by

Ingin Kamar Bersih dan Enak Dilihat? Coba 5 Tips Ini yuk!

Kamar merupakan salah satu bagian rumah dan merupakan ruangan termasuk privasi, hal ini karena kamar menjadi ruangan untuk aktivitas yang bersifat privasi. Sehingga kamar bersih dan rapi akan menambah kenyamanan bagi penghuninya. Namun, tidak jarang banyak kamar yang malah terlihat berantakan, bahkan cenderung beraroma tidak sedap dan terlihat tidak enak dipandang.

Nah, kamar seperti itu tidak baik bagi kesehatan penghuninya. Sehingga kebersihan dan kerapian kamar perlu untuk dijaga. Alasan kamar berantakan atau tidak bersih karena sifat malas atau tidak ada waktu untuk merapikan kamar. Lantas adakah cara untuk membuat kamar bersih serta rapi dengan mudah? Ada, ikuti tips dibawah ini ya!

1. Bersihkan Kamar langsung setelah ngemil

Kamu pasti suka ngemil di kamar bukan? Nah, jika kamu ngemil terkadang suka ada remah-remah dari cemilan yang kamu makan. Terlebih jika itu makanan yang manis maka akan mengundang semut. Apalagi jika remah-remah tersebut jatuh ke kasur, sehingga ketika kamu akan tidur pasti akan merasakan gatal-gatal.

Selain itu, remah-remah dari cemilan ini pun akan membuat pemandangan kamar tidak enak. Sehingga kalau kami ngemil kamu perlu langsung membersihkannya. Apabila kamu nonton di kasur dan ngemil juga di sana, kamu bisa membersihkan seprai bahkan mungkin mengganti sprei sehingga sisa atau remah-remah dari cemilan tidak ada.

Nah, jika sudah dibersihkan dari sprei atau kasur, kamu perlu menyapunya dan mengumpulkan remah-remah tersebut dengan sapu lalu membuangnya. Hal ini pun berlaku bagi kamu yang suka ngemil di kursi atau lantai kamar.

2. Bersihkan Kamar setiap hari

Kenapa perlu membersihkan kamar setiap hari? Hal ini karena setiap hari pasti akan debu atau kotoran yang datang ke kamarmu. Ini bisa dibawa oleh angin maupun hal lainnya. Jika tidak dibersihkan setiap hari maka kotoran pun akan menumpuk.

Baca Juga  Kenali Gejala-Gejala Diabetes Sejak Dini Agar Segera Dapat Diobati

Ini tentu akan menyulitkan kamu dibanding kamu membersihkannya setiap hari. Selain itu, kamar yang tidak dibersihkan setiap hari, akan membutuhkan waktu yang lama ketika membersihkannya. Kamar yang tidak dibersihkan setiap hari, sangat berisiko ditempati karena dapat menyebabkan terganggunya pernafasan dikarenakan banyaknya debu di sana.

Maka, membersihkan kamar setiap hari sangat penting, kamu bisa memulainya dengan merapikan buku, membersihkan debu-debu dari setiap debu, membersihkan langit-langit, membersihkan lantai dan kasur, serta hendaklah mengganti seprai minimal dua minggu sekali.

Akan tetapi, jika spreinyamu kotor meskipun belum sampai dua minggu, hendaklah langsung menggantinya dan cucilah sprei tersebut. Apabila kamar bersih, wangi dan rapi, bukankah terasa sangat nyaman untuk ditempati?

3. Menyortir barang-barang di Kamar

Kamu masih menyimpan barang-barang yang tidak terpakai? Sebaiknya kamu menyimpannya di tempat atau ruangan yang berbeda. Sehingga, kamar pun diisi oleh barang-barang yang kamu kenakan saja.

Hal ini karena apabila kita menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai akan menghabiskan ruang kamar kita, sehingga kamar terkesan sempit, terlebih apabila menyimpan barangnya tersebut tidak beraturan.

Ini akan menyebabkan kamar tidak enak dilihat dan menghasilkan perasaan tidak nyaman. Pilihlah barang-barang yang masih kamu gunakan dan sekiranya kamu perlu untuk menggunakan barang-barang tersebut.

Apabila ada baju atau barang lain yang sudah tidak terpakai, kamu bisa menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkan, serta dapat menjualnya kembali dengan harga yang pas. Namun perlu kamu ingat, juallah barang-barang ini kepada orang yang memiliki minat pada barang tersebut.

4. Letakan sesuai dengan tempatnya

Kebiasaan tidak meletakan barang pada tempatnya cenderung dilakukan oleh banyak orang, umumnya dikarenakan malas untuk menyimpan kembali. Tentu barang yang tidak ditaruh ke tempatnya ini lambat laun, jika dilakukan sering akan mengubah tata letak barang-barang.

Baca Juga  10 Mencari Ide Bisnis Ini Bisa Kamu Pakai Jika Bingung Mau Membuat Bisnis Apa

Hal ini berpengaruh pada kesan yang berantakan. Apalagi jika diletakan di sembarang tempat dengan posisi barang yang tidak beraturan. Selain itu, efek menaruh barang tidak di tempatnya pun akan menyusahkanmu dikemudian hari.

Kenapa hal ini terjadi? Karena jika kamu ingin mengambil barang tersebut disebabkan kamu membutuhkan barang tersebut, kamu akan sulit mencarinya. Sehingga, mulai sekarang yuk taruh barang pada tempatnya!

5. Dekorasi dan biarkan udara masuk

Bagi kalian yang memiliki kamar yang terasa sumpek atau apek, mungkin karena kamu jarang membuka jendela kamu sehingga udara segar tidak masuk ke kamarmu. Sama halnya ketika kamu membeli sesuatu dan dibungkus oleh plastik dan plastik ini kamu ikat, sehingga tidak ada udara yang masuk yang akhirnya menyebabkan gorengan tersebut berubah tekstur.

Hal ini pun berlaku pada kamar yang tidak mendapat udara segar, seperti halnya gorengan tadi yang berubah teksturnya karena lembab. Kamar pun bisa lembab sehingga menimbulkan aroma tidak sedap. Ini tidak baik buat kesehatan, usahakan setiap hari membuka jendela kamarmu ya!

Tidak perlu dibuka sampai malam, jika tidak diperlukan. Cukup membukanya sesuai kebutuhan kamu. Nah, selain membiarkan udara masuk ke dalam kamar, agar kamar bersih dan rapi sebaiknya kamu mendekorasi kamar agar lebih enak dilihat dan nyaman ditempati.

Untuk dekorasinya, disesuaikan saja dengan seleramu karena yang menempati kamar tersebut adalah kamu. Buat senyaman mungkin, sehingga kamu bisa nyaman dan beraktivitas, meskipun di dalam kamar. Terlebih jika kamu sering mengerjakan tugas atau pekerjaan di kamar, maka kamu akan lebih fokus dalam mengerjakannya.

Baca Juga: Inilah Ide Renovasi Kamar Ala Drama Korea yang Penuh Nuansa Cozy, Nyaman Hingga yang Instagramable!

Baca Juga  Ragam Manfaat Vitamin C, Penting Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gimana sekarang kamu dapat membuat kamar bersih dan rapi, bukan? Meskipun cara tadi mungkin terbilang cukup mudah, tetapi kamu perlu melakukannya secara konsisten. Selamat mencoba!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait