by

Hal yang Wajib diperhatikan Sebelum Liburan ke Korea, Catat ya!

Berlibur ke luar negeri memang sangat menyenangkan. Salah satu negara yang sering menjadi tujuan wisata adalah Korea. Namun, sebelum berlibur kesana ada baiknya kamu mengetahui hal yang wajib diperhatikan sebelum liburan ke Korea ya!

Korea memang memiliki nuansa keindahan alam, kultur budaya, wisata kuliner, hingga wisata belanja yang menyenangkan terutama di Korea Selatan yang identik dengan industri hiburannya. Berlibur ke Korea Selatan juga relatif lebih mudah aksesnya, karena bisa ditempuh dengan 7 jam perjalanan udara dari tanah air.

Hal yang Wajib diperhatikan Sebelum Liburan ke Korea

Korea ibarat negeri impian untuk dikunjungi, terutama bagi penggemar K-pop dan K-drama. Bagi kamu yang berencana liburan ke Korea, ada beberapa hal wajib yang harus kamu perhatikan sebelum terbang ke sana agar liburanmu tetap aman dan nyaman.

1. Siapkan paspor dan visa

Sebelum ke luar negeri, ada beberapa dokumen penting yang wajib disiapkan yaitu paspor dan visa. Paspor merupakan sebuah dokumen yang berkaitan dengan hal imigrasi. Sedangkan visa merupakan surat izin untuk memasuki sebuah negara. Persiapan dokumen tersebut hendaknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum kamu terbang ke Korea.

Mengurus visa dan paspor membutuhkan waktu beberapa hari dan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengurus visa Korea misalnya, kamu membutuhkan waktu sekitar 14 hari dan biaya sekitar Rp. 600.000 hingga Rp. 800.000. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen pendukung untuk mengurus paspor dan visa agar prosesnya lebih cepat.

2. Mata uang

Hal yang tidak kalah penting dipersiapkan sebelum berlibur ke luar negeri adalah mata uang. Mata uang yang digunakan di Korea adalah won. Oleh karena itu, sebelum pergi ke Korea hendaknya kamu menukar mata uang ke won di Money Changer. Jika kehabisan uang selama di Korea, kamu bisa mengambil uang di ATM berlogo Indonesia seperti visa atau cirrus.

Baca Juga  Ingin Lolos Tes TOEFL? Simak 9 Tips Lolos Tes TOEFL dan Mendapat Nilai Tinggi Ini!
3. Pelajari transportasi

Jika kamu berlibur ke Korea tanpa menggunakan jasa agen perjalanan, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu sistem transportasi yang ada disana. Di Korea, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti subway dan bus. Pelajari juga jalur-jalur transportasi tersebut dan sesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dituju.

4. Pelajari musim dan cuaca di Korea

Berbeda halnya dengan Indonesia, Korea merupakan negara yang memiliki empat musim. Sebelum berangkat ke Korea, pastikan untuk mengetahui kondisi musim dan cuaca yang sedang berlangsung disana. Hal ini untuk menyesuaikan perlengkapan yang akan dibawa selama liburan, seperti baju, obat-obatan, makanan ringan dan sebagainya.

Sebagai informasi, musim dingin di Korea biasanya berlangsung mulai bulan Desember hingga Februari. Musim semi berlangsung mulai Maret hingga Mei, musim panas mulai bulan Juni hingga Agustus, dan musim gugur mulai bulan September hingga November.

5. Makanan halal

Korea yang mayoritas agamanya non muslim, pasti akan sulit menemukan makanan halal. Oleh karena itu, hendaknya kamu menyiapkan diri dengan mencari tahu informasi mengenai tempat-tempat yang menjual makanan halal di Korea untuk membantumu selama disana.

6. Mengunduh aplikasi yang dibutukan

Sebelum berlibur ke Korea, hendaknya kamu mengunduh beberapa aplikasi yang akan membantumu selama disana. Kamu bisa mengunduh aplikasi peta korea, translator bahasa, hingga aplikasi untuk menunjukkan jalur-jalur transportasi di Korea. Hal ini mungkin sering lupa untuk dipersiapkan, padahal perannya sangat penting.

7. Internet

Korea merupakan salah satu negara dengan akses internet tercepat. Korea juga memiliki banyak wifi yang bisa diakses secara gratis. Namun, hendaknya wisatawan tidak hanya mengandalkan akses wifi gratis tersebut. Untuk menanggulangi hal tersebut, kamu bisa menyewa wifi portable atau membeli sim card baru.

Baca Juga  Para Penulis Wattpad, Simak 10 Cara Memperbanyak Pembaca di Wattpad Berikut Ini!
8. Penginapan

Hal yang tidak kalah penting dipersiapkan sebelum berlibur adalah mencari penginapan. Sebelum berlibur ke Korea, hendaknya kamu mencari informasi penginapan jauh-jauh hari. Hal ini supaya kamu tidak kehabisan penginapan. Apalagi jika kamu datang di waktu musim liburan.

9. Buat jadwal perjalanan lengkap

Sebelum berlibur ke luar negeri, hendaknya kamu membuat jadwal perjalanan lengkap atau itinerary. Tulislah apa saja yang ingin kamu lakukan selama berlibur dan tempat-tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Itinerary ini sangat berguna untuk menunjang keberhasilan wisata dan memprediksi budget liburan yang akan dikeluarkan.

Tips Menghemat Budget Selama Liburan di Korea

Harga barang-barang yang ada di Korea tentunya tidak sama dengan Indonesia. Hal ini membuat biaya hidup di Korea juga lebih tinggi. Oleh karena itu, untuk menghemat budget liburan di Korea, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini:

1. Belilah T-money card

T-money card merupakan kartu perjalanan yang digunakan untuk naik transportasi umum seperti subway dan bus yang ada di Korea. Harga kartu ini biasanya 3.000 won atau Rp. 35.000. Dengan kartu ini, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi. Selain itu, kartu ini juga bisa diisi ulang selama melakukan perjalanan.

2. Membawa minuman

Selama berjalan-jalan di Korea sebaiknya kamu membawa minuman sendiri di botol minuman. Hal ini untuk mengurangi biaya jajan. Sebab, harga minuman di Korea tentu lebih mahal daripada di Indonesia.

3. Membawa makanan instan

Untuk mengantisipasi sulitnya mencari makanan halal dan mengurangi biaya makan, kamu bisa membawa makanan instan dari rumah. Bawalah makanan yang mudah disajikan, seperti abon, nugget, bakso dan sebagainya.

Sebelum berlibur ke Korea, hendaknya kamu mempersiapkan diri dengan baik. Siapkan juga fisik yang kuat untuk menempuh perjalanan yang panjang. Selamat berlibur, dan semoga liburanmu menyenangkan!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya