by

Cara Mencuci dan Merawat Gaun Pesta yang Benar

Hampir semua perempuan menganggap gaun pesta merupakan salah satu pakaian yang penting karena dipakai saat menghadiri pesta. Walaupun sama-sama salah satu jenis pakaian, tetapi dalam mencuci dan merawat pakaian satu dengan lainnya tidak bisa disamakan.

Hal ini karena pakaian satu dengan yang lainnya terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan gaun pesta. Gaun pesta biasanya terbuat dari kain payet dengan taburan manik-manik, renda, mutiara dan lain sebagainya. Lalu kira-kira bagaimana cara mencuci dan merawat gaun pesta yang benar ini? Berikut ulasannya.

1. Cara Mencuci Gaun Pesta yang Benar

Sebelum kamu membaca mengenai ulasan merawat gaun pesta yang benar, kamu hendaknya membaca ulasan mengenai cara mencuci gaun pesta yang benar terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah cara mencuci gaun pesta yang benar:

  1. Apabila kamu benar-benar ingin gaun kamu menjadi bersih dan nyaman saat dipakai. Kamu bisa mencucinya dengan cara membalik gaun ke arah dan menggunakan air dingin untuk mencucinya, kemudian pakai sabun serta lap dengan ringan.
  2. Setelah kamu cuci, gaun kamu gantung dan pastikan jangan sampai ada bagian yang terlipat atau keriput. Jangan kamu peras gaun kamu dan pastikan gaun bisa terkena angin.
  3. Apabila gaun pesta kamu sudah kering, gunakan sponge yang sedikit basah untuk membersihkan bagian luar gaun dengan perlahan agar tidak merusak aksesoris gaun.
  4. Simpan gaun pesta dalam keadaan yang telah kering ke dalam almari pakaian. Pastikan almari pakaian tidak lembab agar tidak membuat gaun menjadi berjamur.
  5. Agar gaun menjadi bersih maksimal, kamu bisa menyemprotkan pewangi pakaian atau pewangi laundry pada gaun agar wangi dan segar.
2. Merawat Gaun Pesta

Setelah mengetahui cara mencuci gaun pesta yang benar, sebaiknya kamu juga harus mengetahui cara merawat gaun pesta. Kira-kira bagaimana ya cara merawat gaun pesta itu? Berikut ulasannya!

Baca Juga  Kesal Pekerjaan Rumah Tak Kunjung Selesai? Coba Life Hack Pekerjaan Rumah Berikut Ini
1. Bersihkan Bagian Gaun yang Terkena Noda

Sebelum gaun pesta yang berpayet atau memiliki banyak hiasan yang membutuhkan perawatan yang ekstra disimpan dalam almari, sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu semua noda atau kotoran yang ada di gaun.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda ini ialah kamu bisa membersihkannya dengan mencucinya atau kamu juga bisa membersihkannya dengan metode dry cleaning.

Kalau kamu kebingungan harus menggunakan teknik yang mana untuk membersihkan gaun ini, kamu bisa membaca label perawatan yang biasanya ada bersama dengan gaun, sehingga kamu bisa langsung mengikuti petunjuk perawatan gaun tersebut.

2. Keringkan dan Letakkan Gaun pada Bidang yang Datar

Setelah kamu mencuci gaun pesta kamu, mungkin kamu merasa jika berat gaun pestamu semakin bertambah karena kemasukan arin di kainnya. Oleh karena itu, saat mengeringkannya sebaiknya kamu letakkan gaun kamu di bidang datar dengan suhu ruangan.

Meletakkan gaun pesta pada bidang datar ini bukan tanpa sebab, alasannya ialah gaun yang dikeringkan dengan cara digantung beresiko tinggi mengalami kerusakan pada bentuknya. Untuk membantu proses pengeringan kamu juga bisa meletakkan handuk yang bersih tepat di bawah gaun.

3. Jangan Setrika Gaunmu

Jika pakaian biasa dianjurkan untuk disetrika agar rapi, hal ini berbanding terbalik dengan gaun pesta. Apabila gaun pestamu penuh dengan payet, manik-manik, atau perhiasan lainnya, sebaiknya jangan kamu setrika, sebab hal ini bisa membuat warna serta bentuk payet rusak, bahkan ada beberapa kejadian yang sampai membuat payet atau perhiasan yang menempel pada gaun terlepas karena terkena panas dari setrika.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin membuat gaun pestamu tetap rapi dan tidak lusuh, kamu tetap bisa menyetrikanya, tetapi menggunakan setrika uap. Saat melakukan setrika uap ini, sebaiknya jarak antara gaun dengan setrika uap ialah 10 sampai 15 cm dan suhu yang digunakan jangan sampai terlalu panas.

Baca Juga  Para Penulis Wattpad, Simak 10 Cara Memperbanyak Pembaca di Wattpad Berikut Ini!
4. Perhatikan Cara Menyimpan Gaun

Nah, cara kamu menyimpan gaun juga memberikan pengaruh pada kualitas gaun. Sebaiknya ketika menyimpan gaun, gaun yang telah bersih dan rapi kamu gantung menggunakan gantungan lengkap, dengan bantalan busa yang lembut untuk menjaga bentuk gaun, serta menghindarkan gaun dari kerusakan, seperti robek, dan lain sebagainya.

Untuk menghindarkan gaunmu dari debut atau jamur yang kapan saja bisa datang, sebaiknya gaun kamu simpan dengan melapisinya menggunakan plastik yang dikhususkan untuk membungkus pakaian. Dan sebaiknya gaun pesta ini dipisahkan dengan pakaian sehari-hari agar gaun tidak terkena noda yang bisa merusak gaun.

5. Gaun Sesekali Kamu Keluarkan

Sebelum kamu menggunakan gaun-gaun pesta kamu untuk menghadiri pesta undangan, sebaiknya gaun-gaun ini sesekali dikeluarkan dari dalam almari.

Biarkan saja apabila gaun menjadi terpapar angin, hal bertujuan untuk menghindarkan gaun dari bau yang tidak sedap karena terlalu lama disimpan dalam almari. Atau kamu juga bisa menghalau bau yang kurang enak tersebut menggunakan pewangi almari.

6. Taruh Kapur Barus atau Pewangi Didekat Gaunmu

Untuk menghindari tumbuhnya jamur atau masuknya hewan yang bisa merusak gaun, sebaiknya kamu tambahkan kapur barus atau pewangi pada gaun. Hal ini agar gaun menjadi wangi dan terhindar dari kerusakan.

Itu tadi beberapa cara mencuci dan merawat gaun pesta. Apabila kamu sudah tau jika gaun pesta itu memiliki harga yang cukup mahal, dalam melakukan perawatannya kamu juga harus menggunakan cara-cara di atas untuk menghindarkan gaunmu dari kerusakan.

Comment

Artikel Terkait