by

Cara Biar Nggak Ngantuk di Pagi Hari tanpa Obat Kimia

Pagi hari adalah waktu untuk beraktivitas bukan justru masa untuk bermalas-malasan dengan tidur. Namun terkadang, rasa kantuk datang tanpa bisa dicegah yang bisa membuat segala target di hari itu menjadi kacau balau. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara biar nggak ngantuk di pagi hari yang tentunya aman dan bebas obat kimia.

Artikel kali ini, akan menjelaskan tentang tips tidak mengantuk di pagi hari. Paling tidak, rasa kantuk tersebut datang jika memang sudah waktunya yaitu siang hari, yang mana banyak masyarakat menggunakannya untuk tidur siang. Jadi, silakan ulasannya kamu simak dengan saksama, dan ini dia ulasan yang dimaksud:

1. Jangan Tidur Terlalu Larut

Cara standar agar pagi tidak mengantuk tentunya jangan tidur terlalu larut. Misal, jika kamu tidur jam 2 pagi, wajar kalau pas bangun jam 6, mata masih terasa mengantuk dan tubuh lemas. Hal ini disebabkan oleh durasi waktu istirahat yang tidak ideal karena terlalu singkat.

Tidur terlalu larut, ternyata tidak hanya berefek pada rasa kantuk di pagi hari, tetapi juga membuat tubuh lunglai. Bahkan, kamu akan merasa malas untuk beraktivitas di pagi itu, terkadang makan pun menjadi tidak berselera. Akhirnya, tubuh juga mengalami efeknya bahkan akan memicu penyakit kronis kalau begadangnya setiap malam.

Saat ini masyarakat begitu suka kerja sampai larut malam. Padahal, aktivitas semacam ini tidak dianjurkan karena akan mengurangi produktivitas di pagi harinya. Maka dari itu, daripada semua pekerjaan terbengkalai lebih baik tutup laptop ketika waktu tidur sudah datang.

2. Melakukan Stretching atau Pemanasan

Kalau kantuk mulai menyerang, sedangkan waktu masih pagi, mungkin suhu tubuh sedang dingin. Solusinya ialah, hangatkan tubuh dengan cara melakukan stretching atau pemanasan ringan barang beberapa menit.

Baca Juga  6 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Kamu Pilih Mana?

Lebih bagus lagi kalau kegiatan tersebut dilanjutkan sampai keringat mulai keluar dari dalam tubuh. Itu artinya, proses pembakaran di dalamnya berjalan sukses yang akan membuat rasa kantuk hilang tak berbekas. Bonus yang bakal kamu terima akibat aktivitas ini adalah tubuh senantiasa sehat dan psikologi penuh semangat.

Aktivitas ini bisa dilakukan sendiri di rumah sekalipun tanpa instruktur. Silakan kamu mencari tempat yang lapang dan tersentuh dengan sinar matahari pagi, lalu gerakkan badan dari kepala sampai kaki secara berurutan dan bergantian. Aktivitas ini sudah cukup untuk menghilangkan rasa kantuk yang tiba-tiba menyerang.

3. Melakukan Aktivitas yang Merangsang Pergerakan Otot

Cara biar nggak ngantuk di pagi hari yang juga layak dicoba, adalah melakukan aktivitas yang sekiranya bisa merangsang pergerakan otot. Maksudnya, jika kantuk menyerang, segera beringsut dari kursi atau tempat tidur untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berbeda.

Aktivitas merangsang pergerakan otot tidak semata olahraga. Kamu pergi ke kebun belakang untuk menyiram bunga juga termasuk aktivitas yang merangsang pergerakan. Termasuk keluar dari ruangan, sekadar menyapa rekan kerja di ruangan lain juga termasuk ke dalam aktivitas ini.

Sekarang, banyak karyawan kantor merasa malas untuk beringsut dari kursinya hanya semata demi etos kerja. Padahal, bekerja dalam kondisi mengantuk pun tidak bagus bahkan bisa membuat pekerjaan menjadi salah dan amburadul. Maka dari itu, keluarlah sejenak untuk rileks untuk mengembalikan mata yang mulai terpejam.

4. Meminum Minuman Dingin

Jika kamu sedang bekerja di pagi hari dan tiba-tiba rasa kantuk datang, coba minum segelas air dingin. Suhu dingin yang menyelimuti tenggorokan ternyata juga mampu membuat mata terbelalak, sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan nyaman.

Baca Juga  Self Healing Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Minuman jus buah dingin juga bisa dijadikan solusi jika ingin yang rasanya lebih sensasional. Namun pastikan, kadar gulanya tidak terlalu tinggi karena rasa manis yang berlebihan, justru bisa membuat rasa kantuk semakin parah. Belum lagi minuman semacam ini memang kurang bagus bagi kesehatan karena bisa memicu diabetes.

Air dingin juga bisa memicu rileksasi di dalam otak. Sehingga, efek yang dilahirkan bukan hanya rasa kantuk hilang, tetapi kemampuan untuk menganalisis pekerjaan juga semakin oke. Pimpinan juga bakal mengapresiasi hal tersebut karena pekerjaan berhasil diselesaikan dengan baik.

5. Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia termasuk bisa mencegah kantuk di pagi hari. Caranya, silakan minum segelas air putih di pagi hari beberapa saat setelah bangun tidur. Biarkan, suhu sejuk di tenggorokan membuat tubuh rileks dan semangat hidup semakin meningkat.

Minum kopi di pagi hari adalah anggapan yang salah kecuali kopi susu. Nah, daripada kamu memilih minuman berkafein semacam ini, lebih baik meminum air putih saja, selain aman untuk lambung, air yang masuk ke dalam badan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan detok yang berbahaya.

Cara kelima ini tergolong cara termudah dan tentunya murah. Bahkan, kamu tidak perlu membayar untuk melakukannya. Jika ingin teknik yang lebih manjur, silakan angin-anginkan air putih semalam suntuk, lalu minum di pagi harinya. Ternyata trik ini juga cukup manjur untuk mengatasi kantuk di pagi hari.

6. Usahakan Bangun Dini Hari

Bangun tidur yang baik adalah bangun dini hari dimana jarak waktu dengan waktu beraktivitas masih cukup lama. Jeda ini bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas atau sekadar duduk di teras depan, bersama segelas susu hangat dan selarik singkong atau ubi rebus.

Baca Juga  Cara Membuat Dalgona Kopi, Ini 3 Langkah Mudah Membuat Minuman Viral Saat Stay At Home

Kalau cara ini dilakukan, dijamin semangat untuk bekerja akan terus bangkit dan otomatis rasa kantuk juga bisa dilawan. Agenda ini memang sulit dilakukan kecuali oleh orang-orang yang serius saja, serta ada kemantapan di dalam hati untuk melakukannya.

Itulah beberapa cara biar nggak ngantuk di pagi hari yang paling aman dan pastinya tanpa bantuan obat-obatan yang berbahaya. Teknik-teknik di atas juga menyehatkan asalkan dilakukan dengan rutin dan berkesinambungan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait