by

Cara Merawat Kelinci Anggora dengan Baik dan Benar!

Pernahkah kamu melihat kelinci anggora dalam keseharianmu? Mungkin agak terkesan aneh jika menyebutnya dengan sebutan anggora, karena julukan ini hampir sama dengan spesies kucing yang kerap kali terlihat berbulu tebal. Bukan tanpa alasan, kelinci anggora yang satu ini juga memiliki bulu yang tebal layaknya kucing anggora.

Meski dirasa sering kali terlihat aneh dan berbeda dengan spesies kelinci pada umumnya, kelinci anggora memiliki perawakan penuh dengan bulu dan imut. Hal inilah yang menyebabkan kelinci anggora satu ini memiliki banyak penggemar. Mempunyai kelinci anggora tetapi bingung bagaimana cara merawatnya? Berikut cara memelihara kelinci anggora secara benar!

Spesies Kelinci Anggora

Sebelum memasuki topik pembahasan ada baiknya jika kamu mengetahui jenis spesies ini terlebih dahulu. Ialah kelinci anggora, sebuah spesies kelinci yang memiliki tubuh penuh bulu layaknya kucing anggora. Jika umumnya kelinci memiliki tubuh yang agak kecil dengan bulu yang tidak tampak lebat, namun jenis ini malah sebaliknya.

Bulu-bulu kelinci yang terlihat pekat tumbuh di sekitar leher dan perutnya, dengan begini maka kelinci tersebut memiliki tubuh yang lebih besar dari biasanya. Namun siapa sangka dengan penampilan yang bagus dan imut ini, ternyata kelinci ini memiliki perawatan yang terbilang susah.

Namun jika ditekuni akan menjadi lebih baik dan lebih terawat, karena itulah banyak orang yang memelihara kelinci anggora menyediakan fasilitas memadai.

Cara Merawat Kelinci Anggora dengan Baik dan Benar

Kamu mempunya kelinci anggora di rumah dan bingung bagaimana cara merawatnya secara benar? Mungkin ada baiknya kamu mengikuti cara-cara berikut:

1. Tempat yang Memadai

anak-anak menyentuh kelinci pemalu di luar ruangan - kelinci anggora potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu upaya pertama yang dapat kamu lakukan dalam merawat kelinci anggora, ialah dengan membersihkan tempat yang digunakan untuk tinggal. Umumnya kelinci anggora lebih memilih tinggal di daerah yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, karena dengan suhu yang ideal seperti ini dia mampu bertahan hidup normal seperti biasa.

Baca Juga  8 Cara Cepat Menurunkan Demam dan 5 Makanan Pantangannya

Kelinci anggora sendiri memiliki keunikan dimana ia tak dapat bertahan jika suhu ruangan dibawah 21 celcius. Sementara itu mengingat ukuran tubuhnya yang lumayan besar, kelinci anggora harus memiliki kandang dengan ukuran 2 kali lebih besar dari kandang kelinci biasa, hal ini supaya ia dapat bergerak secara bebas.

2. Tempat Penyimpanan Kotoran yang Besar

kelinci angora putih yang menawan di kandang - kelinci angora potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ketika kamu memiliki kelinci anggora, hal yang harus kamu persiapkan setelah menempatkan kandang dengan ukuran besar ialah penempatan tempat kotoran. Mengapa harus penempatan kotoran yang menjadi prioritas kedua? Hal ini karena penempatan yang baik akan turut menjaga kesehatan si kelinci tersebut.

Tentu saja kamu tak ingin bukan jika memiliki kelinci anggora yang mengeluarkan kotoran secara sembarangan? Dari hal itu kamu bisa mencegahnya dengan cara memberikannya tempat kotoran yang cukup luas dan juga nyaman.

Biasanya tempat kotoran ini terdiri dari kotakan agak besar dengan jerami di bawahnya. Untuk pembersihannya sendiri, kamu dapat melakukannya setiap 2 hari sekali demi menjaga kesehatan si kelinci.

3. Bekali dengan Nutrisi

fluffy angora kelinci makan herbal di rumput - makan kelinci angora potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setiap kamu mempunyai hewan pasti yang kamu usahakan dari hewan tersebut ialah tumbuh kembangnya. Di sinilah pemberian pakan dan juga suplemen menjadi tolok ukur bagi kesehatan dan juga perkembangan tubuhnya. Umunya kelinci anggora lebih menyukai rumput jerami daripada wortel, namun akan lebih baik jika kamu memadukan kedua makanan tersebut.

Memelihara kelinci anggora membutuhkan berbagai nutrisi yang mampu melengkapi daya tumbuh kembangnya. Salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan ialah vitamin A, bukan tanpa alasan vitamin A akan membuat pergerakan mata kelinci, akan semakin tajam dalam mengikuti sesuatu.

Selain itu kamu juga tidak diperbolehkan memberikan makanan seperti jagung, brokolidan tomat karena tidak akan cocok untuk spesies tersebut.

Baca Juga  Yuk Latih Kucing Peliharaanmu Agar Lebih Penurut
4. Jangan Kurung Kelinci Terus Menerus

kelinci berbulu - kelinci angora potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika kamu memiliki kelinci anggora di rumah, maka hal yang perlu kamu lakukan ialah dengan tidak mengurungnya di dalam rumah. Karena kelinci anggora tidak seperti kelinci biasa melainkan sangat aktif dan lincah, jika kamu terus-terusan mengurungnya di dalam rumah, maka hal yang akan terjadi kelinci milikmu akan merasa stres dan tidak sehat.

Namun, jika kamu melakukan hal yang sebaliknya maka akan berkemungkinan kelinci yang kamu miliki akan berkembang dengan sangat baik dan tentunya lincah. Kamu bisa melakukan latihan kelinci milikmu dengan membiarkannya lepas sejenak agar ia bisa beraksi sesuai kemampuannya.

5. Bersihkan Bulu Kelinci

kelinci angora berbulu putih duduk di atas koper coklat tua. hewan, hewan pengerat. konsep paskah. - kelinci angora potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Hal yang terakhir dalam rangka memelihara kelinci anggora ialah dengan membersihkan bulu-bulunya sampai bersih, agar tidak terdapat kotoran yang menempel. Tentu saja hal ini sangat berguna, jika kelinci milikmu sering kali terlihat beraksi bahkan sampai di rumput-rumput rumah. Dengan membersihkannya, maka kelinci anggora milikmu akan terbebas dari bakteri yang menempel.

Dengan begitu maka kelinci milikmu akan terminimalisasi dari penyakit. Kamu dapat membersihkan bulu-bulu yang menempel dalam dirinya dengan cara membasuhnya dengan air hangat dengan campuran sabun. Lakukan secara pelan-pelan dan jangan terburu-buru, alangkah lebih baik jika kamu sampai membilas bersih segala kotoran dan mengeringkannya dalam kandang.

Nah, itulah tadi bagaimana cara memelihara kelinci anggora dengan baik dan benar. Jika kamu memiliki spesies ini di rumah dan sering kali terlihat murung ataupun tidak aktif, kamu dapat melakukan cara-cara diatas untuk menaikkan potensi kelinci anggora milikmu. Jangan sampai ia strss karena bisa berakibat fatal. Kamu dapat mengikuti cara-cara di atas untuk mencegahnya, selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya