulit wajah kombinasi. Jadi, pilihlah produk yang sesuai jenis kulit kamu.

3. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan face wash, kamu dapat menggunakan toner untuk menyegarkan kulit, menghidrasi, dan menyeimbangkan tingkat pH (keasaman) kulit. Jangan lupa, untuk selalu pilih toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

4. Essence

Tahap skincare yang berikutnya adalah mengaplikasikan essence. Tahap ini berfungsi untuk mendorong fungsi skincare, sehingga bekerja lebih ampuh.

Essence merupakan cairan berbahan dasar air yang memiliki kandungan konsentrasi bahan aktif tinggi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan di dalamnya. Tekstur essence cenderung lebih kental dari air biasa dan toner.

5. Serum

Penggunaan serum cukup penting dalam tahap mengaplikasikan skincare. Maka dari itu, kebanyakan produk juga bernilai cukup mahal untuk memberikan efek yang baik untuk kulit. Penggunaan serum pada kulit wajah bertujuan agar terhindar dari permasalahan pada kulit.

Baca Juga  Tips dan Cara Trading Saham bagi Pemula yang Menghindari Resiko Tinggi

Kandungan serum pada skincare dapat membantu memperbaiki permasalahan pada kulit wajah dengan lebih cepat dan lebih ampuh.

6. Eye Cream

Bagi sebagian orang merasa tidak percaya diri dengan kantung mata hitam. Hal ini dikarenakan mata kelelahan dan sejenisnya sehingga dapat menghitamkan bagian bawah kelopak mata. Penggunaan eye cream bertujuan untuk mengembalikan warna kantung mata tersebut ke semula.

7. Moisturizer

Hampir semua orang melakukan tahap ini karena tahap ini juga tak kalah pentingnya dengan tahap skincare yang lain, yaitu melembapkan kulit wajah. Moisturizer dapat digunakan sebelum melakukan aktifitas di pagi hari agar wajah terlihat lebih segar dan terasa lembap.

Jenis moisturizer disertai kandungan yang dapat mencerahkan kulit wajah membuatnya banyak digunakan oleh masyarakat luas. Sifat moisturizer yang ringan tak jarang mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang menyebabkan kulit wajah terbakar.

Meski demikian, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari, karena moisturizer tidak dapat bekerja secara maksimal yang membuat kulitmu terlindungi.

8. SPF

Berikut adalah tahap skincare yang sering digunakan ketika akan bepergian jauh dan di bawah matahari yang terik. Penggunaan SPF berfungsi untuk menghindari kulit terbakar, akibat berada di bawah terik matahari dalam waktu yang lama.

Selain tahap-tahap di atas, kamu dapat menggunakan masker wajah sesuai kebutuhan seperti mencerahkan kulit, mengempeskan jerawat, dan mengencangkan kulit.

Masker wajah biasa digunakan satu minggu sekali secara rutin untuk mendorong fungsi skincare yang diaplikasikan setiap harinya.
Kamu juga dapat mengaplikasikan exfoliator untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah. Exfoliator ini cukup digunakan sekali dalam seminggu.

Kamu dapat menggunakan skincare yang sesuai dengan tipe wajahmu supaya masalah pada kulit wajah dapat teratasi dan menerapkannya pada kulit dengan urutan yang benar agar menuai hasil maksimal.

Baca Juga  7 Ide Usaha Kerajinan Daur Ulang yang Menarik Untuk dicoba

Gunakan pula produk yang sesuai dengan kulit wajahmu untuk menghindari iritasi dan kemunculan jerawat ataupun masalah kulit lainnya.

Comment

Artikel Terkait