by

Bingung Mencari Cara Agar Kuemu Terlihat Cantik? Simak Inspirasi Bahan Menghias Kue Ini!

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika ulang tahun ialah adanya kue. Kue yang merupakan makanan identik saat ulang tahun ini semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Dulunya hiasan untuk kue ulang tahun ini hanya ala kadarnya, tetapi sekarang apabila kamu pergi ke toko-toko kue dan roti, pada bagian etalase kamu akan menemukan banyak kue yang berhias macam-macam.

Nah, kira-kira kalau kamu juga ingin membuat kue sendiri di rumah sekaligus menghiasnya agar tampak apik ala-ala kue dari koki, apa saja ya bahan menghias kue tersebut? Simak ulasan di bawah ini!

1. Buttercream, menjadi bahan hiasan kue paling umum ditemukan
buttercream
istockphoto

Salah satu bahan untuk hiasan kue yang paling sering dan umum ditemukan ialah buttercream. Buttercream sendiri ialah krim yang dibuat dari beberapa bahan seperti margarin, susu, dan juga gula yang dikocok menjadi satu sampai menjadi lembut.

Biasanya penggunaan buttercream sebagai hiasan kue ini, ialah untuk melapisi sisi bagian luar kue sampai menutupi semua bagian kue, sebelum kue dihias menggunakan bahan lainnya.

Tak hanya sekadar menjadi hiasan biasa, tujuan penggunaan buttercream pada kue ini ialah sebagai perlekatan atau lem hiasan kue yang lain, dengan tujuan agar hiasan kue tersebut bisa menempel sempurna pada kue.

Nah, untuk membuat buttercream menjadi lebih cantik lagi, buttercream ini bisa dicampur dengan pewarna makanan. Tak hanya sebagai olesan sisi terluar kue, buttercream juga dapat dibentuk-bentuk seperti bentuk bunga contohnya dengan menggunakan spuit agar lebih cantik.

2. Untuk membuat kue lebih terlihat rapi, kamu bisa memakai plastic icing atau fondant
Unrecognisable woman in bakery decorating wedding cake with white fondant Unrecognisable woman in bakery decorating wedding cake with white fondant Royal icing stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Eits, walaupun namanya seperti nama plastik, tetapi bukan berarti hiasan kue yang satu ini berbahan dasar plastik ya, Sobat! Platic icing atau yang biasa dikenal dengan fondant merupakan bahan untuk hiasan kue yang memiliki karakteristik teksturnya yang begitu lembut yang sangat elastis, jadi mudah untuk dibentuk-bentuk sesuai keinginan.

Baca Juga  3 Cara Membuat Facebook Ads Agar Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Biasanya bahan hiasan kue yang satu ini digunakan untuk membuat ornament untuk kue, seperti untuk membentuk pita, bunga, atau karakter dan bentuk lainnya.

Tak hanya untuk membentuk karakter yang diinginkan, salah satu fungsi lainnya dari bahan hiasan kue ini ialah hampir sama dengan fungsi dari buttercream, yaitu untuk melapisi sisi terluar kue.

Bahan yang digunakan untuk membuat hiasan kue yang satu ini ialah kamu bisa mencampurkan gula, air, glukosa, gliserin, serta gelatin menjadi satu. Hasilnya, rasa dari fondant ini akan terasa begitu manis karena bahannya dominan dengan gula.

3. Percantik kuemu dengan gum paste yang bisa kamu bentuk sesuka hati
an asian chinese female piping frosting on cupcake an asian chinese female piping frosting on cupcake fondant stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Hampir memiliki tekstur yang sama dengan fondant, gum paste juga pada awalnya teksturnya lembut dan elastis, tetapi apabila didiamkan bahan hiasan kue yang satu ini lama kelamaan juga akan mengeras.

Gum paste ini biasanya digunakan untuk membentuk karakter-karakter yang lucu seperti kupu-kupu, dedaunan, bunga, dan lain-lain. Gum paste sendiri memang fungsinya hanya untuk mempercanyik kue saja. Untuk membuat bahan hiasan kue yang satu ini kamu bisa mencampurkan air, glukosa, gelatin bubuk, dan juga gula halus yang diayak.

4. Manis dan gurihnya royal icing cocok untuk pelengkap kuemu yang cantik
Royal icing
istockphoto

Royal icing merupakan bahan untuk menghias kue yang terbuat dari gula putih murni, yang mengering dengan halus serta mempunyai tekstur yang keras. Untuk membuat royal icing ini harus begitu cekatan, sebab apabila royal icing didiamkan terlalu lama, maka bahan ini lama-kelamaan akan mengeras.

Cara untuk membuat royal icing sendiri ada dua, yaitu dengan menggunakan meringue powder atau dengan putih telur. Untuk fungsinya sendiri, bahan hiasan kue ini kerap digunakan untuk menghias roti-roti kering untuk membuat mata, kancing, atau garis-garis pada kue.

Baca Juga  Agar Tak Stres, Ikuti 8 Tips Melewati Hari-Hari Selama Isolasi Mandiri di Rumah
5. Tak hanya menambah manis kuemu, coklat juga bisa mempercantiknya sekaligus
Cocholate cake  cocholate in cake stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Iyap, coklat menjadi salah satu hiasan kue yang paling disukai oleh orang-orang. Coklat tidak harus digunakan untuk menghias kue coklat, tetapi segala macam kue dengan segala rasa juga cocok untuk dihias menggunakan coklat.

Coklat yang digunakan untuk hiasan kue beragam jenisnya, ada coklat batang yang dilelehkan yang biasa digunakan untuk melumuri sisi kue dan ada juga chocolate modelling, dan terbuat dari coklat, tepung maizena, dan juga cairan glukosa.

6. Marzipan, si kuning yang mirip dengan fondan
Princess cake Classic swedish cake with marzipan shot in  studio Marzipan stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Adalagi bahan menghias kue yang mirip fondan, yaitu marzipan namanya. Marzipan sendiri juga merupakan bahan yang digunakan untuk melapisi kue.

Perbedaan yang sangat mencolok antara marzipan dan fondan ini, ialah bahan yang digunakan untuk membuat keduanya dan juga hasil akhir warnanya.

Untuk marzipan hasil akhirnya lebih berwarna kekuningan karena terbuat dari gula halus, air perasan jeruk lemon, telur, kacang almond yang dihaluskan terlebih dahulu, dan gliserin. Marzipan sendiri sepintas memang mirip dengan pie.

7. Hiasan kue dengan edible image yang membuat gambarmu terasa lebih nyata
Kue Cantik dengan Edible Image |
Republika

Sepertinya bahan yang satu ini menjadi bahan yang paling canggih dan lebih modern di antara bahan hiasan kue yang lain. Sebab, edible image dibuat dari adonan gula yang kemudian dicetak menggunakan printer khusus. Hasil akhirnya ialah akan tampak gambar yang dihasilkan terkesan lebih nyata.

Itu tadi bahan menghias kue yang bisa kamu coba di rumah. Menghias kue memang gampang-gampang susah, oleh karena itu, kamu harus bisa telaten dalam menekuni hal tersebut untuk membuat kue yang tampak cantik dan keren.

Comment

Artikel Terkait