by

Ingin Buat Web? Pelajari Dulu Tips Menjadi Blogger yang Sukses

Mencari uang dengan cara membuat website memang usaha yang cukup menguntungkan. Namun, Anda harus tahu dulu tips menjadi blogger yang sukses, supaya usaha yang dijalankan tidak akan mendapatkan hambatan. Selain itu, tips ini penting untuk meningkatkan traffic pengunjung supaya website lebih cepat diterima Google.

Mendapatkan uang dari blog bukan usaha yang sulit. Yang terpenting, Anda mau menjalankan tips atau kiat yang ada dengan serius.

Selain itu, Anda juga tidak berhenti melahirkan konten yang berkualitas, baik konten artikel maupun gambar dan video. Nah, untuk mengenal tips yang lebih lengkap, silakan baca artikel di bawah ini:

1. Buat Postingan Blog Minimal Satu untuk Satu Hari

Jika Anda memang serius untuk menjadi blogger yang sukses, maka pastikan Anda mengunggah postingan blog secara rutin. Minimal dalam satu hari, Anda harus mengirim satu artikel atau konten yang berkualitas. Berarti dalam satu bulan, di dalam website telah ada 30 postingan yang bisa dilihat oleh viewer.

Jangan hangat di awal saja atau bersemangat hanya di awal pembuatan website. Tetapi ke belakang Anda justru malas untuk memposting konten. Kalau cara semacam ini yang dipilih, Anda akan dicap tidak aktif. Sehingga, Google tidak akan membaca website karena rating website tidak akan menanjak. Pembaca juga malas untuk berkunjung karena jumlah konten terlalu sedikit.

Untuk postingannya terserah Anda sebagai pemilik blog. Namun yang pasti, postingan harus sesuai dengan tema website, agar pengunjung tidak kecewa. Sebab, jika sekali pengunjung datang karena tertarik dengan tema website, lalu di dalamnya ada konten yang tidak sesuai, berarti Anda telah menipu pengunjung tersebut.

2. Pastikan Konten Sesuai Kaidah SEO

Kalau Anda memang berniat untuk sukses dari blog, silakan buat konten yang tidak melanggar ketentuan Search Engine Optimization yang disingkat SEO. Maka dari itu, Anda harus tahu dulu apa saja aturan SEO yang perlu dimasukkan ke dalam postingan website. Setelah itu, baru Anda menyesuaikan postingan dengan aturan-aturan tersebut.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang: Wajib Disimak Buat Kamu yang Suka Tidur Larut

Postingan yang sesuai kaidah SEO biasanya memiliki Keyword atau kata kunci yang tepat. Anda juga harus mengisi Tag dan Category sesuai postingan yang diunggah. Jangan lupa menyisipkan gambar ke dalam postingan dan melampirkan alt, deskripsi di sana. Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah Meta Deskripsi. Ini merupakan ringkasan dari postingan yang Anda buat di laman atas.

Dengan adanya kaidah SEO, berarti Anda tidak boleh membuat artikel konten secara serampangan. Dan ini tidak hanya terkait dengan kualitas artikel tetapi juga seberapa besar Google bisa membaca postingan. Tanpa deteksi Google, Anda hanya tinggal menulis tetapi tidak ada orang yang akan membaca tulisan tersebut.

3. Share Link ke Media Sosial

Tips menjadi blogger yang sukses berikutnya ialah share atau menyebarluaskan link website ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan WhatsApp. Tujuannya adalah, supaya orang yang membaca postingan di dalam website, sangat banyak dan rating pengunjung website juga bakal meningkat. Ini tips yang sangat penting, bahkan menjadi syarat munculnya website di laman pertama pencarian Google.

Cara menyebarkan link website tidak sulit. Anda tinggal mengcopy rangkaian kata yang diawali https atau http, yang ada di atas website. Setelah itu, buka media sosial FB atau Twitter, lalu paste di kolom Beranda dan akhiri dengan menekan tombol Enter di keyboard komputer atau laptop. Selesai, semua teman Anda akan mendapatkan link tersebut dan mereka bisa menekannya kalau ingin masuk ke dalam website.

Kalau ingin menjadikan media sosial sebagai alat untuk membesarkan website, coba buat grup terlebih dahulu di dalam medsos yang Anda pilih. Ajak seluruh teman yang memang ada ketertarikan dengan informasi yang ada, karena mereka inilah yang nanti akan membaca postingan. Kalau sudah selesai baru copy link website lalu paste di dalam grup yang telah Anda buat.

Baca Juga  Takut Tertipu atau Salah Beli? Simak 5 Tips Beli Gadget Online Terpercaya Ini
4. Berkunjung dan Memberi Komentar di Website Lain

Kalau website Anda ingin dikunjungi orang, maka kunjungilah website orang terlebih dahulu. Setelah itu, komentari artikel yang Anda baca lalu minta si pemilik website untuk berkunjung balik ke website Anda. Tips ini harus dijalankan kalau Anda ingin mendapatkan jumlah pengunjung website yang banyak.

Cara seperti ini boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan. Kalau terlalu over, Anda akan dianggap nyepam di website orang. Kalau pemilik website melaporkan ke Google, website Anda akan diblokir bahkan akan terkena banned permanen. Jadi, silakan lakukan kunjungan secara natural agar website Anda mendapatkan kunjungan balik yang aman.

5. Buat Website Satu Niche

Kalau Anda ingin sukses menjadi blogger, coba buat website tetapi untuk satu niche atau satu tema saja. Setelah itu, posting artikel yang isinya sesuai dengan tema yang telah Anda pilih. Ini lebih disukai viewer daripada Anda membuat website, untuk banyak tema kecuali website informasi. Itu pun Anda harus memasukannya ke dalam sub-sub menu.

Anda bisa membuat website informasi dengan banyak niche, asalkan siap untuk mengisi sub-sub menu secara bersamaan. Website seperti ini biasanya dikelola oleh banyak orang atau blogger, siap membayar orang yang ingin menjadi kontributor di website-nya sesuai niche yang ada. Sedangkan kalau blogger masih pemula, lebih baik buat website satu tema saja namun konsisten ketika memposting konten di dalamnya.

Kalau Anda sudah tahu tips menjadi blogger yang sukses di atas, silakan bangun website sekarang juga. Untuk domain dan hosting kalau bisa pilih yang premium, supaya website cepat terdeteksi Google. Namun kalau Anda terkendala budget, website gratisan sekelas Blogspot tetap layak dicoba asalkan Anda serius menjalankannya.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait