by

Ini Dia Aplikasi Pembuat Video Musikalisasi Puisi Paling Populer di Dunia Maya

Video musikalisasi puisi adalah konten yang saat ini begitu viral di dunia maya bahkan bertebaran di media sosial seperti di Fb dan Twitter. Sejatinya kamu juga bisa membuat konten tersebut, asalkan mengetahui cara menggunakan aplikasi pembuat video musikalisasi puisi yang sudah banyak tersedia di internet.

Aplikasi pembuat video puisi dan musik sangat banyak utamanya yang ada di dalam Google Play maupun di Play Store. Kamu cukup mengunduh aplikasinya saja setelah itu baru proses pembuatan video musikalisasi puisi sudah bisa dilakukan. Namun, sayangnya masih banyak pengguna yang tidak mengetahui aplikasi apa saja yang prosesnya mudah dan gratis.

Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa aplikasi untuk membuat video musikalisasi puisi yang terbaik, serta tentunya kamu tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Silakan disimak ini aplikasi-aplikasi yang dimaksud:

1. Kinemaster

Kinemaster merupakan aplikasi pembuat video musik yang sering dipakai oleh musisi sekaligus sastrawan Indonesia ketika ingin membuat video musikalisasi puisi. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini ialah memiliki fitur yang sangat lengkap, sehingga video yang dihasilkan lebih berwarna dibandingkan menggunakan aplikasi yang lain.

Sekalipun memiliki banyak fitur editing video musik profesional, tetapi aplikasi ini bisa digunakan secara gratis oleh siapapun tanpa dibatasi dengan durasi maupun jumlah konten. Silakan gunakan aplikasi Kinemaster sepuasnya dan jika ingin mendapatkan aplikasi dengan fitur lebih lengkap, maka kamu bisa meng-update aplikasi ke mode premium.

Sayangnya aplikasi Kinemaster tidak cocok dipakai oleh desainer video musikalisasi puisi yang masih pemula atau masih belum berpengalaman. Sebab, untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, pengguna harus menentukan konten secara manual untuk menghasilkan video yang kreatif.

Baca Juga  Bosan Belajar Online? Ini 5 Tips Belajar Daring Agar Tetap Semangat Selama Pandemi Covid-19
2. Filmorago

Selain Kinemaster aplikasi pembuat video musikalisasi puisi yang juga banyak digunakan oleh desainer video dan musik adalah Filmorago. Luar biasanya, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali yang menandakan kalau Filmorago benar-benar perangkat lunak editing video yang berkualitas tinggi.

Salah satu keunggulan Filmorago ialah memiliki kemampuan untuk menyatukan beberapa slide video menjadi satu konten yang menarik. Pihak developer juga telah memasukkan fitur transisi supaya konten video jauh lebih halus dan rapi.

Aplikasi Filmorago juga bisa digunakan secara gratis dan kamu tidak akan dibatasi degan durasi penggunaan video. Walaupun demikian, kamu harus tetap menyiapkan file musik di ponsel karena di dalam aplikasi, musik yang digunakan masih musik bawaan sehingga nilai seninya masih kering dan kurang.

3. Quik

Kalau ingin membuat video musikalisasi puisi seperti yang muncul di Tik Tok dan FB, maka silakan unduh saja aplikasi Quik dari Play Store. Ini merupakan perangkat lunak untuk menggabungkan video dengan musik hanya dalam satu kali klik.

Selain itu, di dalam Quik juga terdapat fitur transisi yang menjadi jembatan antara video satu dengan video lain sehingga menjadi konten yang kreatif. Selanjutnya kamu tinggal menyisipkan teks bergerak (slide) ke dalam video yang fiturnya juga disediakan di dalam aplikasi.

Sayangnya, jika menggunakan aplikasi Quik kamu tidak bisa memasukkan rekaman suara ke dalam video karena memang fiturnya masih belum tersedia. Namun, ketepatan penggabungan banyak konten ke dalam satu scene membuat aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 10 juta kali ini tetap layak untuk digunakan.

4. VivaVideo

Aplikasi pembuat video musikalisasi puisi yang paling mudah dan gratis berikutnya, adalah VivaVideo yang telah diunduh sebanyak jutaan kali di Play Store. Ini merupakan aplikasi yang bisa dicoba oleh para desainer video musik pemula, karena memang tool yang disediakan selain lengkap juga memiliki penempatan yang mudah dilihat.

Baca Juga  Jangan Asal-Asalan, Pertimbangkan 4 Hal Ini Ketika Ingin Memilih Jurusan Kuliah

Sekali membuka aplikasi kamu akan langsung disuguhkan pada table work sedangkan di atasnya terdapat baris menu utama. Jika sudah selesai, maka video akan tersimpan dan kamu bisa memasuki table editing berikutnya yang berisi menu-menu pembuatan desain.

Di menu inilah kamu harus menuangkan imajinasi dan kreativitas supaya konten video yang dihasilkan lebih bermutu dan eksotis. Jangan lupa untuk merekam suara kamu terlebih dahulu karena file tersebut, bisa dipakai untuk memberikan efek artistik ke dalam video.

Jika melihat dari rating di Play Store maka aplikasi inilah yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Bahkan banyak desainer video kawakan di Indonesia yang juga menggunakan aplikasi ini.

5. Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip merupakan aplikasi pengedit foto menjadi video yang cukup populer di kalangan desainer video profesional. Hal ini disebabkan oleh fitur Adobe Premiere Clip yang sangat lengkap, termasuk adanya fitur teks dan record yang memungkinkan kamu bisa membuat video musikalisasi puisi kreatif.

Sejatinya aplikasi Adobe Premiere Clip ada yang pro atau berbayar dengan keunggulan jumlah fitur lebih lengkap dibandingkan yang gratis. Namun, jika hanya untuk mengedit foto menjadi video sederhana aplikasi yang gratisan sekalipun juga layak untuk dicoba.

Maka dari itu, jika kamu ingin membuat video puisi yang unik seperti yang ada di Tik Tok maka silakan unduh saja aplikasi Adobe Premiere Clip, lalu instal di perangkat. Jangan khawatir, aplikasi ini memiliki ukuran memori yang sangat ringan sehingga tidak akan membuat perangkat ponsel menjadi hank.

Bagi kamu yang ingin memiliki video musikalisasi puisi yang elegan, kamu bisa menggunakan aplikasi pembuat video musikalisasi puisi yang sebagian sudah dijabarkan di atas. Kalaupun kamu masih editor video pemula, aplikasi ini masih bisa digunakan sebagai sarana untuk belajar dan berlatih dengan biaya sangat terjangkau bahkan gratis.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait