by

Cepat Mahir Dalam Berenang, Inilah Tips Belajar Berenang Bagi Pemula

 

Teruntuk kamu yang tidak pandai berenang namun punya keinginan agar kelak mewakili pertandingan di olahraga renang, atau kamu yang hanya ingin pandai berenang agar bisa merasakan sensasi alam perairan, cobalah membaca kelanjutan artikel ini, karena artikel ini membahas informasi terkait tips belajar berenang bagi pemula.

Dan demi mempercepat tujuan pemahaman tentang topik yang hendak kita bahas, maka langsung saja kita ulas apa saja tips tersebut. Ini dia penjelasannya!

1. Melatih Diri untuk Terbiasa di Dalam Air

Langkah pertama sekali yang bisa dilakukan bagi pemula yang ingin mahir dalam olahraga renang, ialah dengan melatih diri untuk terbiasa di dalam air. Pada tahapan ini, seorang pemula tidak hanya mencoba berkenalan dengan air, namun senantiasa membawa diri menjadi antusias untuk segera melatih diri hingga dapat terbiasa dengan air.

Demikian pun, seorang pemula renang akan semakin mudah diarahkan pada tahap-tahap yang harus dilakukan selanjutnya. Dan diluar semakin mudah diarahkan, pemula juga bisa menyingkirkan anggapan bahwa air itu bahaya dan dapat menenggelamkan.

Dengan demikian, para pemula lebih berani dan lebih bersemangat untuk melatih diri. Maka bisa dipastikan hasil yang didapatkan juga akan sesuai dengan yang diharapkan.

2. Memperhatikan Cara Mengepakkan Kaki di Dalam Air

Setelah berhasil membiasakan diri ntuk berada di dalam air, kini saatnya bagi pemula untuk masuk pada tahap berikutnya. Adapun tahapan tersebut ialah memperhatikan cara mengepakkan kaki di dalam air.

Bagi seorang pemula renang, tentu saja mengepakkan kaki akan terdengar sangat membingungkan dan tidak signifikan. Oleh sebab itu, akan dijelaskan sedikit mengapa perlu mengepakkan kaki saat berenang, dan mengapa harus belajar teknik mengepakkan kaki yang benar.

Baca Juga  Cara Menghapus ICloud IPhone Saat Lupa Password

Jadi, gerakan mengepakkan kaki yang dilakukan ketika berenang berguna untuk mendorong tubuh supaya maju ke depan. Bisa bayangkan bukan, gimana jadinya kalau kamu berenang tapi badan kamu tetap berada ditempat?

Nah, sedangkan tentang mengapa harus belajar cara mengepakkan kaki yang benar, ialah agar kamu tetap bisa mengambang di dalam air dan tidak membuat kamu tenggelam secara perlahan.

Adapun teknik mengepakkan kaki yang dimaksudkan untuk pemula, ialah dengan menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah. Agar lebih memudahkan kamu melatih cara mengepakkan kaki ini, kamu bisa meminta seorang teman atau keluarga yang jauh lebih tinggi dari kamu, dan tentunya punya kemahiran dalam berenang, yakni untuk memegangimu saat sedang berlatih cara mengepakkan kaki yang benar untuk pemula. Kalau kamu sedang sendiri, kamu bisa bertopang pada sisi pinggiran kolam dan mengepakkan kaki secara perlahan.

3. Belajar Mangambil Napas Saat Sedang Berenang

Berhasil melatih diri dalam mengepakkan kaki, itu artinya seorang pemula renang sudah tepat untuk mengetahui dan mempelajari cara mengambil napas saat sedang berenang.

Belajar mengambil napas dalam hal ini tidak langsung dalam siap sedia berenang. Akan tetapi masih membutuhkan bantuan dari seseorang yang kamu yakini bisa menolong kamu saat tenggelam. Jika orang tersebut sudah kamu rasa tepat dan pas, segeralah ulang hal yang sama seperti yang kamu lakukan ketika berlatih mengepakkan kaki.

Hanya saja, perlu tambahan lainnya, yakni mengambil nafas sesekali begitu kamu menengadahkan wajah keluar dari permukaan air. Saat melakukan hal ini, anggap saja kamu seorang perenang sungguhan, sehingga kamu pun lebih termotivasi dan penuh percaya diri.

4. Belajar Menahan Nafas di Bawah Air

Tips belajar berenang bagi pemula yang berikutnya ialah menahan napas di bawah air. Menahan napas di dalam air, berguna untuk melatih pernapasan supaya lebih tahan lama ketika sedang melakukan penyelaman.

Baca Juga  3 Obat Alami Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Caranya juga mudah dan tidak harus butuh bantuan seorang teman. Cukup perhatikan tingkat kedalaman kolam, dan pastikan tidak membuatmu tenggelam.

Setidaknya usahakan hanya sebatas pinggang saja. Dengan begitu, cobalah menyelundupkan seluruh tubuh kebawah dan tahan napas sampai di waktu mana kamu bisa bertahan. Jika kira-kira tidak sanggup lagi, kamu bisa berdiri dan mengangkat kepala keluar dari dalam air. Ulangi beberapa kali, sampai ketahanan kamu semakin lebih efektif lagi.

5. Mempelajari Teknik Mengapung di Dalam Air

Beralih ke tahapan yang selanjutnya, tips belajar berenang bagi pemula, dapat dilakukan dengan mempelajari teknik mengapung di dalam air. Belajar mengapung ini dapat dilakukan dengan bantuan papan pelampung atau hal lainnya, yang tidak masuk pada golongan benda bermassa berat.

6. Mengusahakan Diri Agar Tetap Rileks dan Tidak Buru-buru

Salah satu hal terpenting dalam belajar renang ialah mengusahakan diri agar tetap rileks dan tidak terburu-buru. Tidak hanya dalam mengepakkan kaki, di seluruh tahapan yang kamu pelajari harus benar-benar dilandasi oleh poin penting ini. Tak terkecuali melatih diri dalam mengapung, menahan napas atau mengambil napas, akan tetapi pada keseluruhan yang tidak bisa dibagi-bagi.

Sebab mahir dalam renang namun terlalu buru-buru, bisa berakibat fatal seperti cedera saat renang, maupun kram secara dadakan.

7. Melakukan Tes Renang dengan Pantauan Orang Dewasa

Kalau kamu merasa bahwa diri kamu sudah bisa berenang, kamu bisa coba untuk melakukan tes renang secara langsung pada tingkat kedalaman kolam yang sedikit lebih dalam, dari tinggi badan kamu punya.

Akan tetapi, tetaplah meminta seseorang yang bisa berenang untuk memantau kamu. Hingga apabila sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, orang itu bisa dengan segera menolong dan kamu tidak berada dalam bahaya.

Baca Juga  Ini Loh 6 Tips Sehat Saat Pandemi yang Pasti Oke
8. Memperdalam Latihan dengan Mempelajari Teknik dan Gaya Renang yang Ada

Mematangkan kemampuan renang yang sudah dimiliki, alangkah baiknya kalau kamu juga memulai diri dengan memperdalam latihan yang kamu lakukan, tak lain mempelajari teknik dan gaya renang yang ada. Gaya renang tersebut ialah renang gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu dan gaya punggung.

Gimana sob, setelah membaca tips belajar berenang bagi pemula seperti di atas, apakah kamu masih menunda harapan yang ingin kamu capai?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya