by

Inilah Tips Menabung untuk Anak kuliah, Kamu Sudah Coba?

Menabung merupakan hal yang positif, tetapi tidak semua orang dapat melakukannya. Faktornya beragam. Namun, biasanya cenderung orang sering mengalami kesusahan dalam menabung, adalah jumlah pengeluaran tidak sesuai dengan jumlah pendapatan atau sebaliknya. Apalagi bagi anak kuliah, maka tips menabung untuk anak kuliah ini, kamu perlu coba.

Akan tetapi sebelum ke sana, mari kita telusuri lebih dalam lagi, apa itu menabung? Menabung merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan menyisihkan uang untuk simpanan dengan tujuan untuk digunakan di masa depan, sehingga dapat dikatakan bahwa menabung merupakan hal penting. Inilah beberapa tips mudah yang dapat kamu lakukan untuk menabung!

1. Temukan alasan menabung

celengan merah muda dengan pria asia yang menikmati menghemat koin hemat di rumah konsep menghemat uang. - saving potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Motivasi atau pendorong dapat membantu kamu dalam memperjuangkan atau mencapai sesuatu, termasuk dalam menabung. Hal ini dikarenakan semakin tinggi motivasi kamu dalam menabung, maka semakin besar pula kamu konsisten menabung.

Maka, temukanlah alasan kamu menabung, misalnya menabung untuk kuliah S2 atau untuk memulai sebuah usaha atau hal lainnya. Kamu pun perlu memperjelas tujuan kamu, misalnya 5 tahun kemudian dengan uang ini kamu akan mendaftar S2.

Dengan demikian, temukanlah alasan kamu untuk menabung itu untuk apa? Karena ketika kamu tidak memiliki alasan apapun cepat atau lambat, ini akan menurunkan semangat kamu dalam menabung.

2. Menyisihkan sebelum uang dibelanjakan

tangan wanita itu memasukkan koin ke dalam botol kaca dan tumpukan koin di atas meja kayu coklat, bisnis investasi, pensiun, keuangan dan menghemat uang untuk konsep masa depan. - saving potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah ketika mendapatkan kiriman dari orang tua atau menerima fee, jika kalian kerja part time adalah kamu perlu menyisihkan terlebih dahulu uang untuk ditabung sebelum kamu membelanjakannya.

Hal ini dilakukan, agar kamu menabung bukan karena uang sisa dari pengeluaranmu. Melainkan, kamu memang sengaja menyisihkan uang untuk menabung sehingga nominalnya pun lebih besar, dibandingkan kamu menabung dari uang sisa pengeluaranmu. Selain itu, hal ini pun dapat membantu dalam mengontrol pengeluaranmu.

Baca Juga  Sering Diabaikan, Ini 15 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Lantas berapa jumlah yang perlu kamu sisihkan? Baiknya memang, nominalnya lebih besar dibandingkan uang yang akan kamu keluarkan. Misalnya, 60% dari pengeluaran kamu. Namun, jika kamu kesulitan, menabunglah dalam jumlah yang kamu sanggup untuk melakukannya secara konsisten.

Tentu ini dikarenakan dalam menabung, hal yang paling penting itu adalah konsisten dalam melakukannya. Kamu pun perlu ingat, bahwa uang tabungan ini tidak boleh kamu gunakan, kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak.

3. Memangkas atau menemukan pemasukan tambahan

wanita memiliki video meeting - wfh potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setelah uang kamu pangkas, mau tidak mau uang sisa tersebut harus cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu. Kamu dapat mensiatinya dengan memilih dan memilah produk atau hal apa saja yang benar-benar kamu butuhkan.

Dengan begini, pengeluaran kamu pun akan terpangkas dan kamu sudah dapat menghemat biaya pengeluaran. Namun, bagi kamu yang merasa semua pengeluaran yang telah kamu lakukan termasuk ke dalam kebutuhan, sehingga tidak mungkin untuk dipangkas, kamu bisa melakukan alternative lainnya.

Cara alternatif tersebut, yaitu kamu bekerja secara part time atau freelance untuk menambah pemasukan kamu. Apa bedanya part time dengan freelance? Tipe pekerjaan part time biasanya ditentukan oleh waktu bekerjanya, misalnya 3 jam, 5 jam atau lainnya.

Biasanya, kamu pun bisa memilih untuk waktunya, misalnya kamu dapat bekerja dari pukul 13.00 sampai pukul 15.00 WIB, apabila ketentuan jam kerjanya hanya tiga jam. Jadi lebih bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Dengan demikian proses perkuliahan pun tidak akan terganggu.

Selain itu, kamu pun diharuskan datang langsung ke tempat untuk bekerja. Sementara itu, jika kamu bekerja sebagai seorang freelance, kamu tidak harus selalu datang ke tempat atau lokasi kerja. Kamu bisa mengerjakannya melalui kerja jarak jauh atau lebih dikenal dengan kerja remote.

Kerja freelance pun tidak terbatas oleh waktu setiap harinya, biasanya ditentukan oleh selesainya project dan untuk pendapatannya pun tidak tentu. Namun, keuntungannya adalah beban pekerjaan akan sesuai dengan penghasilan yang kamu dapatkan dan waktunya pun lebih fleksibel, karena yang terpenting projek yang kamu ambil itu selesai sesuai deadline yang disetujui.

Baca Juga  Ingin Kulit Bercahaya? Ini 9 Jus Yang Cocok Diminum Agar Kulit Sehat!

Lalu biasanya pekerjaan apa yang bisa dilakukan oleh seorang freelancer? Biasanya penulis (baik itu copywriter, content writer, dan profesi menulis lainnya), desain grafis , photographer dan lain sebagainya. Meskipun jenis pekerjaan yang tadi sudah dijabarkan, ada pula yang full time.

Pilihlah pekerjaan part time maupun freelance yang kamu senangi, hal ini akan membantu kamu untuk melakukan pekerjaan dengan optimal dan membuat kamu merasa puas.

4. Masak sendiri

gadis memasak - cooking ilustrasi stok

Memasak sendiri pun, bisa dapat membantu kamu untuk mencukupkan uang yang telah kamu pangkas untuk menabung, sehingga hal ini dapat membantu kamu untuk mengganggu uang tabunganmu.

Kamu bisa memasak untuk kebutuhan sarapan sampai makan malam. Apakah bisa anak kosan masak, kan nggak di rumah? Bisa kok. Setidaknya kalau kamu punya alat penanak nasi, kamu tidak perlu lagi membeli nasi, yang notabennya lebih mahal dibandingkan kamu masak sendiri.

Terlebih, jika kamu dapat memasak teman nasi sendiri, kamu pun tidak perlu memberi kompor atau hal lainnya untuk memasak. Kamu bisa mencari alat memasak yang simpel, murah dan multifungsi.

5. Mencatat pengeluaran secara detail

lembar spread akuntansi - financial records potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu pernah nggak sih ngalamin, uang tiba-tiba habis tanpa tahu dengan jelas dihabiskan ke hal apa saja? Selain itu, mencatat pengeluaran pun dapat memudahkan kamu untuk mengevaluasi di akhir bulan, hal apa saja yang kamu beli tapi dalam segi fungsi kamu tidak membutuhkan.

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi pembelian produk tersebut dan kamu bisa mengetahui sebagian besar uang kamu dibelanjakan untuk apa.

Tips menabung untuk kuliah tadi mungkin terasa sulit, tetapi apabila kamu sudah menjalankan perlahan-lahan itu akan membuatmu terbiasa. Dengan begitu, menabung bukan suatu hal yang tabu lagi melainkan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam hidup.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait