by

Jangan Ambil Pusing! Begini Cara Menghadapi Guru Killer

Guru killer atau guru galak memang merupakan hal yang biasa di temukan di sekolah. Sebagai seseorang yang sering muncul di lingkungan sekolah setiap harinya, kamu perlu untuk mengenali dan mencari tahu cara menghadapi guru killer, supaya kehidupanmu di sekolah lebih terasa aman dan damai.

Masa sekolah, berlangsung cukup lama. Sehingga, sebisa mungkin kamu perlu merasa nyaman saat berada di sekolah. Jika kamu mengalami perasaan negatif ketika diajar oleh guru killer, berikut ini merupakan kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari dampak negatif tersebut.

Beberapa Cara Menghadapi Guru Killer di Sekolah yang Dapat Kamu Ikuti

Guru killer dengan pembawaannya yang galak, kerap kali membuat hati kamu tidak tenang saat sedang belajar karena rasa takut. Hal tersebut tentu saja akan membawa pengaruh yang kurang baik untuk kamu. berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi guru killer

1. Kenali Terlebih Dahulu Karakter Dari Guru Killer Tersebut

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam upaya menghadapi guru killer, yakni dengan mengenali terlebih dahulu karakter dari guru tersebut. Dengan mengenal kepribadian dan mengetahui hal-hal apa saja yang disukai atau tidak disukai guru tersebut, kamu menjadi tahu bagaimana cara bertindak di depan guru tersebut.

Misalnya, jika guru tersebut tidak menyukai suasana kotor dan keterlambatan. Sebisa mungkin, kamu dan teman-teman kelas lainnya membersihkan ruang kelas terlebih dahulu, dan usahakan untuk datang lebih awal supaya tidak terlambat dan menimbulkan masalah.

2. Ubah Cara Pandangmu Terhadap Guru Killer

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengubah cara pandangmu pada guru tersebut. Setelah kamu mengetahui terkait karakter dari guru tersebut, maka kamu akan tahu juga mengenai perilaku atau hal-hal apa yang dapat memicu kemarahan dari guru.

Baca Juga  Tips Berburu Barang Diskon di E-Commerce, Agar Tak Menguras Dompet

Yang bisa kamu lakukan adalah melihat semua itu dari sudut pandang positif. Tanamkan dalam dirimu bahwa segala sesuatu selalu ada hal positif di dalamnya. Dengan berpikiran positif kepada guru killer kamu, maka kamu akan lebih merasa tenang saat bertemunya di kelas.

3. Hindari Perasaan Membenci Guru Killer

Walaupun seringkali kamu tidak sepaham dengan guru killer, tetapi tanamkan dalam diri untuk tidak membenci gurumu. Perasaan benci pada guru akan berdampak pada proses belajar kamu. Kamu akan cenderung sulit untuk paham atau menerima materi yang disampaikan oleh guru killer, karena perasaan benci tersebut.

4. Kuatkan Hati dan Jangan Mudah Tersinggung

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi guru killer adalah dengan menguatkan hati dan jangan mudah tersinggung. Perkataan atau ucapan yang dilontarkan oleh guru killer memang seringkali menyinggung perasaan.

Untuk menghadapi hal tersebut, kamu perlu untuk lebih menguatkan hati dan menerima semuanya. Atau kamu bisa juga menahan perasaan kamu saat sedang bersama guru tersebut, dan luapkan emosi kamu setelah menyelesaikan urusanmu dengan guru killer tersebut.

5. Lakukan Persiapan Sebelum Kelas dimulai

Sebelum pelajaran dari guru killer dimulai, ada baiknya untuk kamu mempersiapkan diri sebelumnya. Kamu bisa menyiapkan mental dan melakukan persiapan lain seperti belajar di rumah, mengenai materi yang sedang atau akan dipelajari di kelas guru killer.

Supaya persiapan tersebut terasa menyenangkan dan tidak membosankan, kamu bisa melakukan belajar bersama temanmu yang lainnya. Dengan melakukan belajar bersama sebelum kelas, kamu akan lebih menguasai materi karena akan banyak sesi diskusi bersama temanmu.

6. Bersikap Santai dan Sopan Pada Guru Killer

Cara selanjutnya yakni dengan selalu bersifat sopan terhadap guru killer. Kamu perlu untuk selalu mengusahakan agar tetap santai saat pelajaran guru killer dimulai. Jangan pernah untuk memikirkan hal-hal negatif, karena akan berdampak buruk pada proses pembelajaran kamu selama di kelas.

Baca Juga  Kiat Mengajar agar Tidak Membosankan bagi Seorang Guru

Lalu, kamu juga perlu untuk selalu bersifat sopan pada guru tersebut. Contoh sikap sopan yang bisa kamu lakukan adalah yakni menghargainya, ketika guru sedang menjelaskan materi dengan selalu memperhatikan dan merespon, saat guru tersebut melontarkan pertanyaan. Pastikan juga untuk mengucapkan kata-kata yang baik saat kamu hendak menjawab pertanyaan dari guru.

7. Menjadi Pribadi yang Lebih Rajin

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi guru killer, yaitu dengan mengubah diri menjadi sosok yang lebih rajin. Guru killer biasanya sering memberikan kuis atau tugas dadakan saat sedang berada di kelas.

Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih rajin dengan selalu mengerjakan tugas-tugas tersebut secara tepat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa tindakan kecil lainnya, seperti membantu membawakan buku tugas dari para siswa ke ruangan guru, untuk kemudian diperiksa oleh guru tersebut.

8. Berikan Kejutan atau Pemberian Sesuatu yang Berkesan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi guru killer adalah dengan memberikan sesuatu yang baru. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu untuk memberikan kejutan, serta hadiah sederhana saat guru tersebut berulang tahun, atau kamu bisa juga memberikan sebuah persembahan yang manis ketika hari guru tiba.

Guru killer memang bukanlah hal yang aneh ataupun baru dalam dunia pendidikan. Dengan mempelajari beberapa cara dalam menghadapi guru killer, kamu tidak perlu lagi merasa takut dan tegang saat belajar dikelas. Satu hal yang perlu ditanamkan bahwa, setiap guru ingin bisa mendidik muridnya menjadi pribadi yang lebih baik.

Comment

Artikel Terkait