by

Cara Memulai Bisnis Sederhana dengan Instagram Dalam Waktu Singkat 

Hai para Sobat LintasHaba, apakah kamu ingin memulai bisnis sederhana dalam waktu dekat ini? Yep, jika benar simak lebih lanjut artikel ini tentang “Cara Memulai Bisnis Sederhana Dengan Instagram Dalam Waktu Singkat” berikut ini.

Bagi penggemar pengguna Instagram tentu kamu tahu, bahwa Instagram saat ini telah dilengkapi dengan fitur Instagram Shopping. Dan kini telah tiba untuk memanfaatkan fitur ini, dengan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk memulai sebuah bisnis sederhana.

Dengan 1 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah platform jejaring sosial paling populer ke-6 di dunia. Menurut data statistika yang kami temukan, lebih dari 200 juta Instagrammer mengunjungi setidaknya satu Profil Bisnis setiap hari.

Bahkan, 60% dari mereka melakukannya untuk menemukan produk baru. Dan hingga 90% akun mengikuti setidaknya satu akun bisnis di Instagram loh. Maka, mulailah dan buat dunia bisnis menjadi lebih menyenangkan dengan Instagram!

Jadi, jika kamu ingin mengikuti tren Instagram untuk sementara waktu, so tunggu apa lagi. Ikuti 5 petunjuk cara memulai bisnis sederhana dengan Instagram dalam waktu singkat ini, check it out!

1. Pilih Produk yang Unik dan Sesuai Minat Ya!

Instagram adalah platform media sosial dengan fokus berat pada semua hal visual. Menurut platform ini, orang-orang datang ke platform Instagram untuk mendapatkan inspirasi dan menemukan hal-hal yang mereka minati. Sehingga, akan lebih mudah untuk menjual produk yang memiliki daya tarik visual atau estetika yang kuat. 

Berikut adalah beberapa ide produk yang sedang tren dalam beberapa waktu terakhir:

  • Desain grafis.
  • Tipografi.
  • Pakaian, yaitu t-shirt, kaus hingga topi.
  • Aksesoris dan DYI, yaitu stiker, casing handphone hingga perhiasan.
  • Produk kecantikan.
  • Perlengkapan dan dekorasi rumah, yaitu seni dinding dan mug.
  • Barang outdoor dan olahraga, yaitu jogger, hoodie hingga tas.
  • Layanan dan pelatihan.
  • Kursus dan lokakarya online.
  • Influencer Instagram, contohnya kecantikan, makanan, kesehatan dan kebugaran, perjalanan, seni hingga fotografi.

EITTS, jangan khawatir! Jika kamu sudah menentukan produk yang kamu jual tetapi, tidak termasuk dalam salah satu ide yang disebutkan di atas. Yang paling penting, kamu harus memiliki hasrat yang kuat untuk apa yang kamu jual, it’s fine!

2. Yang Paling Penting, Siapkan Akun Bisnis Instagram

Ingat dan ketahui ya, bahwa profil bisnis di Instagram seperti kartu nama interaktif. Hal ini akan memberikan pengalaman pemasaran yang lebih baik bagi kamu, selaku pemilik bisnis pastinya. Tak hanya itu saja, ini juga membantu pelanggan terhubung ke bisnis kamu dengan lebih mudah!

Nah, berikut ini ada ringkasan tentang benefit atau keuntungan dalam Akun Bisnis Instagram loh. Yuk simak!

Dapat menambahkan lebih banya informasi ke profil, seperti alamat bisnis, situs web, informasi kontak, nomor telepon dan masih banyak lagi.

Adanya fitur Instagram Insights, ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengikut dan postingan yang berkinerja baik. Setiap postingan memiliki kesempatan untuk dilakukan promosi, guna mendorong tujuan bisnis kamu.

3. Buat Konten Instagram yang Selalu Eye Catching Ya!

Dengan hampir 1 miliar pengguna di dunia yang menelusuri berbagai konten Instagram, kira-kira bagaimana cara kamu untuk membuat mereka memperhatikan produk milik kamu? 

Ehm, ingat ya trik untuk mendapatkan perhatian lebih banyak orang adalah, konsistensi dan konten berkualitas tinggi. Konten berkualitas membangun identitas merek dan citra profesional kamu loh. Sehingga, semakin banyak konten kamu yang eye catching secara konsisten, semakin tinggi peluang untuk membangun basis pelanggan setia untuk menghasilkan penjualan.

Nah, caranya juga mudah kok simak yaa!

Pilih tema atau estetika yang berbeda tetapi tetap menonjolkan keunikan. Pastikan juga, setiap konten yang kamu posting memiliki kesan visual yang kuat ya!

Tingkatkan konten kamu dengan alat kreatif dari fitur Instagram, seperti Layout, Boomerang atau Hyperlapse. Kamu juga dapat menggunakan fitur carousel untuk menambahkan beberapa foto atau video dalam satu iklan, tanpa harus membuat postingan terpisah. 

Terbitkan pula tutorial, kuis hingga jajak pendapat Q&A. Untuk membuat postingan ini tetap menyenangkan, kamu bisa menggunakan fitur Instagram Story ya! 

4. Gunakan Instagram Shopping!

Oya, fitur Instagram Shopping ini termasuk dalam ditur yang relatif baru. Tapi, ketahui manfaat dengan Instagram Shopping ini dapat menawarkan bisnis etalase yang imersif loh. Bahkan, para pelanggan dapat menandai produk yang mereka inginkan secara langsung. Dengan cara ini, maka pelanggan kamu akan memiliki akses ke harga dan detail produk selengkapnya. 

Nah, kali ini kelebihan dari fitur Instagram Shopping, yuk simak! 

  • Pelanggan dapat menjelajahi produk dengan satu ketukan yang praktis.
  • Postingan produk kamu dapat dibagikan, dijelajahi dan dijangkau oleh pelanggan baru.
  • Lebih efektifnya lagi, kamu dapat menandai hingga 5 produk per gambar atau 20 produk per carousel.
  • Hebatnya, pelanggan dapat mengetuk “Belanja sekarang” untuk mengunjungi situs web kamu dan menyelesaikan pembelian mereka.
5. Jangkau Influencer Agar Produk Lebih Dikenal!

Kolaborasi Instagram memainkan peran penting dalam strategi media sosial loh. Konsumen tidak lagi mempercayai iklan tradisional, dan mereka mempercayai apa yang orang katakan sebagai hal review. Jadi, di sinilah pemasaran influencer menjadi lebih relevan untuk digunakan. Metode ini adalah metode akuisisi yang tumbuh paling cepat dalam hal menjangkau pelanggan online.

Pemasaran influencer adalah ketika ketika sebuah merek, bisnis atau pengusaha bekerja sama dengan influencer untuk mewakili produk mereka. Nah, yang menjadi influencer ini pada dasarnya adalah siapa pun yang memiliki kehadiran media sosial yang besar.

Inilah cara untuk menjangkau influencer, yuk simak!

  • Identifikasi influencer Instagram yang beresonansi atau sejalan dengan audiens target bisnis kamu.
  • Tentukan dan tetapkan perkembangan jadwal, yaitu tentang berapa banyak postingan yang kamu harapkan dari influencer untuk ditempatkan di profil mereka.
  • Buat kesepakatan terkait harapan dan proses timbal balik. Ketahui juga bahwa bekerja dengan mikro-influencer hampir tujuh kali lebih efektif daripada bekerja dengan influencer yang memiliki pengikut lebih banyak.

Cara terbaik untuk menjual di Instagram adalah melakukan promosi silang di platform media sosial lain bila memungkinkan ya! Kamu dapat menyebarkan postingan kamu di Halaman Facebook dan profil Twitter.

Inilah bagian akhir dari artikel “Cara Memulai Bisnis Sederhana Dengan Instagram Dalam Waktu Singkat”. Jika kamu ada pertanyaan lebih lanjut, sampaikan di kolom komentar ya!

Baca Juga  7 Rekomendasi Camilan Pereda Stres, Semuanya Enak Banget

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait