by

Ini Dia 6 Tips Menabung agar Tidak Bosan

Menabung merupakan aktivitas yang harus diajarkan sejak dini. Walaupun demikian pembaca harus mengetahui terlebih dahulu tentang tips menabung agar tidak bosan. Karena sungguh aktivitas menabung sejatinya sangat membosankan serta membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Aktivitas menabung dibutuhkan demi meringankan beban biaya yang harus dipenuhi di masa depan. Tanpa aktivitas ini mungkin biaya akan teramat tinggi yang kalau dipaksakan bisa membuat kesehatan finansial keluarga menjadi terganggu. Makanya harus ada uang tabungan supaya biaya untuk kebutuhan di masa depan sudah direncanakan di awal.

Nah, bagi yang ingin mengetahui tips menabung supaya tidak membosankan, maka silakan baca artikel ini. Di dalamnya terdapat ulasan lengkap terkait dengan hal tersebut. Dan ini ulasannya:

1. Menabung Sesuai Tanggal

Tips menabung agar tidak bosan yang pertama adalah menabung sesuai tanggal. Maksudnya kalau hari ini tanggal 20 maka silakan menabung dengan nominal Rp20.000 atau Rp200.000. Kalau hari ini tanggal 30 silakan menabung Rp30.000 atau Rp300.000.

Lakukan tips menabung ini langsung dari tanggal 1 sampai tanggal 30. Jika sudah tiba di akhir bulan silakan ulang kembali dari depan. Pastikan nominalnya tetap sama dan tidak berubah, karena terkadang inkonsistensi semacam ini yang membuat kita malas untuk menabung.

Jika menabung dengan menggunakan tips ini nominal tabungan di awal bulan pasti kecil. Namun, kalau dijalankan secara konsisten semakin lama nominal tabungan pasti semakin tinggi. Jadi, tidak mustahil jika sudah tiba satu tahun jumlah uang tabungan akan bertambah berkali lipat.

2. Beli Celengan yang Menarik dan Mahal

Menabung di Bank memang dianjurkan tetapi kita tidak bisa memaksa kalau ada orang yang lebih suka menabung di rumah. Namun terkadang rasa bosan yang membuat kebiasaan menabung di rumah justru menjadi bumerang. Salah satunya memecahkan celengan sebelum target tabungan tercapai.

Baca Juga  Ingin Kulit Bercahaya? Ini 9 Jus Yang Cocok Diminum Agar Kulit Sehat!

Oleh karena itu, bagi siapapun yang ingin menabung di rumah silakan beli celengan yang menarik dan mahal. Paling tidak silakan beli celengan yang sekiranya kita merasa enggan untuk memecahkannya, sebelum tabungan penuh dan sudah ada dana untuk membeli celengan kembali.

Jika celengan semacam ini sudah tersedia selanjutnya tinggal pembaca apakah termotivasi untuk menabung atau tidak. Nah, kalau motivasi ini sudah ada maka masalah menabung sudah selesai dan ada jaminan kalau pembaca tidak akan lagi merasa bosan.

3. Tuliskan Kalimat Motivasi di Samping Celengan

Semua orang pasti tertarik untuk menabung asalkan tidak ada rasa bosan yang menjadi masalah. Problem inilah yang membuat orang malas menabung, apalagi jika sisa uang yang akan ditabungkan terlalu kecil sehingga ada kesan pembaca meremehkannya.

Jika masalah ini yang dialami alangkah baiknya tuliskan kalimat motivasi di samping celengan. Tuliskan dengan menggunakan huruf yang berukuran besar supaya jelas terlihat. Bagi orang yang patuh terhadap kalimat motivasi yang ditulisnya sendiri, tentu kecenderungan untuk terus menabung akan semakin tinggi.

Kalimat motivasinya tergantung si penabung sendiri. Yang terpenting kontennya untuk meningkatkan semangat menabung dengan penuh semangat, sabar dan tidak mudah menyerah. Jadi, kalau ingin memiliki tabungan silakan buat kalimat motivasi di samping celengan sekarang juga.

4. Menabung dengan Nominal yang Sama

Kebiasaan menabung terkadang lahir dari ketetapan atau konsistensi dari si penabung. Nah, salah satu bentuk konsistensi yang bisa membuat hasrat menabung semakin tinggi dan tidak membosankan ialah menabung dengan nominal yang sama.

Jika di hari pertama pembaca menabung Rp50.000, maka usahakan di hari-hari berikutnya nominal tabungannya tetap Rp50.000. Kalau nominal ini terlalu besar, silakan tabung Rp10.000 di hari pertama dan untuk hari-hari selanjutnya tetap menabung Rp10.000.

Baca Juga  Mengenal Kokedama: Si Tanaman Imut Dari Jepang

Kebiasaan ini yang disebut menabung dengan nominal yang sama. Cara ini lebih jitu jika untuk meningkatkan semangat menabung, daripada pembaca menabung dengan nominal yang selalu berubah-ubah. Maka dari itu, silakan rencanakan terlebih dahulu berapa nominal yang akan ditabungkan di hari pertama menabung.

5. Menabung dengan Konsep Kelipatan Rp5000

Jika menabung langsung nominal tinggi tentu pembaca akan cepat bosan. Maka dari itu terapkan saja konsep menabung kelipatan Rp5000. Maksudnya pembaca harus menabung Rp5000 di hari pertama sedangkan di hari kedua Rp10.000 dan di hari ketiga Rp15.000.

Lakukan teknik di atas secara berkelanjutan hingga satu bulan penuh. Kalau target menabung hanya satu bulan, maka di tanggal terakhir di bulan tersebut celengan sudah bisa dipecahkan untuk mengambil uang yang ada di dalamnya.

Jika target tabungan selama satu tahun maka tips ini harus dilanjutkan hingga 365 hari ke depan. Silakan diawali dari tanggal 1 bulan januari dan celengan bisa dipecahkan di bulan Desember tanggal 31. Artinya tips menabung dengan konsep kelipatan Rp5000 ini dilakukan sesuai target tabungan di awal.

6. Tempelkan Gambar Barang Impian di Celengan

Sejatinya orang menabung karena ada kepentingan yang salah satunya untuk membeli barang impian. Oleh sebab itu, jika ada rasa bosan saat menabung coba tempelkan gambar barang impian tersebut di luar celengan yang sekiranya pembaca bisa melihatnya dengan jelas.

Gambar barang impian di celengan bisa menjadi motivasi yang tinggi agar pembaca mau terus menabung. Karena yang muncul di dalam akal adalah persepsi kalau hanya dengan cara menabung barang impian tersebut bisa terbeli.

Demikianlah beberapa tips menabung agar tidak bosan yang bisa diterapkan oleh pembaca. Semoga apa yang sudah dituliskan bisa menjadi penambah semangat untuk menabung demi terpenuhinya kebutuhan di masa depan. Jadi silakan lakukan tips-tips di atas secara konsisten dan optimis.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait