by

Cara Membuat Artikel Review Produk yang Baik dan Benar!

Belakangan ini dunia ekonomi semakin melunjak naik seiring dengan berkembangnya teknologi dan gaya hidup. Pasalnya ketika kondisi kehidupan tengah beralih ke digital, pasti akan semakin memperluas area penyebaran pasar. Hal inilah yang kemudian mendorong manusia untuk selalu berbenah dengan memanfaatkan teknologi di bidang ekonomi.

Salah satu hal yang saat sedang tren ialah jual beli secara online, yang mana akan mempermudah area jangkau pasar dan pembeli. Nah hubungannya dengan belanja online, kamu pasti pernah bukan merasa ragu mengenai sebuah produk?

Solusinya hanyalah dengan melihat beberapa review orang terkait produk tersebut. Dalam mereview produk sendiri terdapat beberapa hal yang harus diketahui penulis. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Fungsi Review Produk

Belanja online sudah menjadi tradisi yang amat sering dilakukan oleh kaum millenial terutama saat mager belanja di luar. Memang faktanya begitu, dengan metode online seperti itu, maka kemudahan akses pembelian dan juga perluasan jangkauan pasar akan semakin efektif bagi 2 pihak yang bertransaksi.

Dalam belanja online sendiri, banyak produk yang dipasarkan terkadang tak sesuai jenis. Hal ini tentu saja akan merugikanmu saat berbelanja online secara sembarangan.

Namun tak semuanya hal tersebut akan terus terulang, kamu kini bisa memanfaatkan fitur balasan pelanggan atau juga bisa melihat beberapa review terkait produk di media massa. Kedua hal tersebut ialah solusi terbaik, jika kamu merasa khawatir akan sebuah barang yang tidak sesuai perkiraan. Lalu apa sebenarnya fungsi diadakannya review produk?

Ketika seseorang membeli sebuah barang maka ia pasti memiliki 2 tanggapan berbeda, yang pertama senang karena barang yang dibeli berkualitas dan yang kedua kecewa karena barangnya tidak sesuai harapan.

Baca Juga  5 Tips Memilih Pasangan Hidup yang Harus Kamu Ketahui

Tanggapan ini hanya akan ada satu jika kamu melihat review produk sebelum membelinya. Jadi dengan kata lain review produk ini berfungsi sebagai kilasan info, mengenai apa saja sih yang menjadi keunggulan produk atau apa fungsi lebih rinci produk itu.

Cara Membuat Artikel Review Produk

Kamu pernah membeli sesuatu yang tidak sesuai harapanmu? Semisal rusak atau bagian yang seharusnya begini malah menjadi begitu? Mungkin hal itu semua sangat membuatmu merasa kecewa bahkan marah.

Nah, jika sudah begini bagaimana kamu akan menyampaikan ulasan terkait produk dengan kaidah yang benar? Pastinya memakai media artikel atau tulisan, bisa juga website. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Beri Foto Pada Artikel

sudut tinggi melihat close up wanita asia menggunakan layanan pengiriman makanan memesan makanan online dengan aplikasi seluler di smartphone di ruang tamu di rumah yang nyaman - foto produk potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Mata adalah kunci dari keperluan semua orang di dunia ini termasuk saat melihat review produk sekalipun. Mengapa? Karena tanpa melihat kenyataan mereka tidak akan percaya bahwa sebenarnya produk itu cacat atau sebagainya.

Maka dari itu, penting adanya pemberian foto terkait produk saat menulis sebuah artikel. Foto ini berperan sebagai lambang brand sekaligus referensi pembeli saat ingin bertransaksi.

Selain itu, pemberian foto secara lebih detail akan memunculkan anggapan di mata pembeli, yang akan membuat mereka yakin dan ingin beli produk kamu. Jadi jangan sampai lupakan foto ya saat mereview sebuah artikel produk.

2. Deskripsi Produk

seri bisnis - ulasan, templat web - tulisan produk ilustrasi stok

Pernahkah kamu membeli barang tanpa melihat deskripsi produk? Bagaimana hasilnya? Pasti akan sangat jauh berbeda dengan yang pernah membaca review. Hal ini karena dalam review, terdapat sebuah metode yang digunakan untuk memberitahu pembeli dengan sedetail-detailnya akan sebuah produk. Salah satu metodenya ialah deskripsi produk.

Dalam deskripsi produk sendiri terdapat banyak sekali info yang harus kamu buat, misalnya dari segi pengenalan awal akan produk. Lalu paragraf ketiga atau keempat, kamu bisa menambahi kesan kamu menggunakan produk tersebut dari mulai awal pembelian sampai beberapa hari. Di paragraf terakhir kamu bisa mencantumkan sisi kelebihan dan kekurangan produk.

Baca Juga  Ini Nih 8 Cara Terbaik untuk Tak Menunda Pekerjaan, Skuy Dicoba!
3. Spesifikasi Pembeli

tabungan kpr untuk membeli rumah atau rumah tabungan vektor ilustrasi konsep perencanaan uang tabungan untuk membeli rumah investasi rumah pinjaman uang investasi ke real estat disetujui profil kpr - spesifikasi pembeli ilustrasi stok

Setelah kamu menuliskan deskripsi produk, langkah selanjutnya ialah menuliskan kategori siapa saja pembeli yang dirasa patut menggunakan produk tersebut. Misalkan seorang anak-anak tidak pantas membeli minuman beralkohol maupun aksesoris dewasa. Pembatasan ini penting diperlukan untuk mengetahui kecocokan atau tidaknya pembeli dan barang.

4. Bukti Penggunaan

pelanggan - review produk potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk membuat pembeli dan pembaca review kamu merasa tertarik, kamu dapat menuliskan beberapa kata terkait pengalamanmu saat menggunakannya. Semisal produk tersebut tidak mudah digunakan karena harus membutuhkan usaha untuk menggunakannya. Atau bisa juga kamu menuliskan penggunaan produk tersebut dengan kemudahan penggunaan.

Biasanya seorang reviewer lebih menonjolkan ke arah bukti percakapan orang yang menggunakan produk selain dirinya. Hal ini untuk lebih meyakinkan pembaca, bahwa pengalaman yang ia tulis tersebut tak berasal dari dirinya melainkan dari orang lain. Jika penggunaan bukti ini tepat maka bukan tidak mungkin lagi produk tersebut akan laku.

5. Kalimat Persuasif dan Larangan

lakukan dan jangan atau ikon baik dan buruk dengan simbol positif dan negatif - do dont ilustrasi stok

Hal terakhir sekaligus paling menonjol di teks review ialah mengajak pembaca untuk mencoba apa yang telah ia coba. Selain itu, terdapat penulisan larangan apabila produk tersebut ternyata berbahaya dan tidak bisa digunakan sembarangan. Jadi konteks kalimat disini menyesuaikan dengan isi pembahasan. Jika bernilai positif maka kamu bisa menambahi dengan kalimat persuasif dan sebaliknya.

Sebagai contoh kamu bisa menuliskan, mari coba produk berikut ini dijamin akan membuat tubuh kamu merasa sehat, atau jangan mencoba produk berikut, karena setelah saya review dengan teliti ternyata mengandung zat berbahaya yang merusak kesehatan kulit. Selebihnya kamu bisa menambahi asalkan tetap sesuai konteks pembahasan.

Nah, itu tadi cara-cara menulis artikel review yang baik dan benar. Sebagai media yang berperan penting dalam arus ekonomi, review menjadi hal yang harus benar-benar sesuai keadaan. Jika kebingungan bagaimana membuatnya kamu bisa ikuti cara-cara di atas!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya