by

Ini Ternyata Tips Menemukan Inspirasi Sebelum Menulis

Tidak banyak penulis yang mampu menghasilkan tulisan bagus di awal kepenulisan. Sebab, mereka tentu membutuhkan inspirasi terlebih dahulu, supaya materi yang akan ditulis lebih berkualitas.  Nah, tips menemukan inspirasi sebelum menulis inilah yang harus diketahui di awal oleh seorang penulis.

Untuk itu, pada artikel berikut ini akan coba dijelaskan terkait strategi menemukan inspirasi kepenulisan. Jadi, jika Anda penulis pemula dan ingin menemukan inspirasi dengan mudah, silakan baca artikel ini sampai selesai. Ini dia ulasan selengkapnya:

1. Pergi Ke Tempat yang Indah

gadis duduk di rumput di taman berbunga dengan notepad dan pena di tangannya - writing in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tips yang pertama ialah silakan datangi tempat-tempat yang indah. Biasanya lokasi semacam ini bisa menimbulkan kelembutan hati. Nah, umumnya inspirasi menulis akan muncul jika kondisi jiwa sudah tenang, lembut dan nyaman.

Pergi ke tempat yang indah merupakan tips mencari inspirasi yang terbaik. Strategi ini juga tidak perlu mahal, dan tidak perlu mencari destinasi yang jauh dari rumah. Mendatangi kebun di belakang rumah juga cara yang tepat untuk mencari inspirasi menulis.

2. Membaca Karya Sastra

istirahat yang damai. teh panas dan membaca - reading in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Penulis yang baik pasti pembaca yang baik. Artinya, aktivitas menulis memang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan membaca. Orang juga kadang menuliskan apa yang ia baca sebelumnya. Maka dari itu, kalau ingin mendapatkan inspirasi silakan perbanyak buku yang dibaca.

Membaca karya sastra merupakan aktivitas yang sangat menarik. Selain itu, literatur yang dibaca juga ringan dan tidak terlalu kompleks seperti buku politik dan hukum. Membaca cerpen maupun novel juga bisa menjadi alat untuk mencari inspirasi menulis. Apalagi jika kisah yang dibaca memang sesuai dengan pengalaman pribadi.

3. Menyendiri di Tempat Sepi (Kontemplasi)

wanita muda yang duduk di rumput minum kopi dan membaca buku menikmati rekreasi luar ruangan. - alone in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada satu tips menemukan inspirasi sebelum menulis yaitu menyendiri di tempat sepi atau melakukan kontemplasi. Di dalam aktivitas ini, si penulis harus banyak merenungkan esensi dari tulisan. Termasuk merenungkan tentang kehidupan beserta permasalahan-permasalahan yang ada di dalamnya.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah Urutan, Begini Urutan Skincare yang Benar

Aktivitas kontemplasi sejatinya telah dilakukan oleh orang-orang jaman dahulu. Katanya, kegiatan perenungan di tempat sepi ini bisa membuka mata batin serta membuat hati lebih peka dan lembut. Nah, sifat-sifat semacam ini yang sejatinya harus ada di dalam setiap penulis.

4. Menonton Film

pasangan jatuh cinta menggunakan tablet di taman - whatching  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika Anda kesulitan untuk menemukan inspirasi menulis, coba luangkan waktu sejenak untuk menonton film baik menonton di bioskop maupun menonton di televisi.

Silakan cari konten yang murah karena yang terpenting konten tersebut harus menaikkan semangat kepenulisan. Jika film yang ditonton bagus dan Anda harus membayar mahal, konten tersebut tetap akan sia-sia jika tidak mampu menaikkan semangat menulis.

Film-film genre sosial adalah inspirasi menulis yang paling populer, disebabkan oleh banyaknya sudut pandang yang bisa diangkat menjadi sebuah tulisan. Sedangkan genre film kedua yang juga populer, adalah film romantisisme atau film yang berkaitan dengan asmara atau hubungan percintaan.

