by

Ingin Camping Bersama Teman dan Keluarga? Berikut Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Musim liburan yang kian semakin mendekat, membuat kita sibuk untuk menyusun berbagai macam jenis rencana untuk liburan. Sayang sekali, banyaknya varian kegiatan yang dapat dilakukan malah membuat kita bingung untuk menentukan pilihan.

Dan jika kamu masih bingung dan tak punya planning kedepannya, kamu bisa coba nih, camping di luar ruangan yang akan membuat kamu semakin dekat dengan alam. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum camping, agar suasana liburan sukses menjadi pengalaman yang berkesan. Baiklah, langsung saja kita bahas.

1. Lokasi Camping

Camping memanglah hal yang mengasyikkan jika di lakukan di tempat yang menyenangkan. Kebersamaan dan nilai kekompakan yang terjalin ketika melakukan camping sungguh sulit untuk dilupakan. Aktivitas berkemah di luar ruangan ini ternyata telah menjadi kegemaran banyak orang.

Tidak hanya masyarakat Barat dan Eropa, Indonesia sendiri telah menjadi penggemar berat kegiatan ini di saat sedang menikmati liburan. Kegiatan camping ini sangat cocok dilakukan bagi pencinta wisata alam, yang ingin menikmati bagaimana sensasi menghirup udara segar di pagi hari.
Melakukan camping tentu tidak lepas dari pemilihan lokasi camping.

Sayangnya, para penggemar kegiatan berkemah ini masih banyak yang keliru lantaran salah memilih lokasi camping yang tepat. Keterpautan pada lokasi tempat yang memanjakan mata, tanpa memperhatikan sumber air yang sangat diperlukan, membuat para pelaku camping merasa kewalahan hingga gagal dalam perencanaan. Akhirnya, bayangan-banyangan indah tentang kegiatan camping menjadi suatu kebohongan.

Memilih tempat yang indah tentu boleh-boleh saja, akan tetapi jangan lupa untuk memilih lokasi yang juga dekat dengan sumber mata air ya. Semisalnya, dekat dengan anak sungai, danau, atau seperti pantai.

2. Peralatan Masak

Sama halnya seperti dirumah, apa saja yang merupakan kebutuhan pasti dengan sigap akan kamu butuhi. Nah, begitu juga ketika sedang melakukan camping di luar ruangan, tak hanya tenda, segala aset kebutuhan benar-benar harus siap sedia diperlengkapi. Mulai dari pakaian, kendaraan, hingga peralatan masak yang sangat diperlukan sebagai alat keberlangsungan hidup ketika melakukan kegiatan berkemah.

Untuk alat masak ini, gunakanlah alat masak yang sederhana, dan yang membuatmu nyaman untuk berpergian. Terutama jika lokasi camping yang kamu pilih adalah pegunungan, pastikanlah kamu memilih alat masak yang tidak akan membuatmu kesulitan dalam mendaki.

Salah satu alat masak yang tidak boleh kamu lupakan saat camping adalah kompor. Kompor yang teoat untuk kamu bawa dalam berkemah adalah kompor lapangan. Selain harganya yang murah dan dapat dijangkau, ukurannya yang cukup minim turut menjadi pertimbangan. Jika memilih kompor ini, jangan lupa membeli bahan bakarnya yang berupa gas kaleng.

Namun, kalau kamu ingin merasa lebih dekat dengan keadaan alam, kamu bisa menggunakan kayu bakar yang bisa kamu dapatkan di sekitar lokasi camping. Akan tetapi, hal ini sedikit kurang mendukung kelancaran kegiatan camping. Sebab belakangan ini, musim hujan bisa saja datang di luar waktu musimnya.

3. Stock Makanan

Kalau peralatan masak telah tersedia, maka hal lainnya yang perlu kamu packing ialah stok makanan. Menyediakan stok makanan sebelum camping merupakan langkah cerdas, cermat dan sangat tepat sekali. Apalagi jika kamu yang hendak camping adalah orang yang suka ngemil, benar-benar harus menyiapkan stok yang sempurna nih. Eits, gak harus banyak kok, cukup yang benar-benar bisa mengisi perut dan menyenangkan mulut.

Bagi kamu yang masih bingung tentang makanan apa yang harus di siapkan, dibawah ini ada beberapa saran yang dapat kamu pertimbangkan.

Mie Instan

Sensasi menyantap mie instan pasti lebih enak saat cuaca dingin dan berhujan ya sob. Tapi jika melakukan camping di luar ruangan, tanpa adanya hujan kamu akan merasa sensasi dingin yang berasal dari kemurnian mulut alam. Karena itu, mie instan sangatlah cocok untuk menjadi saran tambahan bagi kamu yang masih bingung untuk memilih stok makanan yang tepat. Selain rasanya yang nikmat, cara memasaknya juga cukup praktis.

Roti

Makanan pengganjal rasa lapar, apa lagi kalau bukan roti. Membawa roti saat camping termasuk pada pilihan tepat yang dapat kamu siapkan dengan cepat. Selain mudah untuk dipacking, roti termasuk jenis makanan yang bisa bertahan cukup lama.

Marsmallow

Makanan ringan dengan tekstur kenyal yang mantap, marshmallow menjadi snack ringan yang sering dibawa oleh para pelaku camping. Biasanya, marsmallow di tusuk pada ranting kayu yang sudah dibersihkan dan dibakar diatas api yang menghangatkan.

Sereal Gandum

Memiliki peranan sebagai pengganti karbohidrat, sereal gandum sangat cocok menjadi saran tambahan bagi kamu yang ingin melakukan camping. Sehingga meski sedang melakukan camping, kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tidak akan terbengkalai.

4. Checking Tenda

Membebaskan diri dari suasana kota yang ramai, berkemah menjadi solusi terbaik untuk mencari kedamaian. Selain lebih dekat dengan alam, para penghias malam akan menemani tidur yang menenangkan.

Namun, niat dan tekad mendapatkan istirahat tenang bisa saja kacau berantakan, jika tidak melakukan checking terlebih dahulu pada tenda yang ingin dipakai saat berkemah. Sehingga kejadian kebocoran saat hujan pun sering terjadi dan mengganggu peristirahatan. Itulah sebabnya, mengapa sebelum melakukan camping, ada baiknya melakukan tes pada tenda. Semisalnya dengan menyiram tenda yang kamu coba pasang di halaman. Jika aman maka tenda siap kamu gunakan.

Begitulah beberapa hal yang harus di perhatikan saat camping, agar berkemah di luar ruangan menjadi asyik dan sesuai dengan harapan. Jangan lupa untuk pantauin terus Lintashaba.com agar kamu tidak ketinggalan informasi terupdate lainnya ya..

Baca Juga  Kamu Pejuang UTBK? Siapin Sekarang 10 Strategi Lolos UTBK SBMPTN Ini

Comment

Artikel Terkait