by

Cara Mengatasi Lupa Sandi Aplikasi Instagram dengan Tepat, Dijamin Berhasil!

Suka hal-hal yang berbau tren masa kini menandakan bahwa kamu memiliki aplikasi bernama Instagram. Faktanya hal tersebut sudah merebak dengan luas di aplikasi yang sudah muncul lama itu. Pada saat ingin menggunakan Instagram, pasti kamu akan melakukan login terlebih dahulu jika sudah mendaftar, atau register jika belum mendaftar. Namun apa yang terjadi bilamana kamu melupakan password dari akun yang sudah kamu registrasi?

Itulah yang kemudian menjadikanmu khawatir, bagaimana cara mengakses Instagram kedepannya bila sandi masuk saja lupa. Tetapi tenang, lupa akan password sudah menjadi hal yang wajar bagi manusia. Masih ada cara kok untuk mengatasinya, kamu ingin tahu bagaimana sih cara agar akun tetap aman saat lupa sandi ketika login Instagram? Berikut ulasan lengkapnya!

Fitur Privasi Instagram

Semua aplikasi yang sudah terdaftar di layanan google play store, kemungkinan besar sudah mempunyai izin yang jelas dan memiliki hak cipta. Jika sudah begini maka tidak akan ada lagi para pembuat aplikasi yang mengatasnamakan dirinya sebagai pembuat asli. Pada akhirnya secara eksternal Instagram sudah aman dan terpercaya. Tetapi bagaimana dengan bagian internal yang dimilikinya?

Nah untuk menjawab hal tersebut, instagram mempunyai fitur bernama privasi, yang mana memungkinkan bagi pengguna untuk menyembunyikan data mereka setelah mendaftar, dengan cara melakukan login ketika memasuki aplikasi.

Dengan begini keamanan internal Instagram juga sudah terbukti efektif. Namun tiap-tiap seseorang pasti memiliki daya ingat yang berbeda, apa yang akan terjadi ketika akun yang akan login ternyata lupa sandi?

Jawabannya ialah kegagalan login, pasalnya password yang kamu masukkan tidak pernah sesuai dengan data password yang sudah diregister, sehingga kamu dianggap oleh sistem sebagai pengguna lain.

Baca Juga  7 Tips Mulai Belajar Menjahit untuk Kamu yang Ingin Jago Menjahit

Hal ini tentu saja membuat kebingungan para pengguna awam Instagram, untuk hal itu pihak Instagram menyediakan fitur lupa sandi yang mana akan membantumu dalam proses pemulihan akun. Sangat bermanfaat bukan!

Terlepas dari semua itu, keamanan sandi yang sudah kamu tulis dahulu saat registrasi pasti akan terjamin jika kamu mengaktifkan fitur simpan sandi. Dengan begitu kamu tak perlu repot-repot lagi untuk mengingat sandi, nah pihak Instagram sendiri sudah mengantisipasi hal terkait lupa sandi dengan beberapa layanan tersebut. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi saat kamu lupa sandi akun. Sudah tidak merasa khawatir tetapi masih bingung bagaimana caranya?

Cara Atasi Lupa Password Instagram

Setelah kamu mengetahui secara mendetail apa saja fitur privasi yang terdapat di Instagram, bagi kamu yang masih kebingungan bagaimana sih cara yang digunakan untuk tetap bisa masuk ke akun namun sandinya masih lupa? Tenang saja, berikut cara-cara yang dapat kamu gunakan:

1. Melalui Email Hp

Cara yang paling umum sekaligus ramai digunakan ialah cara yang satu ini. Mengapa ramai yang melakukannya? Karena cara yang ini terbilang mudah dan dapat dipahami sekali lihat saja. Untuk cara yang pertama ini hal yang perlu di butuhkan ialah akun dengan akses email bukan Facebook. Hal ini dilakukan supaya kamu tinggal melihat notifikasi langsung lewat gmail. Adapun caranya ialah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi instagram dan pilih menu login, pilih menu bawah piliha daftar yakni lupa sandi. Nah di sinilah letak fitur privasi yang dibicarakan di atas tadi.
  • Selanjutnya kamu akan diperintah untuk menuliskan alamat email beserta passwordnya. Jangan khawatir ini bukan aplikasi phising jadi sebaiknya percaya saja.
  • Kemudian pihak Instagram akan memproses pemulihan akun dan pergantian kata sandi melalui email yang sudah kamu masukkan, pastikan isi email dengan benar supaya prosesnya lebih cepat.
  • Jika sudah coba cek Gmail di hp kamu, namun perlu diingat jika kamu memiliki lebih dari 2 akun, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Gmail saat ini sudah sama dengan alamat email yang kamu tulis tadi.
  • Temukan pesan yang menyatakan pergantian sandi Instagram, klik untuk mulai memasukkan sandi baru.
  • Jika sudah kamu bisa melakukan konfirmasi dan otomatis data kata sandi barumu akan tersimpan di Instagram.
  • Silahkan login kembali ke dalam Instagram, masukkan sandi baru yang sudah kamu buat. Pasti akan berhasil!
  • Jika ternyata gagal maka kamu harus mengulanginya lagi atau bisa mengingat-ingat, apakah kata sandi yang baru saja dimasukkan sudah sesuai dengan kata sandi baru.
Baca Juga  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di PC: Bantu Proses Editing Lebih Nyaman dengan Hasilnya yang Keren
2. Melalui Facebook

Jika cara di atas terkhusus untuk akun Instagram yang sudah terhubung dengan email, maka bagi kamu yang mengaitkan akun Instagram dengan Facebook juga bisa mencoba caranya sendiri. Yakni lewat Facebook website, langsung saja berikut caranya!

  • Masuk ke dalam akun Instagram yang sudah terhubung dengan Facebook.
  • Pilih opsi login with Facebook dan klik sampai muncul sebuah pop up atau pemberitahuan dari Facebook terkait pergantian kata sandi.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa memasukkan kata sandi baru untuk Instagram. Usahakan saat membuat kata sandi baru tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Tujuannya hanya untuk keamanan dirimu sendiri. Jadi buatlah sesimpel mungkin dan mudah diingat ya!
  • Jika sudah klik reset kata sandi, kamu sudah bisa login ke Instagram sekarang. Tentu saja dengan kata sandi baru.

Nah, itulah tadi bagaimana cara mengatasi akun Instagram yang lupa kata sandi. Kamu bisa mempraktekkan cara ini jadi jangan khawatir lagi jika lupa sandi akun. Selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya