by

Inilah 7 Cara Menghadapi Tetangga yang Julid dengan Bijak!

Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga selalu berdampingan dengan manusia lainnya. Itulah mengapa beberapa masyarakat pun hidup berdampingan dengan tetangganya. Namun, terdapat beberapa tetangga yang seringkali nyinyir. Terkadang hal tersebut menjadi cukup menyebalkan, sehingga diperlukan cara menghadapi tetangga yang julid.

Tentunya menghadapi tetangga seperti itu akan cukup memakan tenaga. Terlebih, jika menghadapinya ketika pulang bekerja atau berkegiatan. Apabila tidak dihadapi dengan bijak, biasanya akan menimbulkan dampak yang lebih parah. Terlebih jika menghadapinya dengan emosi, karena berpotensi besar akan berakhir dengan pertengkaran antar tetangga.

Cara Menghadapi Tetangga yang Julid dengan Bijak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menghadapi tetangga yang nyinyir memang tidak dapat sembarangan. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan lainnya yang lebih kompleks. Sebaiknya, hadapilah dengan bijak. Oleh sebab itu, simak beberapa cara baik dan bijak untuk menghadapi tetangga yang seringkali nyinyir dan julid!

1. Diam dan Tutup Telinga

Cara menghadapi tetangga yang julid pertama untuk menghadapi tetangga seperti itu adalah cukup dengan diam dan tutup telinga. Biarlah para tetangga mencapai kelelahannya sendiri, karena tidak ditanggapi sama sekali olehmu. Seperti kata pepatah, diam adalah emas. Maka, cobalah untuk diam dan sabar ketika menghadapi tetangga yang terus julid terhadapmu.

Karena biasanya tetangga akan semakin senang apabila targetnya melawan. Apabila kamu melawan dengan tingkah yang sama, maka tetangga akan semakin nyinyir. Oleh karena itu, lakukanlah cara elegan dengan diam dan tutup telinga. Karena pada dasarnya, tetangga seperti itu cenderung akan mencari celah untuk setiap kesalahan atau kekuranganmu.

2. Berprinsip

Perlu diketahui bahwa terkadang kekurangan manusia merupakan ‘makanan’ untuk manusia lainnya. Biasanya, tetangga julid seringkali memiliki standar tertentu dalam menilai manusia. Apabila tidak sesuai dengan standarnya, biasanya keluarlah kata-kata atau kalimat nyinyir dan memojokkan. Kamu tidak perlu menjadi atau memenuhi standar tersebut.

Baca Juga  Anda Masih Bujangan? Kenali Alasan Harus Menikah Berikut Ini

Jadilah berprinsip, jangan mencoba memenuhi tuntutan tersebut. Misalnya, ketika tetangga menyindir cara berpakaian. Tidak perlu dituruti, selama pakaian yang kamu pakai tetap sopan dan tidak menyimpang normal sosial. Karena menuruti standar serta tuntutan orang lain, hanyalah akan menjadi beban yang tidak ada habisnya untuk diri kamu sendiri.

3. Tetap Bantu Tetangga Ketika Mengalami Kesusahan

Cara menghadapi tetangga yang julid berikutnya adalah dengan tetap membantu tetangga tersebut ketika mengalami kesulitan. Meskipun kamu memiliki tetangga yang julid dan seringkali bertindak jahat, tetaplah berbuat baik. Bahkan ketika tetangga tersebut tengah mengalami masalah atau kesulitan, tetaplah berbuat baik dan membantunya dengan tulus.

Buktikanlah bahwa memang kamu tidak sama dengan mereka. Cara ini menjadi salah satu cara elegan yang dapat dilakukan. Karena dengan begitu, kamu akan memiliki value tersendiri. Mungkin akan terasa sulit, terlebih jika apa yang dilakukan tetangga memang sudah kelewatan. Namun, cobalah perlahan dengan hati yang ikhlas serta tulus untuk selalu berbuat baik.

4. Tetap Produktif dan Tingkatkan Prestasi

Cara menghadapi tetangga yang julid berikutnya adalah dengan tetap produktif. Beberapa tetangga biasanya akan nyinyir dengan membandingkan kamu dengan dirinya. Biarkan orang lain berbicara apapun, jangan sampai memengaruhi keseharianmu. Karena pada dasarnya, manusia tidak dapat mengontrol faktor eksternal yang terjadi di sekitarnya.

Apabila kamu akhirnya terpuruk dan terlalu memikirkan omongan tetangga, maka hal tersebut akan menjadi kemenangan tersendiri untuk tetangga tersebut. Oleh karena itu, tetaplah fokus pada target dan mimpi yang sudah direncanakan sejak awal. Biarkan prestasi dan pencapaianmu yang berbicara dan membalas tingkat julid para tetangga tersebut.

5. Tetaplah Bertindak Seperti Biasa

Cara menghadapi tetangga yang julid adalah dengan tetap bertindak seperti biasanya. Lakukan tetangga seperti biasa, tanpa perlu ada yang diubah. Namun, apabila memang tingkahnya sudah kelewatan dan membuat kamu sakit hati. Maka, tidak ada salahnya untuk sedikit membuat jarak dengan tetangga seperti itu.

Baca Juga  Ketahui Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Autisme, Ada Albert Einstein Sebagai Jenius Penyandang Autisme

Namun, bukan berarti kamu lantas turut memusuhi tetangga tersebut. Karena dikhawatirkan hal tersebut akan membuat tetangga semakin menjadi dan melakukan hal yang lebih parah. Meskipun pada akhirnya harus menciptakan jarak, tetapi tetaplah bertindak seperti biasanya. Tetaplah berbuat baik dan menolong sesama apabila memang tengah diperlukan.

6. Bicarakan Baik-Baik

Terdapat beberapa tetangga yang tindakannya cukup parah. Bukan hanya mengguncang mental, tetapi terkadang sampai ke fisik pula. Apabila sudah kelewatan seperti itu, sebaiknya cobalah bicarakan baik-baik dengan tetangga yang bersangkutan. Cobalah bicarakan apa yang sebenarnya terjadi dan salah terhadap diri kamu, sehingga tetangga melakukan hal seperti itu.

Pastikan untuk tidak turut tersulut emosi ketika sedang membicarakan hal tersebut. Karena dikhawatirkan akan membahayakan diri kamu sendiri dan menciptakan permasalahan lebih besar. Tetaplah berbicara dengan tenang dan tidak menggebu-gebu. Apabila memungkinkan, carilah solusi agar tetangga tidak lagi berbicara atau bertindak nyinyir serta julid.

7. Konsultasikan dengan Tetangga Lainnya atau RT/RW

Apabila tindakan yang dilakukan oleh tetangga semakin parah dan semakin menjadi. Sebaiknya, cobalah untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan tetangga lainnya. Misalnya dengan berdiskusi terkait apa yang sebenarnya terjadi terhadap tetangga tersebut.

Namun, apabila sudah tidak dapat dikontrol. Maka, sebaiknya cobalah komunikasikan dengan RT atau RW. Cobalah bicarakan yang terjadi selama ini. Karena RT dan RW pun bertanggung jawab untuk memastikan setiap warganya aman tanpa gangguan dari apapun, termasuk dari tetangganya.

Cara menghadapi tetangga yang julid memang tidak mudah. Karena tidak jarang, omongan dan tindakan tetangga yang julid memang menimbulkan emosi. Oleh karena itu, cobalah tetap tenang dan tidak bertindak gegabah dalam menghadapi tetangga seperti itu.

Comment

Artikel Terkait