by

Hati-Hati Terpancing! Yuk Ikuti Tips Menghadapi Orang yang Meremehkan Ini!

Seperti yang diketahui, mau sebaik apapun dirimu, pasti akan ada orang yang tidak menyukaimu. Begitupun dengan sehebat apapun dirimu, pasti akan ada orang yang meremehkanmu. Begitupun, dengan sebaliknya. Namun, beberapa saat, hal ini sangat mempengaruhi produktivitas. Terutama jika hal ini dilakukan oleh orang terdekat. Sehingga agak kesulitan menghadapi orang yang meremehkan.

Meskipun sebenarnya, mereka pun pasti memiliki alasan mengapa meremehkan. Baik karena iri, khawatir, dan lain sebagainya. Namun, apapun alasan orang tersebut, usahakan untuk tidak terpengaruh hal tersebut. Pasalnya, itu akan mempengaruhi kinerja dari dirimu sendiri. Sehingga, secara tidak langsung feed back dari yang dilakukan kurang maksimal.

Tips Menghadapi Orang yang Meremehkan

Sebenarnya, kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi orang seperti itu. Dari mencoba berbicara secara empat mata hingga mengabaikannya. Selain itu, hal ini wajar ketika kamu akan memulai atau menuju puncak karier kamu. Seperti sebuah pepatah, semakin tinggi sebuah pohon maka semakin kencang pula anginnya. Untuk menghadapinya, kamu dapat mengikuti beberapa tips ini!

1. Bersikap tenang

Ketika menghadapi orang seperti ini, kamu perlu tenang. Pasalnya, jika tidak, kamu hanya akan tersulut emosi. Hal ini pasti akan menyebabkan beberapa hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena ketika seseorang dalam keadaan emosi. Biasanya apa yang diucapkan dan dilakukan tidak akan terkendali. Dimana semua dilakukan sesuai dengan apa yang dirasakan saja.

Tentu hal tersebut sangat berbahaya untukmu. Maka ketika mendengar ucapan tersebut, aturlah nafasmu, pahami pula bahwa setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan jika perlu tinggalkan orang tersebut. Sehingga dengan meninggalkan orang tersebut, emosinya dapat lebih stabil. Lakukan hal ini ketika ada orang yang berusaha meremehkan atau menjatuhkanmu.

Baca Juga  7 Tips Membangun Kamar Mandi Marmer yang Pasti Elegan

Sehingga, seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan hal tersebut dan lambat laun hal itu dapat dianggap angin lalu, yang tidak terlalu berpengaruh dan bukan persoalan lagi. Karena segala sesuatu memang perlu dilatih, termasuk hal tersebut.

2. Evaluasi diri dan ucapkan terimakasih

Jika kamu ingin memastikan, jalan yang telah kamu tempuh benar atau tidak. Cobalah untuk mengevaluasi diri. Seperti yang disinggung di awal bahwa orang yang meremehkan pasti memiliki sebab. Cobalah, periksa apakah yang dikatakan orang tersebut tentang dirimu maupun kemampuanmu benar adanya. Jika dirasa itu benar, lakukan koreksi diri.

Namun, jika tidak, maka kamu tidak perlu menanggapi hal tersebut. Lanjutkan apapun yang telah kamu mulai. Sehingga, apapun itu usahakan untuk dilakukan sampai akhir. Namun, sebelum itu kamu pun harus lapang dan jangan menjadikan hal tersebut alasan, untuk kamu drop hingga tidak mau menyelesaikan yang telah kamu lakukan.

Baik itu usaha yang dirintis, memulai pekerjaan baru, kuliah di kampus popular atau hal lainnya. Ucapkan pula terimakasih kepada orang yang telah meremehkanmu. Pasalnya, mereka mau menyempatkan waktu untuk menilai dirimu, di tengah kesibukan yang sedang mereka kerjakan.

3. Berbicara dengan orang yang meremehkan dari hati ke hati

Tips selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan berbicara langsung kepada orang tersebut. Namun, ketika hal ini dilakukan kamu perlu menyiapkan mental untuk menghadapinya. Pasalnya, setiap orang pasti tidak suka diremehkan oleh siapapun, termasuk orang terdekatnya. Kamu dapat menyiapkan diri dengan mencoba memahami alasan dirinya seperti itu.

Kamu dapat berbicara langsung saat dia meremehkanmu. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang secara terus menerus meremehkanmu. Namun, jika orang tersebut meremehkan baru sekali, kamu dapat menemuinya di lain waktu dan berbicara langsung dengannya. Hal ini dilakukan supaya emosimu lebih stabil.

Baca Juga  10 Manfaat Binahong untuk Kesehatan: untuk Mencegah Kanker Hingga Bisa Mengobati Luka Bakar

Ketika bertemu dengannya mintalah alasan mengapa dia melakukan hal tersebut. Cobalah untuk mendengarkan terlebih dahulu, jangan sampai kamu tersulut oleh emosi. Pada saat mendengarkan alasan yang dia lontarkan.

Dengan begitu, kamu akan lebih memahami alasan tersebut. Namun, jika alasannya tidak mendasar, kamu berhak untuk mengabaikan segala ucapan yang dilontarkan padamu saat diremehkan oleh dirinya.

4. Buktikan diri

Di zaman yang serba maju dan canggih ini, orang-orang hanya mempercayai bukti konkret. Artinya, bukan hanya omongan saja. Jika sesuatu dikatakan tanpa sebuah bukti yang kuat, bisa jadi hal tersebut dianggap hanya omong kosong belaka. Maka untuk menghadapi orang yang meremehkan, tidak perlu banyak bicara. Cukup buktikan dengan prestasi atau kemajuan.

Meskipun kemajuan maupun prestasi tidak besar. Namun, perlu diingat bahwa hal ini dilakukan bukan karena orang tersebut.  Namun, lebih kepada pembuktikan diri pada diri sendiri bahwa kamu dapat melalui semua rintangan yang ada. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa tertekan. Karena fokusnya bukan pada orang lain.

Namun, meskipun begitu ketika kamu berhasil, sebenarnya secara tidak langsung membungkam omongan orang lain. Maka, untuk melakukan hal ini, diperlukan usaha yang meliputi waktu, tenaga, dan lain sebagianya. Selain itu, kamu pun butuh motivasi yang kuat. Dengan begitu, hasil yang didapatkan atau diterima pun memiliki peluang untuk mendapatkan yang kamu mau.

5. Langsung abaikan

Selain dari beberapa tips di atas, kamu dapat melakukan tips ini. Dimana ketika diremehkan hal tersebut tidak perlu dianggap serius. Tidak perlu merespon apapun. Pasalnya, jika hal tersebut diabaikan, mereka pun akan Lelah dan jengkel sendiri.

Selain itu, kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk menghadapinya. Namun, hal ini perlu dilatih. Jangan sampai, kamu mengatakan di depan, tetapi kepikiran dibelakang mereka. Hal ini tentu akan mengganggu kamu. Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan saja.

Baca Juga  5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mental Anak Muda

Menghadapi orang yang meremehkan pasti membutuhkan mental yang sangat kuat. Pasalnya, siapapun pasti akan merasa terganggu. Termasuk orang yang meremehkan dirimu  akan merasakan hal sama pula, jika diremehkan. Dengan demikian, tidak perlu merasa minder atau  drop dengan ucapan mereka.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya