by

Cara Memilih Durian yang Bagus: Pecinta Durian Wajib Menyimak

Bagi sebagian orang durian merupakan salah satu buah favorit yang memiliki bau dan rasa yang khas dan enak. Tampilan buah durian yang penuh dengan duri dan tidak seperti buah pada umumnya, membuat buah ini kerap membuat orang lain penasaran dengan isi dan rasanya.

Namun, sayangnya hal itu juga yang membuat buah ini terkadang sulit untuk dideteksi apakah kondisi di dalamnya bagus atau tidak. Untuk itu, berikut ini cara memilih buah durian yang bagus.

1. Lihat dengan Seksama Warna dan Bentuknya

Tidak selalu berdasarkan warna, warna cantik pada durian tidak pasti bisa yang menentukan kematangan dan rasa enak dari durian itu sendiri. Warna durian ini beragam, ada warna hijau, kuning, dan coklat. Durian yang warnanya hijau bisa jadi karena memang karakteristik dari warna durian tersebut, jadi bukan berarti durian tersebut mentah.

Cara yang bisa dilakukan untuk memilih durian yang bagus ini ialah dengan memilih durian yang berbentuk bulat, sebab pada umumnya durian yang memiliki bentuk bulat ini mempunyai daging, yang berwarna kuning dan lebih matang apabila dibandingkan dengan durian yang bentuknya lonjong.

Durian yang bentuknya lonjong ini biasanya memiliki daging yang sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan sampai terkecoh dengan bentuk dan warna durian, ya!

2. Lihat Duri dan Batang Durian

Duri yang menempel pada kulit durian menjadi ciri khas buah yang satu ini, maka tak heran jika kamu bisa memilih durian yang bagus melalui duri dan batang durian. Buah durian yang memiliki bentuk duri yang pendek dan jarang-jarang dipercaya lebih manis, dibandingkan dengan durian yang memiliki duri yang panjang dan berdempet-dempet atau banyak.

Baca Juga  Lebaran Sudah Tiba, Kini Saatnya Berwisata Ke Kebun Kurma Barbate Aceh Besar

Kemudian tangkai durian yang kecil dan panjang menunjukkan daging durian tipis dan sedikit, sementara durian yang tangkainya tebal dan pendek, menunjukkan durian memiliki daging buah yang tebal dan banyak.

Kemudian kamu juga bisa melihat lama tidaknya durian diambil dari pohon melalui tangkai bagian atas durian. Apabila tangkai durian tidak bergerak atau sudah kering, tandanya durian tersebut sudah lama diambil dari pohon. Apabila tangkainya masih bergetah, tandanya durian tersebut masih baru diambil dari pohon.

3. Cium Aroma Durian dan Dengarkan Suaranya

Salah satu ciri khas durian selanjutnya ialah durian mempunyai aroma yang menyengat, yang bagi sebagian orang baunya begitu harum dan sebagian lainnya sangatlah mengganggu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memilih durian yang bagus.

Durian yang memiliki aroma yang harum tandanya dagingnya kuning dan manis. Tak perlu menyayat durian tersebut, kamu cukup mengangkat durian tersebut dan mendekatkannya ke hidung, sehingga secara otomatis kamu bisa langsung mencium durian tersebut tanpa menyayatnya.

Kemudian setelah kamu mencium aroma durian tersebut, kamu bisa mendengarkan suara durian dengan cara mengetuk-ketuknya. Durian yang sudah matang memiliki bunyi yang sedikit berat dan teredam seperti “bluk-bluk”. Apabila suaranya terdengar seperti berongga, tandanya buah duriannya sudah tidak segar lagi.

4. Perhatikan Berat dan Kerapatan Durian

Cara memilih durian yang bagus selanjutnya ialah dengan memperhatikan berat dan kerapatan durian. Sebaiknya kamu memilih durian yang berat karena memiliki banyak daging buah, sedangkan durian yang ringan biasanya daging buahnya tipis.

Jangan lupa untuk tidak memilih durian yang kulitnya sudah terbuka, sebab buah durian yang sudah terbuka menandakan bahwa rasa daging buahnya hambar.

Baca Juga  Kenali 5 Jenis Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasi Dengan Mudah
5. Lihat Kulit Tangkai dan Musim

Alasan kamu harus memilih buah durian yang bagus ialah agar kamu tidak merasa dirugikan setelah membeli durian tersebut, pasalnya harga durian keraplah mahal. Oleh karena itu, kamu bisa memilih durian yang bertangkai tebal karena menandakan daging buahnya tebal.

Apabila lebih kamu amati lagi, buah durian memiliki juring atau kamar yang berisi biji dan daging buah. Apabila kamu ingin melihat juring durian, lihatlah permukaan kulitnya yang seolah-olah berbentuk garis dari atas sampai bawah durian.

Buah durian yang keadaannya baik, idealnya mempunyai jumlah juring sebanyak lima. Durian yang manis dan dagingnya tebal biasanya memiliki jumlah lima juring. Kemudian perhatikan musim saat durian tersebut matang, saat musim hujan biasanya buah durian mempunyai rasa yang tidak terlalu manis. Lebih direkomendasikan lagi, apabila kamu membeli durian di musim panas atau kemarau karena rasanya akan lebih manis.

6. Amati Goncangan dan Kulit Durian

Cara memilih buah durian yang bagus selanjutnya ialah dengan mengamati goncangannya. Gunakan tenaga pada lengan kamu untuk mengangkatnya. Kemudian coba goncangkan dengan pelan-pelan, lakukan lagi dengan sedikit lebih keras. Jika sudah merasakan getaran kecil, artinya isi buah durian sudah kering dan matang.

Isi dari durian yang kering biasanya terpisah dari dinding kulit dalam. Durian yang isinya lembab atau terlalu lunak akan melekat. Selain menggoncangkannya, untuk memilih durian yang bagus kamu juga bisa memperhatikan tampilan kulit durian.

Pastikan apabila kulit luar dari durian tidak cacat, apabila kulit durian ada cacat pada kulitnya, seperti busuk atau terdapat lubang ulat, sebaiknya hindari buah durian tersebut. Sebab, kondisi kulit buah yang seperti itu kemungkinan isinya sudah busuk dan tidak bisa dinimati.

Baca Juga  Yakin Hanya untuk Kesehatan? Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan juga Banyak loh!

Itu tadi beberapa cara memilih durian yang bagus untuk kamu agar tidak mudah tertipu. Buat kamu yang menyukai buah durian harus bisa mengetahui hal-hal seperti ini agar tidak mudah tertipu dan tidak merasa dirugikan.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait