by

Malas Berolahraga? Ini 6 Tips Biar Mau Berolahraga yang Cocok Untukmu

Pernahkah kamu merasa bosan, lelah secara mental, dan malas melakukan aktivitas atau kurang produktif? Kamu bisa menyingkirkan semua perasaan itu dengan cara berolahraga, lho!

Nah, pasti kamu berpikir lagi untuk melakukan olahraga karena merasa olahraga terlalu berat untuk dilakukan. Maka dari itu, ada 6 tips biar mau berolahraga yang dapat kamu terapkan.

Tips ini akan membuatmu lebih bugar dan bersemangat. Juga memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan tubuhmu, agar tidak mudah jatuh sakit ataupun untuk menjaga massa otot. Berikut ini 6 tips biar mau berolahraga untukmu.

1. Carilah Teman

Biasanya kamu tidak bersemangat pada suatu hal, karena tidak ada teman untuk diajak, bukan? Maka dari itu penting adanya teman untuk menemani aktivitasmu. Begitupun dengan berolahraga. Kamu akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi karena adanya seorang teman.

Selain menjadi pendorong dan pembangun suasana agar kamu mau berolahraga, teman bisa membantumu dalam melakukan olahraga yang tidak dapat dilakukan sendirian, seperti sit up.

2. Memotivasi Diri Sendiri

Kamu pasti pernah bercermin sambil melihat proporsi badanmu, lalu kamu merasa ada yang kurang pas. Sebagian orang merasa lebih berisi, sehingga tidak dapat tampil percaya diri. Maka dari itu, jika kamu malas berolahraga, kamu dapat memotivasi diri sendiri melalui keluhanmu saat bercermin.

Ada juga motivasi yang membangun semangatmu yang dituturkan oleh seorang jurnalis asal Amerika, George Horace Lorimer, “Kau harus bangun setiap pagi dengan tekad keras, jika ingin bisa pergi tidur dengan rasa puas”.

Atau saat kamu sedang melihat-lihat media sosial dan menemukan body goals yang menarik perhatianmu, kamu jadi termotivasi untuk menjadi seperti dirinya lalu membentuk niat untuk mau berolahraga.

Baca Juga  Ingin Lolos Tes TOEFL? Simak 9 Tips Lolos Tes TOEFL dan Mendapat Nilai Tinggi Ini!

Alih-alih mendapatkan tubuh yang menarik dan proporsional, kamu dapat berolahraga untuk tetap menjaga kebugaran tubuhmu, sehingga tidak rentan sakit. Hal ini bisa memotivasi kamu biar mau olahraga juga, lho.

3. Tetapkan Tujuan Berolahraga

Dalam berolahraga, kamu membutuhkan tujuan supaya dapat lebih bersemangat, seperti untuk membentuk tubuh yang lebih ideal, menjadi tetap bugar, atau untuk mengisi waktu luang supaya tidak terbuang sia-sia.

Dengan tujuan berolahraga yang jelas, kamu dapat membentuk niat yang jelas pula untuk memulai berolahraga yang ringan dan santai.

4. Melakukan Olahraga yang Menyenangkan

Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan santai dan murah. Untuk membuatmu lebih bersemangat dalam berolahraga, lakukan juga jenis olahraga yang menyenangkan.

Dengan melakukan jenis olahraga yang menyenangkan ini, kamu dapat membangun semangat dan merasa bahwa berolahraga, bukanlah suatu hal yang membosankan, justru menarik.

5. Buat Jadwal Berolahraga

Agar lebih bersemangat dalam berolahraga, kamu dapat membuat jadwal. Jadwal ini berperan untuk menuntunmu melakukan olahraga secara konsisten dan terstruktur. Sistem ini juga berguna bagi kamu yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga dapat mengatur jadwal menyesuaikan pekerjaanmu.

6. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin membantumu untuk menjaga mood, supaya bersemangat setiap kali melakukan olahraga. Melakukan olahraga secara rutin juga membantumu menjaga massa otot.

Di samping itu, ketika kamu melakukan olahraga secara rutin, kamu juga dapat membuat target dan meningkatkan beban olahragamu, agar olahraga yang kamu lakukan dapat melatih dan men-challenge dirimu serta menjadikan olahragamu semakin menarik untuk dijalani.

Dalam berolahraga, kamu dapat pergi ke gym dan memanfaatkan beberapa fasilitas di sana. Namun, banyak juga olahraga alternatif yang lebih murah dan mudah untuk dilakukan di rumah. Berolahragalah untuk sensasi tidur yang lebih berkualitas.

Comment

Artikel Terkait