by

Cara Membuat Masker Wajah Alami dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Perawatan wajah penting dilakukan untuk menghindari minyak berlebihan pada wajah, jerawat, hingga iritasi.

Seringkali perawatan wajah dilakukan menggunakan produk-produk kecantikan dengan harga yang mahal, namun tidak tahu apakah produk tersebut cocok untuk mengatasi permasalahan kulit.

Nah, untuk menghindari hal itu, kamu dapat membuat masker wajah alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara yang sederhana.

Seperti apa? Berikut cara membuat masker wajah alami dan manfaatnya untuk perawatan kulit kamu.

1. Masker Kopi
Masker Kopi (Foto: magazine.job-like.com)

Kopi merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah. Terdapat banyak manfaat kopi bagi wajah, yaitu sebagai antioksidan alami, menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan jerawat, mengobati kulit wajah yang terbakar, dan mengurangi mata panda.

Cara membuat masker kopi sendiri cukup mudah. Hanya memerlukan dua bahan, yaitu kopi dan madu.

Pertama, campurkan satu sendok kopi bubuk dan tiga sendok madu, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu dapat kamu oleskan ke wajah dan tunggu sekitar 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

2. Masker Putih Telur
Putih Telur (Foto: kompasiana.com/nahi)

Selain kaya protein, telur juga bermanfaat untuk wajah, terutama bagian putihnya. Putih telur ini bermanfaat untuk mengangkat komedo putih, mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, Mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah, serta menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Masker wajah menggunakan putih telur sangatlah mudah dan sederhana. Cukup langsung mengoleskan putih telur secara merata ke wajah atau mengocoknya terlebih dahulu hingga berbusa.

Tunggu 15 – 20 menitan lalu bilas dengan air hangat. Mudah bukan? Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, kamu dapat menambahkan komponen lain seperti lemon dan madu.

3. Masker Susu
Masker Susu (Foto: idntimes.com)

Jika susu cenderung diminum, mulai saat ini susu dapat kamu gunakan untuk wajah. Mengapa? Karena susu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan wajah.

Baca Juga  Ini Dia 6 Tips Menabung agar Tidak Bosan

Susu dapat melembapkan kulit, menjadi pembersih atau exfoliator, dan mengecilkan pori-pori. Ditambah susu dapat mencerahkan kulit lho! Maka dari itu, banyak produk kecantikan menggunakan bahan susu.

Cara membuat masker susu adalah dengan mencampur dua sendok makan susu bubuk, dengan satu sendok makan madu, kemudian dilarutkan dengan dua sendok makan air hangat. Masker tersebut dapat dioleskan ke seluruh wajah dengan aman.

4. Masker Teh Hijau
Masker Teh Hijau (Foto: hellosehat.com)

Berikutnya adalah bahan alami yang sering kamu seduh yaitu teh hijau. Selain dapat dikonsumsi dengan cara diminum, teh hijau memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah.

Teh hijau dapat melawan penuaan dini, melembapkan kulit, mengatasi area mata sembap, meredakan kulit kemerahan, dan mengatasi jerawat serta kuit berminyak.

Untuk kulit kering, teh hijau perlu penambahan beberapa komponen lain untuk dijadikan masker, antara lain satu sendok teh bubuk soda kue, dan satu sendok teh madu.

Campurkan satu sendok teh hijau dengan soda kue dan madu, lalu diaduk hingga menjadi pasta. Campuran ini kemudian ditambahkan beberapa tetes air dan kembali diaduk.

Masker ini dapat diaplikasikan ke wajah sekitar 10 – 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air hangat.

Untuk kulit kombinasi, teh hijau dapat dicampur dengan dua sendok makan daun mint yang dihaluskan dan satu sendok makan madu.

Sedangkan untuk kulit berminyak, teh hijau dapat dikombinasi dengan lemon dan tepung beras masing-masing satu sendok makan.

5. Masker Yoghurt
Masker Yoghurt (Foto: theshonet.com)

Bahan alami ini mengandung kalsium, vitamin B, zinc, dan asam laktat.

Yoghurt sangat bermanfaat untuk perawatan wajah antara lain dapat mencerahkan kulit, mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, mengangkat sel kulit mati dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga  Tips Membuat Make Up Tahan Lama: Buat Kamu Cantik Sepanjang Hari

Yoghurt dapat dicampur dengan madu, alpukat, dan oatmeal untuk digunakan oleh wajah dengan kulit kering. Sedangkan untuk wajah berjerawat, yoghurt dapat dicampur dengan ekstrak lemon, madu dan bubuk kunyit.

Nah, itulah cara membuat masker wajah alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Sangat mudah bukan? Ayo dicoba dan buktikan hasilnya.

Comment

Artikel Terkait