5. Tuliskan Apa yang Ada di Otak

wanita berambut panjang tidak diketahui menulis di buku catatan di udara segar - writing in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Otak manusia adalah organ yang unik, karena setiap detik akan menghasilkan ribuan informasi. Kalau informasi tersebut diolah menjadi bahasa lisan, maka yang muncul adalah ujaran atau percakapan baik satu arah maupun dua arah. Namun kalau informasi itu dituangkan menjadi teks atau naskah, maka yang muncul adalah hasil karya tulisan.

Jadi, kalau Anda kering inspirasi menulis, coba tuliskan apa yang ada di dalam otak. Sekalipun konten yang muncul di pikiran adalah pembahasan yang sederhana atau remeh temeh, tetap tuliskan menjadi sebuah naskah. Toh lama kelamaan tulisan akan berciri khas, serta semangat menulis juga bakal semakin tinggi.

6. Membaca Buku Tanpa Melihat Genre dan Judul

mahasiswa berjalan di luar ruangan di campu universitas - reading in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk melahirkan inspirasi menulis, tidak cukup hanya dengan membaca satu judul buku sastra saja, tetapi juga harus diimbangi dengan membaca buku genre yang lain. Jika memungkinkan, silakan membaca buku yang memang sesuai dengan teks yang akan ditulis, supaya data yang dimunculkan lebih berbobot.

Baca Juga  Ini Loh 6 Tips Sehat Saat Pandemi yang Pasti Oke

Si penulis juga bakal mendapatkan keuntungan tersendiri, jika banyak membaca yang salah satunya adalah pengetahuan akan bertambah. Selain itu, kosakata yang akan dituliskan juga semakin banyak, sehingga kualitas karya juga semakin bagus. Pembaca juga tidak akan bosan membaca teks karena setiap cetak pasti ada suku kata dan bahasa baru yang dimunculkan.

7. Tulis Sesuai Target Kata

wanita cantik menulis ke dalam buku hariannya, di taman. - writing in garden potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jangan paksa menulis kalau memang inspirasi belum ada atau inspirasi yang didapatkan terpotong. Silakan tuliskan sesuai target saja, dan usahakan inspirasi harus tiba pada target kata tersebut. Misal, kalau Anda mendapatkan satu inspirasi untuk membuat puisi tentang cinta, maka silakan buat sebanyak 50 kata.

Jika target sudah tiba, maka tinggalkan tulisan sejenak untuk mencari inspirasi baru lalu tuangkan kembali menjadi 50 kata. Lama kelamaan, teks akan terjalin dengan sendirinya dan si penulis cukup menggabungkan dan membacanya saja. Pastikan penulis tidak mengedit satu kata pun kecuali semua tulisan sudah selesai dibuat.

8. Diskusi dengan Teman di Malam Hari

wanita bisnis mengalami diskusi online - disscussion night potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sekalipun tidak bagus bergadang di malam hari, tetapi sekali waktu tidak mengapa kegiatan ini dilakukan apalagi jika tujuannya untuk mendapatkan inspirasi kepenulisan. Biasanya, dari kegiatan diskusi semacam ini yang bisa membuat gairah menulis meningkat, karena pasti ada konten yang menarik untuk diangkat menjadi karya tulis.

Maka dari itu, silakan atur waktu untuk berdiskusi di malam hari bersama teman dan pilih tempat yang memang tepat untuk bertukar pikiran. Jangan kupa untuk mempersiapkan kertas dan bolpoin, sehingga ketika ada konten yang bagus bisa langsung dibuatkan draf kasarnya.

Itulah tips menemukan inspirasi sebelum menulis yang paling mudah untuk dicoba oleh penulis Indonesia. Yang terpenting Anda mau menjalankan semua kiat dengan serius, pasti keinginan untuk menulis akan semakin besar, karena banyak tema yang bisa diangkat menjadi naskah.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait