by

Cara Merawat Bunga Mawar dengan Baik dan Benar

Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga cantik yang satu ini? Bunga dengan warna yang dominan merah menggoda, telah dijadikan sebagai lambang dari perasaan yang bersejarah. Di Indonesia, bunga mawar tergolong sangat mudah untuk dijumpai, baik pada rumah-rumah penduduk maupun toko florist yang mulai menjajakannya di beberapa tempat.

Nah, bagi kamu para pencinta bunga mawar, yuk, simak cara untuk merawat bunga mawar dengan cara yang benar berikut ini.

1. Memilih Wadah untuk Tanaman Mawar

close up dari wanita tangan menanam mawar dalam pot - plant roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Memilih wadah untuk tumbuh bunga mawar, berguna dalam pemastian akan keadaan mawar ketika merambatkan akar. Sebab hal inilah yang menjadi faktor utama dalam pertumbuhan bunga mawar. Akan tetapi, bagi kamu yang saat ini sedang bertanam di dalam wadah yang berbentuk pot ataupun sejenis lainnya, tidak akan menjadi masalah.

Namun demikian, kamu juga harus lebih memperhatikan banyaknya air yang kamu berikan saat melakukan penyiraman pada bunga mawar.

Hal ini disebabkan oleh asupan air yang diberikan secara berlebihan, akan tertampung di dalam pot serta sulit keluar melalui celah lubang yang ada di bawahnya.

Sedangkan yang bertanam di pekarangan, air tidak akan tertahan, oleh karena siraman air yang diberikan akan turun ke dasar tanah serta berbagi resapan pada luasan tanah yang ada.

2. Memperhatikan Waktu Penyinaran Pada Mawar

mawar merah dan merah muda di pot bunga di balkon perairan dengan cabang anggur. - plant roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mawar yang berada di bawah terik matahari dalam waktu penuh, tidak akan membuat mawar bertumbuh, justru sebaliknya, bunga ini akan layu dan perlahan gagal tumbuh.

Waktu penyinaran yang baik bagi mawar berada di antara jam 9 hingga 11 siang. Untuk selebihnya, mawar diletakkan padat tempat yang sejuk dengan penyinaran yang tidak akan mengenainya secara langsung.

Baca Juga  Tips Menabung Bagi Pasangan Muda dan Manfaatnya!

Bagi kamu yang menanam bunga ini di pekarangan, cara efektif yang dapat kamu lakukan ialah dengan menghalangi pantulan sinar matahari dengan beberapa benda.

Atau dapat memindahkan bunga mawar pada tempat yang dekat dengan pohon, hingga bayangan akan pohon ini akan melindungi bunga mawar dari penyinaran.

3. Memberi Pupuk Secukupnya

tukang kebun tanam semak mawar ungu di hamparan bunga - plant roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pupuk merupakan media pangan bagi tanaman. Meski telah menjadi media pangan, pemberian pupuk secara berlebihan pun dapat membuat tanaman gagal untuk bertahan. Demikian pula dengan mawar.

Dewasa ini banyak pecinta mawar yang kebingungan untuk memilih pupuk yang tepat bagi mawar. Hal ini membuat pecinta mawar menyerah dan tak mau berusaha.

Nah, bagi kamu yang juga bingung untuk melakukannya, cobalah memulai dengan memakaikan sisa pemakaian bubuk teh yang selama ini kamu buang.

Selain tidak sulit didapatkan, hal ini juga berguna untuk mengurangi pemborosan yang kamu lakukan ketika membuang sisa pemakaian.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yakni jika memakai sisa bubuk teh ini, pastikanlah bubuk tersebut telah dingin dan belum tercampur dengan larutan gula.

Jika sudah memenuhi syarat demikian, kamu dapat mencobanya dengan membuka lapisan pembungkus bubuk teh nya terlebih dahulu.

4. Memperhatikan Pertumbuhan Mawar

gadis balita kecil yang cantik dengan gaun warna-warni merah menyiram bunga mawar mekar dengan kaleng air anak-anak. anak yang bahagia membantu di kebun keluarga, di luar ruangan pada hari cerah yang cerah yang hangat. - plant roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dalam masa pertumbuhan, ada kalanya mawar akan terkena hama ulat, bintik tanaman, atau daun yang mulai mengering dan mulai membusuk. Kegagalan dalam bentuk ini dapat menyebar secara perlahan dan merusak keseluruhan dedaunan, yang masih tampak hijau dan juga segar.

Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu memperhatikan beberapa kemungkinan penyebabnya. Yaitu, dengan memastikan apakah ada tanaman yang terkena hama ulat tumbuh di sekitaran bunga mawar.

Dan apakah letak bunga mawar, merupakan tempat yang kerap terkena debu dari sisa penyapuan yang kamu lakukan, atau dekat dengan area sampah pembuangan?

Baca Juga  7 Tips Mulai Belajar Menjahit untuk Kamu yang Ingin Jago Menjahit

Pada masalah daun yang mengering, kamu perlu memperhatikan asupan air yang kamu berikan, sebab keringnya daun merupakan akibat dari kurangnya asupan air.

Dan pada daun yang membusuk, asupan air yang diberikan ialah berlebihan. Inilah alasan mengapa perlunya memastikan takaran kebutuhan air bagi mawar.

5. Pemangkasan Pada Mawar

perawatan kebun - prune roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Merawat bunga mawar tak hanya sampai di sana saja. Kamu juga harus melakukan pemangkasan pada tanaman ini dalam waktu tertentu.

Pemangkasan umumnya dilakukan untuk membuang bagian mawar yang dapat menularkan wabah, seperti daun yang membusuk, berulat atau bintik tanaman.

Namun, pemangkasan mawar di bagian penghujung cabang juga dapat membuat tanaman mawar menjadi lebih lebat dan lebih cepat dalam menumbuhkan bunga.

Akan tetapi, hal ini tetap tergantung pada kemauan si penanam, yakni jika ingin menunggu proses pembuahan bunga dalam waktu yang seadanya juga bisa.

Dan jika ingin memotong bagian ranting agar lebih cepat menumbuhkan bunga pun boleh saja. Semuanya bisa dilakukan sesuai kemauan yang diinginkan.

6. Menjaga Ketahanan Bunga Pertama

wanita berkebun di halaman belakang - prune roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bunga mawar yang tumbuh dan mekar untuk kali pertama, biasanya akan tumbuh menjadi bunga dominan, yang menentukan pertumbuhan bunga selanjutnya.

Hal yang dimaksud ialah bahwa saat bunga mawar pertama telah mekar dan tumbuh dengan baik, maka bunga selanjutnya pun akan tumbuh sedemikian.

Karena itulah kamu harus berupaya, semaksimal mungkin agar sebagaimana mestinya, bunga pertama ini tidak sampai rusak ataupun terpetik.

Banyak sekali kaum hawa yang tidak dapat membendung sensasi rasa senang kala melihat bunga ini mekar dengan segar, apalagi jika bewarna cerah dan menggoda.

Hingga di antara mereka ada yang sadar maupun tidak sadar, telah menjulurkan jari jemari mereka dan mulai memetiknya dalam satu patahan.

Baca Juga  Tips Berburu Barang Diskon di E-Commerce, Agar Tak Menguras Dompet

Alhasil, bunga mawar sulit untuk kembali tumbuh dan berbunga, bahkan fatalnya ada yang sampai tidak dapat lagi menumbuhkan bunga yang indah.

Karena itu, alangkah baiknya jika kita memperhatikan ketahanan bunga pertama pada tanaman. Termasuk pada mawar yang kamu tunggu dengan sabar.

7. Pengembangbiakan Tanaman Mawar

pria di taman memangkas bunga - prune roses potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika tanaman mawar telah tumbuh dengan baik, maka akan tiba saat nya tanaman ini tumbuh menjadi tanaman dewasa yang layak untuk dikembang biakan.

Pada langkah ini, kamu hanya perlu melakukan penanaman dengan cara stek batang. Yakni, dengan mengambil segmen pada bagian batang mawar yang baru.

Untuk ukuran panjang dapat diambil sekitar 6-7 cm. Jika sudah demikian, kamu dapat menanamkannya di dalam wadah tanam yang kamu telah sediakan.

Sedangkan untuk pertumbuhan mawar di selanjutnya, dapat kamu lakukan dengan mengulangi cara yang sama seperti yang ada diatas, yakni secara teratur setiap waktunya.

Nah, ternyata merawat bunga mawar tidak sesulit yang kita bayangkan bukan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk di coba…

Comment

Artikel Terkait