by

Berikut Tips Memilih Kost yang Nyaman Dijadikan Hunian Sementara

Kost merupakan hunian sementara yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama oleh kalangan pebisnis dan mahasiswa. Sekalipun demikian, penyewa harus tetap memperhatikan kost yang bagus, yang sekiranya bisa melahirkan rasa aman dan kenyamanan ketika berada di dalamnya. Untuk itu, penyewa membutuhkan tips memilih kost yang tepat, dan tentunya menyenangkan.

Terdapat beberapa tips menemukan kost yang tepat yang bisa membuat penyewa betah menyewanya untuk waktu tertentu. Untuk mengetahui tips yang dimaksud, silakan baca ulasan ini yang dijelaskan secara jelas dan gamblang. Ini dia tips dan kiat yang dimaksud:

1. Pilih Kost yang Berdekatan dengan Lokasi Tujuan

Kalau penyewa membutuhkan kost untuk keperluan tertentu misal pekerjaan, maka disarankan untuk mencari kost yang berdekatan dengan alamat perusahaan yang akan dituju. Ini untuk meminimalisir biaya transportasi serta untuk menjaga diri supaya tidak kelelahan, karena bolak balik ke tempat yang saling berjauhan. Akhirnya tugas pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan nyaman dan santai.

Ini juga berlaku untuk mahasiswa yang ngekost karena kuliah, yang tentunya harus mencari kost yang lokasinya berdekatan dengan kampus. Alasannya juga sama yaitu demi mengurangi anggaran serta untuk menjaga diri agar tidak kelelahan. Sehingga, aktivitas belajar lebih nyaman dan prestasi pendidikan bisa diraih dengan mudah.

2. Cari Kost yang Murah tetapi Kualitas Tidak Murahan

Orang yang mencari kost sejatinya juga untuk menghemat biaya hidup di kota orang, yang kadang lebih mahal daripada biaya hidup di kampung sendiri. Oleh karena itu, carilah kost yang murah meriah tetapi kualitasnya tidak murahan. Termasuk kost yang rapi, bersih serta memiliki fasilitas yang lengkap.

Kost semacam ini tetap ada sekalipun tidak banyak dibandingkan kost yang menawarkan harga sewa bulanan selangit. Yang terpenting penyewa pintar melobi si pemilik saja untuk mendapatkan harga sewa yang tepat dan murah. Jangan lupa, lakukan lobi dengan komunikasi yang ramah dan santun, supaya si pemilik kost bersedia menyewakan huniannya dengan harga yang sangat rendah.

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Istri Sholeha yang Akan Membawa Perempuan Ke Surga
3. Pilih Kost dengan Sistem Pembayaran Menyatu

Tips memilih kost yang berikutnya adalah memilih kost dengan sistem pembayaran menyatu. Maksudnya, penyewa cukup membayar satu kali saja setiap bulan dan itu sudah mencakup semua pembiayaan di kost tersebut. Bukan biaya yang dipeta-petakan menjadi biaya sewa, biaya listrik, biaya parkir dan selainnya yang akan merepotkan si penyewa itu sendiri.

Kalau memilih sistem pembayaran uang kost semacam ini, si penyewa akan senang dan tidak akan kerepotan karena sekali bayar, urusan sudah selesai. Penyewa tinggal mempersiapkan biaya sewa untuk bulan berikutnya dengan tetap menggunakan sistem pembayaran yang sama. Sistem semacam ini yang sudah banyak dilakukan oleh pemilik kost demi mempermudah pihak penyewa.

4. Lihat Kamar Mandi Sebelum Menyewa Kost

Kalau ingin mengetahui kualitas dari rumah kost, maka jangan melihat fasilitas lain melainkan lihat kamar mandinya saja. Jika kamar mandi kost tersebut bersih apalagi berfitur lengkap, berarti kost tersebut memang bermutu dan layak untuk disewa bulanan apalagi tahunan. Sebaliknya, kalau kamar mandi jorok dan berdaki, berarti pemilik kost tersebut kurang mementingkan masalah kebersihan dan kenyamanan penyewa.

Kalau penyewa menemukan kost semacam ini, lebih baik tinggalkan saja sekalipun harganya murah. Toh penyewa juga tidak akan betah tinggal di dalamnya, apalagi kalau kamar kostnya juga sempit dan kotor. Dijamin, jangankan tinggal, tidur saja penyewa sudah tidak betah dan akan segera pindah mencari kost yang baru.

5. Pilih Kost dengan Fasilitas Per-kamar

Sekalipun hanya sekadar kamar kost, calon penyewa harus tetap selektif ketika memilih kost yang bagus. Termasuk memilih kost yang fasilitasnya per-kamar bukan satu fasilitas digunakan bersama-sama dengan pengekost yang lain. Biasanya, fasilitas yang dimaksud adalah fasilitas memasak yang kadang diletakkan di luar ruangan agar bisa diakses oleh semua penyewa.

Baca Juga  Ragam Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kamar kost semacam ini bisa dibilang kurang ideal bahkan bisa mengganggu privasi penyewa. Apalagi kalau pas memasak, kadang penyewa perempuan menggunakan pakaian yang ala kadarnya. Jadi, sekalipun harganya sedikit lebih mahal, tetaplah memilih kost yang fasilitasnya per-kamar. Kalau perlu fasilitas kamar yang ada televisi dan kamar mandi dalam.

6. Hindari Memilih Kost yang Ilegal

Kost merupakan hunian yang dibisniskan atau dijadikan sebagai lahan pekerjaan. Untuk itu, usaha semacam ini harus tetap didaftarkan kepada pihak terkait atau minimal atas sepengetahuan kepala desa dan RT. Biasanya, pemilik kost yang memang menjunjung tinggi legalitas, pasti akan mengurus administrasi semacam ini sekalipun ada imbal biaya perizinan yang harus dibayarkan.

Sebaliknya kalau ada hunian kost yang tanpa izin, lebih baik penyewa meninggalkannya atau akan terkena permasalahan di kemudian hari. Tentu penyewa akan merasa dirugikan kalau kost tiba-tiba ditutup paksa oleh aparat karena masalah perizinan, padahal si penyewa tidak merasa melakukan pelanggaran hukum. Jadi, tips ini perlu diperhatikan dengan baik dan jangan asal tertipu dengan iming-iming harga kost yang murah meriah saja.

Kalau membaca ulasan di atas, sejatinya menemukan rumah kost yang berkualitas memang sangat penting dan termasuk kebutuhan yang mendesak. Apalagi kalau Anda ingin menempati rumah tersebut untuk keperluan yang penting dan untuk waktu yang agak lama. Maka dari itu, daripada terjebak kost yang kurang bermutu, lebih baik terapkan tips memilih kost yang sebagiannya sudah dijelaskan di atas ketika mencari sebuah hunian kost.

Comment

Artikel Terkait